Universitas Satya Negara Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Satya Negara Indonesia
USNI
MotoBaktiku, Untukmu, Negaraku
Didirikan1989
KetuaDR. Raja D. Lungguk Sitorus
RektorDra. Merry L. Panjaitan, MM., MBA.
Lokasi, ,
Situs webusni.ac.id

Universitas Satya Negara Indonesia adalah sebuah perguruan tinggi di Jakarta, Indonesia.yang terdiri dari 5 fakultas (FPIK,FISIP,FE,FH). Rektor USNI yang pertama, periode 1989-1993 adalah Prof. Dr. Sondang P. Siagian, dan dilanjutkan oleh Dj. L. Aroean, S.H. (Sekretaris Dewan Penyantun USNI ) sebagai pejabat sementara Rektor yang berlangsung dalam beberapa bulan pada tahun 1993 sampai dengan tanggal 11 Pebruari 1994. Pada tanggal 11 Pebruari 1994, Ketua BP Yadika/Badan Penyelenggara USNI, DR. Raja D. Lungguk Sitorus melantik Rektor USNI yang baru yaitu Prof. Dr. W.P. Napitupulu. Selanjutnya pada tanggal 21 Nopember 2000, Ketua BP Yadika/Badan Penyelenggara USNI melantik Pjs. Rektor USNI yaitu Antonius Pasaribu, MBA menggantikan rektor sebelumnya.

Selanjutnya terhitung 1 April 2007, dikukuhkan Dr. Andreas Yumarmasebagai Rektor periode 2007-2011. Pada tanggal 1 April 2009 dilantik Prof. Dr. Lijan P. Sinambela untuk meneruskan jabatan Rektor Periode 2009-2011, dan pada tanggal 1 April 2011 yang bersangkutan dikukuhkan kembali menjadi Rektor periode 2011-2015.

Selain peningkatan kualitas sumberdaya manusia, juga dilaksanakan pengembangan sarana dan prasarana yaitu dengan menambah dan melengkapi peralatan laboratorium, penambahan buku-buku wajib dan referensi di Perpustakaan dan sarana-sarana lainnya yang menunjang kegiatan perkuliahan. Dari hasil usaha peningkatan dan pengembangan di atas, Badan Penyelenggara Universitas Satya Negara Indonesia mengajukan permohonan kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan Status Terdaftar menjadi Status Diakui, kemudian Disamakan. Pada saat ini semua Program Studi yang ada di USNI sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia, termasuk Universitas Satya Negara Indonesia sudah memperoleh Akreditasi Institusi, dengan hasil baik.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

  • Fakultas Ekonomi (FE)
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
  • Fakultas Teknik (FT)
  • Fakultas Hukum (FH)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]