Universitas Arezzo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Arezzo
Kuliah pertama Universitas Arezzo diadakan di Gereja San Pier Piccolo yang dikelola oleh Biara Santa Flora dan Lucilla.
bahasa Latin: Studium Aretino
JenisSwasta (studium generale)
Aktif1215–1520
Para PendiriRoffredo Epifanio
Lokasi,

Universitas Arezzo (Studium Aretino) adalah universitas abad pertengahan yang didirikan sebelum tahun 1215 di kota Arezzo dan dibubarkan pada tahun 1520.

Universitas ini merupakan salah satu yang tertua di Semenanjung Italia, dan universitas pertama yang didirikan di Toskana.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berita pertama yang tercatat tentang sebuah studium dari Arezzo berasal dari tahun 1215,[1] ketika Roffredo Epifanio, seorang yuris terkenal dari Universitas Bologna tiba di kota itu untuk mengajar di sana. Magister Roffredo, yang mungkin tinggal di kota selama beberapa tahun, mengemukakan masalah kurangnya penginapan dan prasarana yang mampu menampung semakin banyak siswa; Misalnya, Arezzo menjadi sekolah yang sangat menarik bagi banyak anak bangsawan Ghibelline, tidak hanya dari Toskana. Pada tahun 1241, untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Kota Arezzo memindahkan studium ke area San Pier Piccolo yang dimiliki oleh Biara Santa Flora dan Lucilla.

Pada tanggal 16 Februari 1255, studium memperoleh undang-undangnya yang diumumkan oleh seorang collegium yang terdiri dari delapan guru besar, yang disahkan oleh walikota Arezzo. Pada tahun 1356 diakui oleh Kaisar Karl IV sebagai studium generale, namun dibubarkan tahun 1520.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Piergiovanni, Vito. Giuffrè Editore, ed. Medioevo notarile: Martino da Fano e il Formularium super contractibus et libellis (dalam bahasa Italia). Atti del convegno internazionale di studi (Imperia, Taggia, 30/9-1/10/2005). hlm. 144 n.37. ISBN 978-88-14-13465-4. 
  2. ^ Francesco Stella (a cura di), 750 anni degli statuti universitari aretini, atti del convegno internazionale su origini, maestri, discipline e ruolo culturale dello Studium di Arezzo: Arezzo, 16-18 febbraio 2005, SISMEL-Edizioni del Galluzzo, Firenze 2006, p. XV e seguenti.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]