Undang-Undang Kewarganegaraan Palestina 1925

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Palestinian Citizenship Order 1925
Statutory Instrument
Territorial extentMandat Britania atas Palestina
Dates
Made24 Juli 2024
Commencement1 Agustus 1925
Other legislation
Made underForeign Jurisdiction Act 1890
Repealed byNationality Law, 5712-1952
Status: Repealed

Undang-Undang Kewarganegaraan Palestina 1925[1][2][3] adalah sebuah undang-undang Mandat Palestina yang menciptakan kewarganegaraan Palestina bagi penduduk wilayah Mandat Palestina. Diundangkan pada tanggal 24 Juli 1925 dan mulai berlaku pada tanggal 1 Agustus 1925.[4] Perintah tersebut tetap berlaku hingga 14 Mei 1948, ketika Inggris menarik diri dari Mandat, dan kewarganegaraan Palestina pun berakhir.[5] Israel memberlakukan Undang-Undang Kewarganegaraan pada tahun 1952, sementara penduduk Tepi Barat berada di bawah hukum kewarganegaraan Yordania.

Istilah-istilah penting[sunting | sunting sumber]

Undang-undang tersebut memberlakukan Pasal 7 Mandat untuk Palestina, yang menyatakan:

Perjanjian ini juga berdampak pada Perjanjian Lausanne, yang mulai berlaku pada tanggal 6 Agustus 1924, dan menyatakan bahwa warga negara Utsmaniyah yang merupakan "penduduk asli" di wilayah yang kemudian menjadi Palestina "secara ipso facto" menjadi warga negara di wilayah tersebut.[6]

Perintah tersebut memberikan kewarganegaraan Palestina kepada "warga negara Turki yang biasanya tinggal di wilayah Palestina pada tanggal 1 Agustus 1925".[4] Transjordan was specifically excluded.[4] Dalam beberapa situasi, kewarganegaraan juga diberikan kepada beberapa orang yang biasanya tinggal di luar negeri, serta anak-anak atau istri dari seorang pria Palestina.[4] Perintah tersebut tidak memuat tes berdasarkan ras atau agama, kecuali bahwa orang-orang dari ras non-mayoritas dapat memilih keluar dari kewarganegaraan Palestina jika mereka diterima oleh negara lain di mana ras mereka adalah mayoritas.[4]

Kewarganegaraan Utsmaniyah muncul dari Undang-Undang Kewarganegaraan Utsmaniyah 1869, yang menciptakan kewarganegaraan Utsmaniyah yang umum tanpa memandang afiliasi agama atau etnis.

Di bawah perintah tersebut, kewarganegaraan Palestina dapat diperoleh dengan:[3]

  • perubahan alamiah dari kewarganegaraan Utsmaniyah ke kewarganegaraan Palestina (Bagian I dari Peraturan)
  • Kelahiran dari seorang ayah yang merupakan warga negara Palestina, atau kelahiran di Palestina tanpa memperoleh kewarganegaraan negara lain (Bagian II dari Peraturan)
  • naturalisasi setelah masa tinggal di Palestina (Bagian III dari Peraturan)

Warga negara Palestina memiliki hak tinggal di Palestina, tetapi bukan merupakan subjek Britania, dan dianggap sebagai orang yang dilindungi Britania.

Kutipan[sunting | sunting sumber]

Perintah Kewarganegaraan Palestina 1925

OLEH KARENA ITU, KEAGUNGAN RAJA YANG PALING BAIK SEKARANG, YANG MULIA -

Berdasarkan dan dalam menjalankan kekuasaan atas namanya berdasarkan Undang-Undang Yurisdiksi Luar Negeri tahun 1890, atau dengan cara lain, yang diberikan kepada Yang Mulia, berkenan dengan dan dengan saran dari Dewan Penasihatnya untuk memerintahkan, dan diperintahkan sebagai berikut:-

BAGIAN 1.

1. (1) Warga negara Turki yang biasanya tinggal di wilayah Palestina pada tanggal 1 Agustus 1924 akan menjadi warga negara Palestina.

(2) Setiap orang yang berusia di atas delapan belas tahun yang berdasarkan Pasal ini menjadi warga negara Palestina dapat [...]

(3) Setiap orang yang berusia di atas delapan belas tahun yang berdasarkan ayat (1) Pasal ini menjadi warga negara Palestina dan berbeda ras dengan mayoritas penduduk Palestina, dengan cara yang sama dan tunduk pada syarat-syarat yang sama, dapat memilih kewarganegaraan salah satu Negara yang mayoritas penduduknya berasal dari ras yang sama dengan yang bersangkutan, dengan persetujuan dari Negara tersebut, dan sejak saat itu ia tidak lagi menjadi warga negara Palestina.

Pasal 21: Definisi

Untuk tujuan Perintah ini:

1. Ungkapan "Palestina" mencakup wilayah-wilayah yang menjadi mandat Palestina, kecuali bagian-bagian wilayah yang terdiri dari Palestina di sebelah timur Yordania dan Laut Mati seperti yang didefinisikan oleh Perintah Komisaris Tinggi tertanggal 1 September 1922.

2. Ungkapan "warga negara Palestina" berarti seseorang yang karena kelahiran atau karena naturalisasi menjadi warga negara Palestina.

JADWAL SUMPAH KESETIAAN

Saya, A.B., bersumpah demi Tuhan Yang Maha Esa bahwa saya akan Setia dan Loyal kepada Pemerintah Palestina.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Palestine; Doukhan, Moses J.; Courts, Palestine. (1934). Laws of Palestine, 1918-1925: Including Orders in Council, Ordinances, Regulations, Rules of Court, Public Notices, Proclamations, Etc., Arranged in Alphabetical and Chronological Order with an Index. L.M.Rotenberg. 
  2. ^ Statutory Rules and Orders, 1925, No. 777
  3. ^ a b Qafisheh, Mutaz M. (2008). The International Law Foundations of Palestinian Nationality. Leiden: Martinus Nijhoff Publishers. hlm. 75. ISBN 978-90-04-16984-5. 
  4. ^ a b c d e Lembaran Resmi Pemerintah Palestina, No. 147, 16 September 1925, hlm. 460-466.
  5. ^ Shachar (2000), hlm. 406
  6. ^ Hurewitz 1956, p. 119

Pranala luar[sunting | sunting sumber]