Umukia australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Umukia Australia
Burung betina
Burung jantan
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Subordo:
Superfamili:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Spesies:
Tadorna tadornoides

Jardine & Selby, 1828
Peta persebaran

Umukia Australia (Tadorna tadornoides), juga dikenal sebagai Umukia dada-coklat atau bebek gunung adalah salah satu jenis Umukia (sekelompok burung besar mirip angsa dalam keluarga burung Anatidae). Nama genus Tadorna berasal dari akar Celtic dan berarti "unggas air belang". [2] Mereka mempunyai dada berwarna coklat yang mencolok dan tubuh hitam. Mereka dilindungi berdasarkan National Parks and Wildlife Act 1974.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Jantan sebagian besar berwarna gelap, dengan dada berwarna kastanye. Mereka memiliki kerah leher putih dan kepala berwarna hijau tua. Betina serupa, tetapi mereka memiliki warna putih di sekitar mata dan lebih kecil. Baik jantan maupun betina memiliki sayap berwarna kastanye dan hitam dengan spekulum berwarna hijau, dan menunjukkan sedikit warna putih pada sayapnya selama penerbangan. [3] [4]

Anaknya berbulu halus berwarna putih dengan mahkota berwarna coklat dan garis-garis coklat dari mahkota hingga ekor. Jantan remaja lebih kusam dibandingkan dewasa dan juga tidak memiliki kerah putih, sedangkan betina remaja memiliki lebih banyak warna putih di kecuali mahkotanya.

Suaranya seperti klakson yang dalam mirip dengan angsa, sedangkan suara betina dalah nada tinggi dan tajam "zeek, zeek".

Kisaran ukuran umukia australia adalah 56–72 sentimeter (22–28 in) .[5]

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Umukia Australia terutama berkembang biak di Australia bagian selatan dan Tasmania dan masih cukup umum. [6] Di musim dingin, banyak burung bergerak lebih jauh ke utara daripada tempat berkembang biaknya. Seperti halnya shelducks lainnya, spesies ini memiliki tempat ganti kulit favorit, seperti Danau George, New South Wales, di mana konsentrasinya cukup besar. Habitat utama umukia Australia adalah danau di daerah yang cukup terbuka.

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Umukia Australia dapat dilihat dalam kelompok hingga 1000 ekor atau lebih. Mereka sangat waspada terhadap manusia dan sering memanggil manusia, namun mereka bisa terbiasa dengan manusia di daerah perkotaan. Mereka berdiri tegak di darat saat merumput, dan di air tempat mereka duduk tinggi. Burung muda sering menyelam, tetapi burung dewasa hanya menyelam saat berganti bulu saat tidak bisa terbang, atau saat terluka atau ketakutan. [7]

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Umukia Australia sering membuat sarangnya di lubang pohon yang dilapisi bulu, lubang di tepian sungai, atau lokasi serupa. [7] Delapan hingga lima belas telur diletakkan, dan diinkubasi selama antara tiga puluh hingga tiga puluh tiga hari. Setelah meninggalkan lubang sarang, anak-anak burung yang berbulu halus dan tidak dapat terbang sering kali berkumpul di kandang yang berisi 20-40 burung, dan bahkan jarang hingga 100 burung. [7]

Makanan dan Makan[sunting | sunting sumber]

Umukia Australia makan dengan cara merumput, menciprat-ciprat, dan menyaring air. Mereka memakan umbi-umbian dan bahan tanaman lainnya, seperti semak asin dan samphire, serta berbagai serangga, krustasea, dan moluska. [7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Tadorna tadornoides". 2016: e.T22680011A92838835. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22680011A92838835.en. 
  2. ^ Kear, Janet (2005). Ducks, Geese, and Swans. Oxford University Press. hlm. 420. ISBN 0-19-861008-4. 
  3. ^ Kightley, Chris (2010). Wildfowl. A&C Black. hlm. 165. ISBN 978-1408138953. 
  4. ^ "Birdlife Australia". 
  5. ^ "Australian Shelduck". The Australian Museum (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-04-26. 
  6. ^ Ogilvie, Malcolm Alexander; Young, Steve (2002). Wildfowl of the World. New Holland Publishers. hlm. 60. ISBN 1-84330-328-0. 
  7. ^ a b c d "New Zealand birds online". "New Zealand birds online".