USS William D. Porter (DD-579)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
USS William D. Porter (DD-579) di Teluk Massacre Attu, Kepulauan Aleut pada 9 Juni 1944.
Sejarah
Nama USS William D. Porter (DD-579)
Asal nama William D. Porter
Pembangun Consolidated Steel Corporation, Orange, Texas
Pasang lunas 7 Mei 1942
Diluncurkan 27 September 1942
Mulai berlayar 6 Juli 1943
Dicoret 11 Juli 1945
Nasib Tenggelam pada 10 Juni 1945
Catatan Tenggelam karena terkena kamikaze[1]

USS William D. Porter ("Willie Dee") adalah sebuah kapal perusak milik Amerika Serikat. Kapal ini terkenal sebagai kapal paling sial dalam sejarah Perang Dunia II. Bentuknya lebih kecil jika dibandingkan dengan kapal perusak modern. Kapal ini memiliki senjata utama 10 torpedo cepat dan akurat dengan hulu ledak 500 pon. Kapal ini juga dilengkapi dengan senjata artileri anti-udara.

USS William D. Porter mulai ditugaskan pada tanggal 6 Juli 1943 dibawah komando Letnan Komandan Wilfred A. Walter. Pada bulan November 1943, kapal ini mendapatkan misi rahasia bersama USS Iowa di Samudera Atlantik, dalam misi tersebut awak kapal USS William D. Porter tidak diberikan informasi apa-apa. Dengan cepat, para awak kapal mulai mempelajari tentang apa maksud dan tujuan misi mereka, tetapi mereka sebenarnya tidak siap untuk misi itu.

Misi tersebut adalah mengawal kapal tempur USS Iowa yang membawa Franklin D. Rossevelt dan perwira militer tinggi Amerika, tujuan mereka adalah Afrika Utara. Misi ini merupakan awal kesialan kapal USS William D. Porter. Disaat kapal ini akan berangkat dari Norfolk untuk menemui USS Iowa, jangkar kapal ini tidak sengaja merusak pagar kapal didekatnya dan merusak semua sekocinya. Keesokan harinya, kapal ini tidak sengaja melepaskan peledak kedalamannya dan membuat panik konvoi kapal, ledakan peledak kedalam tersebut dianggap sebagai serangan u-boot milik Jerman dan membuat kapal-kapal lain melakukan manuver menghindar. Pada hari yang sama setelah membuat konvoi panik, kapal ini terkena ombak besar yang berbahaya, sehingga melepas semuanya yang tidak diikat, kehilangan satu awak, dan masalah teknik.

Pada tanggal 14 November 1943, konvoi kapal ada di timur Bermuda, disana Presiden Franklin D. Rossevelt meminta USS Iowa mengetes senjata anti-udaranya dan menembaki balon-balon udara yang dilepas sebagai target. Karena USS William D. Porter tidak mau kalah, mereka menembaki sisa-sisa balon udara yang tidak terkena tembakan awak kapal USS Iowa. Di bawah kapal, para awak berlatih menembakkan torpedo dengan target USS Iowa, Dalam latihan ini, seharusnya semua peledak sudah dilucuti, dan komandan akan memerintahkan perintah palsu untuk menembak, tetapi sayangnya ada satu torpedo yang lupa dilucuti peledaknya, torpedo itu menuju USS Iowa dimana di kapal itu ada Franklin D. Rossevelt.

Awak kapal USS William D. Porter mencoba menghubungi kapal USS Iowa dengan sinyal lampu karena pada saat itu radio tidak boleh dipakai untuk alasan keamanan. Sinyal lampu tersebut ternyata menyatakan arah yang salah dimana torpedo meluncur ada di arah yang berbeda. USS William D. Porter akhirnya memutuskan untuk melanggar aturan dan memutuskan menghubungi USS Iowa dengan radio, setelah mengetahui ada torpedo menuju USS Iowa, Franklin D. Rossevelt meminta agar dirinya yang duduk di kursi roda dipindahkan ke susur tangga agar dapat melihat torpedo dengan jelas. Torpedo tidak kena USS Iowa dan ledakannya menciptakan ombak yang menambah kecepatan USS Iowa. Karena takut ada rencana pembunuhan, USS Iowa mengarahkan meriamnya ke USS William D. Porter. Saat Letnan Komandan Wilfred A. Walter dari USS William D. Porter ditekan melalui radio, ia dengan suara pelan mengatakan "We did it" (mungkin iseng). Setelah itu, semua awak USS William D. Porter ditangkap dan menghadap pengadilan di Bermuda. Dalam sejarah Angkatan Laut Amerika, ini kali pertama seluruh awak kapal Amerika ditangkap.

Salah satu pengurus torpedo, Lawton Dawson mengakui kecerobohannya, dan Lawton dikirim untuk kerja paksa selama 14 tahun dan semua awak kapal dipecat. Namun Franklin D. Rossevelt mengatakan bahwa tidak ada hukuman untuk semua awak kapal karena insiden itu hanyalah sebuah ketidak sengajaan.

Setelah diselamatkan oleh Franklin D. Rossevelt, USS William D. Porter dikirm ke kepulauan Aleut. Disana, dengan meriam artilerinya, tidak sengaja menembak markas militer Amerika.

Di Okinawa, dalam pertempuran melawan Jepang, USS D. Porter berhasil menembak jatuh banyak pesawat Jepang, tetapi tidak lupa mereka juga menembak jatuh 3 pesawat Amerika (friendly fire), di Okinawa USS William D. Porter juga tidak sengaja merusak kapal USS Luce. USS D. Porter tenggelam karena kamikaze. Pesawat kamikaze tersebut sebenarnya akan menabrak kapal dekat USS D. Porter, tetapi disaat-saat terakhir kamikaze tersebut melenceng dan jatuh didekat kapal USS D. Porter, pesawatnya tenggelam, namun bomnya meledak dan merobek lambung kapal dan USS William D. Porter tenggelam. Beruntungnya, semua awak kapal selamat dan tidak mengalami luka fatal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Artikel ini mengandung teks dari Dictionary of American Naval Fighting Ships yang berstatus domain umum. Entrinya bisa ditemukan di sini.

  1. ^ Brown, David (1990). Warship Losses of World War Two. London: Arms and Armour. hlm. 153. ISBN 0-85368-802-8. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 27°09′N 127°25′E / 27.15°N 127.41°E / 27.15; 127.41