USB On-The-Go

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Logo USB On-The-Go
Contoh konfigurasi USB OTG yang melibatkan sejumlah perangkat

USB On-The-Go (disingkat USB OTG atau OTG saja) adalah spesifikasi yang pertama kali digunakan pada akhir 2001 yang memungkinkan perangkat USB, seperti tablet atau ponsel cerdas, untuk bertindak sebagai host ("tuan rumah"), memungkinkan perangkat USB lain, seperti diska lepas USB, kamera digital, tetikus atau papan ketik, untuk dipasang padanya. Penggunaan USB OTG memungkinkan perangkat tersebut beralih antara peran host dan perangkat. Ponsel dapat membaca dari media yang dapat dilepas sebagai perangkat host, tetapi menampilkan dirinya sebagai Perangkat Penyimpanan Massal USB (USB Mass Storage Device) saat dihubungkan ke komputer host.

USB OTG memperkenalkan konsep perangkat yang menjalankan peran master dan slave - setiap kali dua perangkat USB terhubung dan salah satunya adalah perangkat USB OTG, mereka membuat tautan komunikasi. Perangkat yang mengendalikan tautan disebut master atau host, sedangkan perangkat lainnya disebut slave atau peripheral.

USB OTG mendefinisikan dua peran untuk perangkat: perangkat A OTG dan perangkat B OTG, menentukan sisi mana yang memasok daya ke tautan, dan yang awalnya adalah host. Perangkat A OTG adalah pemasok daya, dan perangkat B OTG adalah pengguna daya. Dalam konfigurasi tautan bawaan, perangkat A bertindak sebagai host USB dengan perangkat B bertindak sebagai periferal USB. Mode host dan periferal dapat ditukar nanti dengan menggunakan Host Negotiation Protocol (HNP).

Peran awal setiap perangkat ditentukan oleh colokan mini mana yang dimasukkan pengguna ke dalam wadahnya.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Koeman, Kosta (22 November 2001). "Understanding USB On-The-Go". edn.com. EDN. Diakses tanggal 20 June 2017.