Tusam hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tusam hitam
Pinus nigra

Pinus nigra subsp. nigra, Bulgaria
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN42386
Taksonomi
DivisiPinophyta
KelasPinopsida
OrdoPinales
FamiliPinaceae
GenusPinus
UpagenusPinus subg. Pinus
BagianPinus sect. Pinus
SpesiesPinus nigra
J.F.Arnold, 1785
Distribusi

1: Pinus nigra subsp. nigra (1a: var. nigra, 1b: var. pallasiana, 1c: var. caramanica).
2: Pinus nigra subsp. salzmannii (2a: var. salzmannii, 2b: var. corsicana, 2c: var. mauretanica)

Pinus nigra, tusam Austria [2] atau tusam hitam, adalah spesies tusam yang cukup bervariasi, tumbuh di seluruh Eropa Selatan dari Semenanjung Iberia [3] hingga Mediterania timur, di semenanjung Anatolia di Turki, Korsika, dan Siprus, juga seperti Krimea dan di pegunungan tinggi di Afrika Barat Laut.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Pinus nigra adalah pohon malar hijau runjung besar, tumbuh setinggi 20–55 meter (66–180 kaki) saat dewasa dan menyebar hingga 6 hingga 12 m (20 hingga 39 ft) lebar. Kulit kayunya berwarna abu-abu hingga kuning kecokelatan, dan terbelah secara luas dengan mengelupas celah-celah menjadi lempengan-lempengan bersisik, yang semakin lama semakin pecah-pecah seiring bertambahnya usia. Daun ('jarum') lebih tipis dan lebih fleksibel pada populasi barat.

Kerucut berovulasi dan serbuk sari muncul dari Mei hingga Juni. Kerucut biji dewasa berukuran 5–10 sentimeter (2–4 inci) (jarang sampai 11 cm) panjang, dengan sisik membulat; mereka matang dari hijau menjadi abu-abu pucat atau kuning pada bulan September hingga November, sekitar 18 bulan setelah penyerbukan. Bijinya berwarna abu-abu tua,6–8 milimeter (14516 in) panjang, dengan sayap berwarna kuning20–25 mm (34–1 in) panjang; mereka disebarkan oleh angin ketika kerucut terbuka dari bulan Desember hingga April. kedewasaan dicapai pada usia 15–40 tahun; tanaman berbiji besar diproduksi dengan interval 2–5 tahun.

Pinus nigra tumbuh cukup cepat, sekitar 30–70 cm (12–28 in) per tahun. Biasanya berbentuk kerucut bulat, yang menjadi tidak beraturan seiring bertambahnya usia. Pohon itu bisa berumur panjang, dengan beberapa pohon berumur lebih dari 500 tahun.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Pinus nigra adalah pohon hutan Mediterania, hutan, dan bioma semak belukar. Mayoritas jangkauannya berada di Turki. Ia dijumpai di ketinggian yang lebih tinggi di ekoregion hutan gunung campuran Apennine Selatan di selatan Itali dan ekoregion sclerophyllous dan hutan campuran Tyrrhenian-Adriatic di Sisilia. Terdapat sisa populasi di ekoregion tumbuhan runjung dan hutan campuran Mediterania, dan di Pegunungan Atlas yang lebih tinggi di Maroko dan Aljazair.

Ia dijumpai pada ketinggian mulai dari permukaan laut hingga 2.000 m (6.600 ft), paling umum dari 250–1.600 m (820–5.250 ft) . Beberapa varietas memiliki nama bahasa Inggris yang berbeda. [4] Ia membutuhkan sinar matahari penuh untuk tumbuh dengan baik, tidak toleran terhadap naungan, dan tahan terhadap kerusakan salju dan es.

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Bonsai tusam hitam

Di Eropa Mediterania dan Semenanjung Anatolia ( Asia Kecil ), pohon yang biasanya diasosiasikan dengan spesies ini antara lain tusam skotlandia ( Pinus sylvestris ), separ serbia ( Picea omorika ), tusam Bosnia ( Pinus holdreichii ), Separ norwegia ( Picea abies ), Aras lebanon ( Cedrus libani ), cemara perak Eropa ( Abies alba ) dan cemara perak terkait. Beberapa spesies arar ( Juniperus spp.), dan berbagai pohon berdaun lebar merupakan tanaman berasosiasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Farjon, A. (2013). "Pinus nigra". 2013: e.T42386A2976817. doi:10.2305/IUCN.UK.2013-1.RLTS.T42386A2976817.en. 
  2. ^ "Pinus nigra". Natural Resources Conservation Service PLANTS Database. USDA. 
  3. ^ "Jardim Botânico UTAD | Espécie Pinus nigra". Jb.utad.pt. 
  4. ^ Rushforth, K. (1987).