Tupai raksasa India

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tupai raksasa India
Ratufa indica.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
R. indica
Nama binomial
Ratufa indica
Erxleben, 1777

Tupai raksasa India atau tupai raksasa Malabar (bahasa Latin: Ratufa indica)[1] merupakan salah satu spesies endemik asal India yang dominan berhabitat di hutan tropis lembab di kawasan Semenanjung India. Spesies ini memiliki kebiasaan aktif terutama pada siang hari (diurnal) dan menghabiskan sebagian besar waktunya di pepohonan (arboreal), bahkan mereka meninggalkan pohon atau tempat tinggal mereka hanya ketika datang musim kawin.

Deskripsi fisik[sunting | sunting sumber]

Spesies ini memiliki warna bervariasi dari merah tua coklat pada bagian dorsal hingga warna putih pada bagian ventral, telinganya pendek dan bulat, dan pada cakar bagian dalamnya dapat melebar yang digunakan untuk mencengkram. Total panjang tubuh bervariasi mulai dari 254 hingga 457 mm dan panjang ekor kira-kira sama dengan panjang tubuhnya, serta memiliki berat sekitar 1,5 hingga 2 kg.[2]

Habitat dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Tupai raksasa India hidup secara menyendiri atau soliter dan sangat jarang meninggalkan pepohonan atau sarang mereka. Makanannya berupa buah-buahan, bunga, kacang-kacangan, kulit kayu, telur burung, dan serangga. Berbeda dengan tupai pada umumnya yang menyimpan kacang-kacangan dan biji-bijian di bawah tanah, tupai raksasa India biasanya membuat kantung makanan di atas puncak pohon untuk menyimpannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Himalayas)), Sanjay Molur (ZOO (Eastern (2016-01-27). "IUCN Red List of Threatened Species: Ratufa indica". IUCN Red List of Threatened Species. 
  2. ^ Justice, James. "Ratufa indica (Indian giant squirrel)". Animal Diversity Web (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-11-10.