Tungku tempa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah bloomery dalam operasi. Mekar pada akhirnya akan ditarik keluar dari lubang bawah.

Sebuah tungku tempa adalah jenis tungku yang dulunya pernah digunakan secara luas untuk proses peleburan besi dari unsur oksida. Tungku tempa merupakan perlatan paling primitif yang bisa meleburkan bijih besi. Sebuah tungku tempa akan memproduksi sebuah gumpalan besi berpori dan terak yang disebut tempaan. Campuran terak dan besi di tempaan disebut besi spons, yang biasanya dikumpulkan dan selanjutnya ditempa menjadi besi tempa. Tungku tempa selanjutnya telah digantikan oleh tungku sembur, menghasilkan pig iron.

Proses[sunting | sunting sumber]

Besi tempaan baru saja dikeluarkan dari tungku. Disekitarnya yang berwarna hitam adalah terak yang sudah terkikis oleh pukulan palu gada.

Sebuah tungku tempa terdiri dari pit atau cerobong asap dengan dinding tahan panas yang terbuat dari pasir, tanah liat, atau batu. Di dekat bagian bawah, ada satu atau lebih pipa-pipa (terbuat dari tanah liat atau logam) yang masuk melalui sisi dinding. Pipa-pipa ini, yang disebut tuyeres, memungkinkan udara untuk masuk ke tungku, baik oleh tiupan alam, atau dipaksa dengan bellow atau trompe. Sebuah lubang di bagian bawah tungku tempa dapat digunakan untuk mengambil tempaan, atau tungkunya sendiri dapat dibalik dan tempaan diambil dari atas.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]