Tunggang tangguh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tunggang tangguh adalah olahraga berkuda yang didasarkan pada perlombaan jarak jauh yang terkontrol. Ini adalah salah satu kompetisi internasional yang diakui oleh FEI . Ada tunggang tangguh di seluruh dunia. Tunggang tangguh bisa menempuh jarak berapa pun, meski jarang melebihi 160 km untuk kompetisi satu hari.

Ada dua jenis utama menunggang jarak jauh, yaitu tunggang jalur persaingan dan tunggang tangguh. Dalam tunggang tangguh yang dibahas dalam artikel ini, kuda pemenang adalah yang pertama melewati garis finis sambil berhenti secara berkala untuk melewati pemeriksaan dokter hewan yang menyatakan hewan tersebut dalam keadaan sehat dan layak untuk melanjutkan. Seperti halnya lari maraton manusia, banyak penunggang akan berpartisipasi untuk meningkatkan performa terbaik pribadi kudanya dan mempertimbangkan menyelesaikan jarak dengan rekor penyelesaian dokter hewan yang tepat sebagai "kemenangan".

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Meskipun kebutuhan untuk berkendara jarak jauh telah ada sejak domestikasi kuda, tunggang tangguh sebagai aktivitas terorganisir pertama kali dikembangkan di Amerika Serikat berdasarkan kavaleri Eropa (khususnya Perang Dunia I Polandia dan Rusia) dan tes program pemuliaan yang memerlukan kemampuan membawa 300 pon (140 kg) . lebih dari 100 mil (160 km) dalam satu hari. Tunggang tangguh yang terorganisir sebagai olahraga formal dimulai pada tahun 1913 di Vermont oleh Morgan Horse Club dengan tujuh penunggang kuda kecil, Arab atau Morgan. Mereka berkendara sejauh 154 mil dalam waktu sekitar 31 jam. [1] Tunggang tangguh paling terkenal dimulai pada tahun 1955, ketika Wendell Robie dan sekelompok penunggang kuda berkendara dari kawasan Danau Tahoe melintasi Sierra Nevada Range ke Auburn dalam waktu kurang dari 24 jam. Mereka mengikuti Jalur Western States yang bersejarah. Perjalanan ini segera dikenal sebagai Piala Tevis, dan tetap menjadi perjalanan 100 mil tersulit di dunia karena medan yang berat, ketinggian, dan kemiringan 100 derajat (~37 °C) suhu. [2] Tunggang tangguh pertama kali dibawa ke Eropa pada tahun 1960an.

Struktur penunggangan[sunting | sunting sumber]

Sebelum dikendarai, kuda diperiksa oleh dokter hewan untuk memastikan mereka sehat untuk tampil dalam perjalanan. Pengendara dapat diberikan peta atau titik arah GPS untuk lintasan, yang menunjukkan rute, tempat pemberhentian wajib (disebut "penahanan"), dan segala rintangan alam (seperti parit, bukit curam, dan penyeberangan air). Jalur tersebut sering kali ditandai dengan pita pengukur surveyor berwarna secara berkala dengan pita tambahan atau penanda panah kecil pada belokan di jalur tersebut.

Perjalanan ini dibagi menjadi beberapa bagian, dengan nama berbeda (bagian, fase, putaran, dll.), bergantung pada organisasi pemberi sanksi. Setelah setiap bagian, kuda dihentikan untuk pemeriksaan dokter hewan (biasanya disebut "pemeriksaan dokter hewan" dan lebih jarang disebut "gerbang dokter hewan"), di mana mereka diperiksa kesehatan dan dehidrasinya, dengan denyut nadi dan pernapasannya diukur. Untuk melanjutkan perjalanan, kuda harus lulus pemeriksaan, termasuk penurunan detak jantungnya di bawah yang ditentukan untuk acara tersebut, biasanya 64 bpm, meskipun medan dan cuaca mungkin mengharuskan dokter hewan untuk menetapkan target maksimum yang berbeda. Waktu para penunggangnya terus berjalan hingga kudanya mencapai target yang disyaratkan, sehingga penting agar kudanya pulih secepatnya. Kuda mana pun yang dianggap tidak layak untuk melanjutkan (misalnya karena ketimpangan atau kelelahan yang berlebihan) tersingkir dari kompetisi selanjutnya (ini disebut "ditarik").

Bagal "diikat ke tanah" ke ember sambil beristirahat di pos pemeriksaan dokter hewan dalam acara tunggang tangguh

Setelah pemeriksaan dokter hewan, kuda harus ditahan untuk waktu penahanan tambahan (biasanya antara 40 – 60 menit), pada saat itu kuda diberi makan dan minum. Jika pemeriksaan dokter hewan dilakukan di lapangan dan bukan di markas, manajemen pengendaraan biasanya mengirimkan perlengkapan pribadi, makanan, dan air ke lokasi pemeriksaan.

Meskipun pengendara dapat berkompetisi tanpa bantuan tambahan, kadang-kadang disebut sebagai kavaleri berkuda, banyak pengendara memiliki kru yang ditunjuk untuk membantu mereka selama pemeriksaan dokter hewan. Dalam kompetisi tingkat atas, hal ini sangat penting untuk mempersiapkan kuda secara efisien untuk dokter hewan serta merawat kuda dan penunggangnya selama waktu penahanan wajib. Kru yang baik memberikan pengendara waktu istirahat singkat dan waktu untuk memusatkan seluruh energi pada strategi dan tuntutan jalur itu sendiri.

Pengendara bebas memilih kecepatannya selama bertanding, menyesuaikan dengan medan dan kondisi tunggangannya. Oleh karena itu, mereka harus memiliki pengetahuan yang baik tentang kecepatan, mengetahui kapan harus memperlambat atau mempercepat selama perjalanan, serta pengetahuan yang baik tentang kondisi kudanya dan tanda-tanda kelelahan. Ada waktu maksimum yang diperbolehkan untuk menyelesaikan jarak tempuh (12 jam untuk jarak 50 mil dan 24 jam untuk perjalanan 100 mil). Penunggang dapat memilih untuk menunggangi atau turun dari kuda dan berjalan atau berlari dengan kudanya tanpa penalti. Namun di FEI harus dipasang ketika melewati garis start dan finish. Pengendara AERC tidak memiliki persyaratan untuk dipasang di titik mana pun sebelum, selama, atau setelah perjalanan.

Medan yang diperebutkan para pengendara sangat bervariasi dari satu balapan ke balapan lainnya. Hambatan alam (disebut "bahaya"), ditandai di jalan setapak. Di beberapa daerah, hutan belantara atau daerah yang belum berkembang sulit ditemukan; di tempat-tempat ini, tidak lebih dari 10% rutenya boleh melalui jalan permukaan keras.

Menentukan pemenang[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan aturan FEI dan AERC, kuda pertama yang melewati batas dan lulus pemeriksaan dokter hewan sebagai "layak untuk melanjutkan" adalah pemenangnya. Berdasarkan peraturan lomba lari trail kompetitif dan peraturan tunggang tangguh di beberapa negara (meskipun bukan kompetisi internasional atau di AS), serta untuk lomba tunggang tangguh jarak terbatas (25–49 mil atau 40–79 km dalam satu hari), pemenang ditentukan oleh kombinasi kecepatan dan tingkat pemulihan kuda atau berdasarkan standar yang disyaratkan.

Penghargaan tambahan biasanya diberikan kepada kuda dengan kondisi terbaik yang finis di 10 besar untuk jarak 50 mil (80 km) atau lebih. Penghargaan Kondisi Terbaik, atau "BC" umumnya lebih berharga daripada finis pertama, karena ditentukan oleh kombinasi kecepatan, beban yang dibawa, dan skor dokter hewan. Dengan demikian, seekor kuda yang menempati posisi keempat, tetapi membawa penunggang yang lebih berat daripada kuda yang menempati posisi pertama dan dengan skor dokter hewan yang sama, masih memiliki peluang bagus untuk memenangkan penghargaan BC.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Crockett, Davy (8 December 2018). "Endurance Riding – Part 1 (1814-1954)". Diakses tanggal 23 January 2022. 
  2. ^ Crockett, Davy (19 December 2018). "Endurance Riding – Part 2 (1955-1970)". Diakses tanggal 23 January 2022.