Tumbuhan asli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lupin berdaun lebar (Lupinus polyphyllus): tumbuhan asli dari Amerika Utara bagian barat tetapi bersifat menyebar ke beberapa wilayah di seluruh dunia.

Tumbuhan asli adalah tumbuhan pribumi di wilayah tertentu dalam skala waktu geologi, termasuk tumbuhan yang sedang berkembang, muncul secara alami, atau yang sudah ada selama bertahun-tahun di suatu daerah.

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Ekosistem terdiri dari interaksi antara tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme dengan fisiknya (seperti kondisi dan proses tanah) serta kondisi iklim. Tumbuhan asli membentuk komunitas tumbuhan dan interaksi biologis dengan flora, fauna, jamur tertentu, dan organisme lain. Misalnya, beberapa spesies tanaman hanya dapat bereproduksi dengan cara berinteraksi mutualistik yang berkelanjutan dengan hewan tertentu untuk proses penyerbukan, di lain pihak, hewan penyerbuk itu juga bergantung pada spesies tumbuhan tersebut sebagai sumber makanannya.[1] Beberapa tumbuhan asli telah berhasil beradaptasi dengan kondisi yang sangat terbatas, tidak biasa, atau keras, seperti iklim yang sangat dingin atau kebakaran hutan. Sedangkan tumbuhan lainnya dapat hidup di berbagai kondisi atau beradaptasi dengan baik di lingkungan yang bervariasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]