Tugu penanda jejak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tugu penanda puncak gunung di Graubünden, Swiss.

Suatu tugu penanda adalah tumpukan atau tegakan yang terbuat dari batu. Fungsinya bermacam-macam, tetapi biasanya terkait dengan alat bantu penanda jalan, perlindungan, alat upacara, alat bantu astronomi, serta penanda jejak. Tugu penanda dapat juga berfungsi ganda sebagai monumen kuburan atau atas tokoh tertentu. Namun demikian, fungsi terutama sejak masa lalu sampai sekarang adalah sebagai penanda suatu tempat (marka tapak) bagi pengembara.

Fungsi sebagai tanda jejak darat bagi pengembara dikenal di berbagai bagian dunia, seperti di daerah pegunungan, hutan, rawa-rawa, perairan, tebing pantai, gurun, padang es, serta di tundra.

Ukuran tugu berbeda-beda, mulai dari batu-batu kecil ditumpuk hingga menyerupai bukit buatan, atau bahkan ada yang disusun sedemikian rupa sehingga menyerupai patung atau struktur megalit. Pada beberapa tempat, tugu penanda dapat dicat atau diberi hiasan-hiasan untuk alasan pemikat pandangan atau keagamaan.

Contoh-contoh dari masa lalu yang dapat disebut adalah inuksuk (plural inuksuit), yang dipakai masyarakat Kutub Utara di Amerika Utara sebagai marka tapak karena wilayahnya yang didominasi tundra dan padang es, sehingga misikin objek penanda lokasi.