Tugu Kemenangan Hakenberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Tugu Kemenangan Hakenberg adalah sebuah tugu[1] atau bangunan monumen tinggi yang terletak di desa Hackenberg, Kota Fehrbellin, Jerman. Tepatnya terletak di Jalan Nauener Nomor 54, 16833 Fehrbellin, Jerman.[2] Tugu ini dibuat untuk mengenang kemenangan Frederick William seorang tokoh berpengaruh dari Brandenburg atas pasukan yang menduduki Swedia dalam Pertempuran Fehrbellin pada tahun 1675.

Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Tugu ini dibangun pada tahun 1875, tepatnya pada saat dilaksanakan peletakan batu pertama atau batu pondasi pada 18 Juni 1875. Tugu ini di resmikan pada 8 September 1878[3] dengan masa konstruksi pembangunan selama 1 tahun, yaitu dari tahun 1878 sampai tahun 1879. Pembangunan konstruksi bangunan tugu dikomandoi oleh Cuno Reimann. Pembagunan tugu ini dapat terlaksana dengan baik dengan bantuan dana sebesar 100.000 RM donasi dari Kaisar Wilhelm I.

Tugu ini memiliki ketinggian 34,73 m dengan 114 tahap pembangunan. Di bagian atas tugu ini, terdapat sebuah patung cantik berbentuk sesosok malaikat memegang mahkota. Patung ini, melambangkan kemenangan yang telah diraih dan dirancang oleh Daniel Rauch dengan ketinggian 4,15 m dan berat 15,5 kg.[4] Patung malaikat ini dibangun dengan bahan perunggu kualitas terbaik dari pondok perunggu terkenal Lauchhammerhütte dan setelah itu dilapisi dengan emas.

Sarana Objek Wisata[sunting | sunting sumber]

Sampai saat ini, tugu kemenangan Hakenberg menjadi salah satu objek wisata yang sangat menarik bagi para turis lokal maupun internasional yang berkunjung ke kota Fehrbellin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ KBBI: /tu·gu/ n tiang besar dan tinggi yang dibuat dari batu, bata, dan sebagainya; -- pahlawan tugu untuk memperingati pahlawan yang gugur dalam perang; -- peringatan bangunan yang didirikan sebagai tanda untuk mengingat peristiwa penting, peristiwa bersejarah, atau untuk menghormati orang atau kelompok yang berjasa
  2. ^ "fehrbellin.de". www.fehrbellin.de. Diakses tanggal 2017-11-05. 
  3. ^ "zonak | Ausflugsziele Freizeit Tips". www.zonak.de. Diakses tanggal 2017-11-05. 
  4. ^ "Seegasthof Strausberg - Hotel - Restaurant - Seeterrasse". www.seegasthof-strausberg.de. Diakses tanggal 2017-11-05.