Tugu Adipura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bundaran Tugu Adipura Bandar Lampung.

Tugu Adipura atau sering juga disebut Tugu Gajah adalah tugu yang terletak di jantung kota Bandar Lampung, Indonesia. Monumen ini berada antara perempatan Jalan Raden Intan, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Diponegoro dan Jalan A Yani, merupakan tempat yang sering digunakan oleh masyarakat untuk tempat berkumpul, khususnya pada malam hari. Tugu ini sering juga dijadikan oleh para pengunjuk rasa (demonstran) untuk menyampaikan aspirasinya. Selain itu, di areal sekitar tugu ini juga sering diadakan sebuah kegiatan rutin setiap hari Minggu pagi di sejumlah ruas jalan protokol di sekitar tugu Adipura yaitu Car Free Day yang berlangsung dari jam 06.00 – 09.00 WIB, dimana masyarakat kota Bandar Lampung bisa berolahraga seperti senam, jogging, bersepeda dan kegiatan fisik lainnya.

Tugu ini menjadi ciri khas kota Bandar Lampung, atau boleh dikatakan Tugu Adipura membuat kota Bandar Lampung lebih hidup dan menarik. Tugu berdiri di tengah-tengah kolam yang tidak dalam dan terdapat beberapa patung gajah yang juga merupakan andalan daya tarik wisata Lampung. Event-event tertentu seperti acara menyambut tahun baru, idul fitri dan event-event lain pun sering digelar di sekitar Tugu Adipura Bandar Lampung ini.

Perempatan Jalan Raden Intan, Jalan Diponegoro, Jalan Jendral Sudirman dan Jalan A Yani ini adalah areal kota terluas sehingga tidak heran jika tempat di mana Tugu Adipura ini sering dijadikan tempat untuk menggelar berbagai acara tahunan. Diharapkan pemerintah daerah akan melakukan perbaikan-perbaikan konstruksi agar pemandangan sekitar Tugu Adipura menjadi lebih menarik sehingga pengunjung dari luar kota atau bahkan dari manca negara akan datang untuk melihat- lihat keindahan kota Bandar Lampung, khususnya di sekitar Tugu Adipura ini.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]