Trulek sayap-taji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trulek sayap-taji
Vanellus spinosus Edit nilai pada Wikidata

A spur-winged lapwing in Gambia
Calls recorded at Lake Turkana, Kenya
Rekaman
dan Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22693983 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliCharadriidae
GenusVanellus
SpesiesVanellus spinosus Edit nilai pada Wikidata
Linnaeus, 1758
Tata nama
Sinonim taksonCharadrius spinosus Linnaeus, 1758
Hoplopterus spinosus (Linnaeus, 1758)

Trulek sayap-taji ( Vanellus spinosus ) adalah spesies trulek, salah satu kelompok burung perandai berukuran besar dalam famili Charadriidae .

Ini adalah salah satu dari beberapa spesies burung perandai yang dianggap sebagai burung "trochilus" yang dikatakan oleh Herodotus dimana terlibat dalam simbiosis pembersihan yang belum teruji kebenarannya dengan buaya Nil .

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Trulek sayap-taji berkembang biak di sekitar Mediterania bagian timur, dan di wilayah yang luas dari sub- Sahara Afrika barat hingga Arab . Peternak Yunani dan Turki bermigrasi, tetapi populasi lainnya menetap. Spesies ini mengalami penurunan populasi di wilayah utara, namun melimpah di sebagian besar wilayah tropis Afrika, dan dapat ditemukan di hampir semua habitat lahan basah di wilayah jelajahnya. Trulek-sayap Taji adalah salah satu spesies yang tunduk pada Perjanjian Konservasi Burung Air Migrasi Afrika-Eurasia .

Di Afrika bagian timur dan selatan, spesies ini mengalami peningkatan jangkauan, memasuki Zambia untuk pertama kalinya pada tahun 1999 dan menyebar ke selatan dan barat.[2]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ini adalah burung yang mencolok dan tidak salah lagi. Mereka adalah penyeberang berukuran sedang dengan mahkota hitam, dada, garis leher depan dan ekor. Wajah, sisa leher dan perut berwarna putih, sedangkan sayap dan punggung berwarna coklat muda. Paruh dan kakinya berwarna hitam. Penampilannya yang mencolok dilengkapi dengan sifatnya yang berisik, dengan seruan do-he-do-it yang keras. Nama umum burung ini mengacu pada cakar atau taji kecil yang tersembunyi di setiap sayapnya.

Ekologi dan perilaku[sunting | sunting sumber]

Spesies ini lebih menyukai rawa dan habitat lahan basah air tawar serupa. Makanan burung trulek sayap-taji adalah serangga dan invertebrata lainnya, yang dipetik dari tanah.

Ia bertelur empat butir telur berwarna kekuningan di atas goresan tanah. Burung ini diketahui kadang-kadang menggunakan cakar sayapnya untuk menyerang hewan dan, jarang, manusia, yang terlalu dekat dengan keturunan burung yang terbuka.

Simbiosis pembersihan[sunting | sunting sumber]

Burung ini diidentifikasi oleh Henry Scherren sebagai burung "trochilus" yang dikatakan oleh sejarawan Yunani Herodotus terlibat dalam apa yang sekarang disebut simbiosis pembersihan dengan buaya Nil . Namun, tidak ada bukti yang dapat diandalkan bahwa spesies ini atau spesies lainnya sebenarnya memiliki hubungan seperti itu, meskipun Cott mencatat bahwa burung trulek sayap-taji adalah burung yang paling sering mencari makan di sekitar buaya yang berjemur, dan ditoleransi oleh mereka.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Vanellus spinosus". 2016: e.T22693983A86582288. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22693983A86582288.en. 
  2. ^ "Zambia". African Bird Club. 2017. Diakses tanggal 16 April 2021. 
  3. ^ Cott, H. B. (1961).