Trulek ekor-putih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trulek ekor-putih
Vanellus leucurus

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22694064
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliCharadriidae
GenusVanellus
SpesiesVanellus leucurus
(Lichtenstein, 1823)
Tata nama
ProtonimCharadrius leucurus
Distribusi
EndemikTaman Nasional Keoladeo, Little Rann of Kutch, Nal Sarovar Bird Sanctuary dan Asan Conservation Reserve

Trulek ekor-putih atau cerek ekor-putih ( Vanellus leucurus ) adalah burung randai dalam genus trulek. Nama genus Vanellus adalah bahasa Latin Abad Pertengahan untuk trulek dan berasal dari vannus, kipas yang menampi . Leucurus spesifik berasal dari bahasa Yunani Kuno leukouros, "ekor putih". [2]

Trulek ini berukuran sedang, berkaki panjang dan paruhnya cukup panjang. Ini adalah satu-satunya sayap yang mungkin terlihat selain di perairan yang sangat dangkal, di mana ia mengambil serangga dan mangsa kecil lainnya terutama dari permukaan.

Burung dewasa adalah burung langsing dan tegak dengan punggung dan leher depan berwarna coklat, wajah pucat dan dada abu-abu. Kakinya yang panjang berwarna kuning, ekornya yang berwarna putih bersih, serta sayapnya yang khas berwarna coklat, putih, dan hitam membuat spesies ini tidak salah lagi. Burung muda memiliki punggung bersisik, dan mungkin menunjukkan sedikit warna coklat di bagian ekor.

Mereka mengeluarkan suara saat musim kawin " peewit" , mirip dengan trulek eurasia.

Ia berkembang biak secara semi-kolonial di rawa-rawa pedalaman di Irak, Kuwait, Iran dan Rusia selatan. Empat butir telur diletakkan di sarang tanah.Mereka berkembangbiak di Irak dan Iran sebagian besar mereka tinggal menetap, namun burung-burung yang ada di Rusia bermigrasi ke selatan pada musim dingin menuju anak benua India, Timur Tengah, dan Afrika timur laut. Ini adalah gelandangan yang sangat langka di Eropa Barat, contoh pertama di Inggris ditemukan di Packington, Warwickshire pada 12 Juli 1975.

Di beberapa bagian wilayah sebarannya, spesies ini menghadapi ancaman terkait dengan perusakan habitat dan perburuan yang tidak disengaja. [3]

Burung Trulek ekor putih adalah salah satu spesies yang tunduk pada Perjanjian Konservasi Burung Air Migrasi Afrika-Eurasia ( AEWA ).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2020). "Vanellus leucurus". 2020: e.T22694064A153819832. doi:10.2305/IUCN.UK.2020-3.RLTS.T22694064A153819832.en. 
  2. ^ Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 225, 397. ISBN 978-1-4081-2501-4. 
  3. ^ Armenian Bird Census. "The State of White-tailed Lapwing in Armenia". TSE NGO. Diakses tanggal 31 January 2018.