Trinil ekor-kelabu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trinil ekor-kelabu
Tringa brevipes

Non-breeding plumage
Rekaman
Status konservasi
Hampir terancam
IUCN22693289
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusTringa
SpesiesTringa brevipes
(Vieillot, 1816)
Tipe taksonomiTringa
Tata nama
ProtonimTotanus brevipes

Trinil ekor-kelabu ( Tringa brevipes, sebelumnya Heteroscelus brevipes [2] [3] ), juga dikenal sebagai Siberian tattler atau Polynesian tattler, [4] adalah burung pantai kecil dalam genus Tringa .

Trinil ini berkembang biak di timur laut Siberia . Setelah berkembang biak, mereka bermigrasi ke suatu daerah dari Asia Tenggara hingga Australia .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Trinil ekor-kelabu berkerabat dekat dengan rekannya di Amerika Utara, trinil pengembara ( T. incana ) dan sulit dibedakan dari spesies tersebut. Kedua trinil ini unik di antara spesies Tringa karena memiliki sayap dan punggung yang tidak berpola, berwarna keabu-abuan, dan pola dada bersisik yang kurang lebih memanjang hingga ke perut pada bulu yang sedang berkembang biak, di mana keduanya juga memiliki supersilium yang agak menonjol.

Burung-burung ini menyerupai trinil kaki-merah dalam bentuk dan ukuran. Bagian atas, bawah sayap, muka dan leher berwarna abu-abu, dan perut berwarna putih. Mereka memiliki kaki pendek kekuningan dan paruh dengan pangkal pucat dan ujung gelap. Ada supersilium yang kurang tegas.

Mereka sangat mirip dengan rekan mereka di Amerika, dan diferensiasinya bergantung pada detail seperti panjang alur hidung dan sisik pada tarsus. Perbedaan terbaik adalah dari suaranya, Trinil ini memiliki suara seperti peluit bersuku kata dua, dan getaran yang mengembara.

Seekor Trinil ekor-kelabu mencari makan di garis pantai di Redcliffe, Queensland Tenggara, Australia

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Habitat berkembang biaknya adalah dasar sungai berbatu di timur laut Siberia . Ia bersarang di tanah, namun burung ini akan hinggap di pepohonan. Mereka terkadang juga menggunakan sarang tua burung lain.

Trinil ekor-kelabu banyak bermigrasi dan musim dingin di pantai berlumpur dan berpasir dari Asia Tenggara hingga Australia . Mereka sangat jarang menjadi gelandangan di Amerika Utara bagian barat dan Eropa Barat. Burung ini tidak terlalu suka berteman dan jarang terlihat dalam kelompok besar kecuali saat bertengger.

Burung-burung ini mencari makan di tanah atau air, mengambil makanan melalui penglihatan. Mereka memakan serangga, krustasea, dan invertebrata lainnya.

Status konservasi[sunting | sunting sumber]

Australia[sunting | sunting sumber]

Trinil ekor-kelabu tidak terdaftar sebagai "terancam" dalam Undang-Undang Perlindungan Lingkungan dan Konservasi Keanekaragaman Hayati Australia tahun 1999 .

Trinil ekor-kelabu terdaftar sebagai "terancam" di Undang-Undang Jaminan Flora dan Fauna Victoria (1988) . Berdasarkan Undang-undang ini, Pernyataan Aksi untuk pemulihan dan pengelolaan spesies ini di masa depan belum disiapkan. Pada daftar penasehat fauna vertebrata yang terancam punah tahun 2007 di Victoria, trinil ekor abu-abu terdaftar sebagai hewan yang sangat terancam punah . [5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Tringa brevipes". 2016: e.T22693289A93394897. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22693289A93394897.en. 
  2. ^ Banks, Richard C.; Cicero, Carla; Dunn, Jon L.; Kratter, Andrew W.; Rasmussen, Pamela C.; Remsen, J. V. Jr.; Rising, James D. & Stotz, Douglas F. (2006): Forty-seventh Supplement to the American Ornithologists' Union Check-list of North American Birds.
  3. ^ Pereira, Sérgio Luiz & Baker, Alan J. (2005): Multiple Gene Evidence for Parallel Evolution and Retention of Ancestral Morphological States in the Shanks (Charadriiformes: Scolopacidae). Condor 107(3): 514–526. DOI: 10.1650/0010-5422(2005)107[0514:MGEFPE]2.0.CO;2
  4. ^
  5. ^ Victorian Department of Sustainability and Environment (2007). Advisory List of Threatened Vertebrate Fauna in Victoria – 2007. East Melbourne, Victoria: Department of Sustainability and Environment. hlm. 15. ISBN 978-1-74208-039-0.