Trefriw

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trefriw

Afon Crafnant
Population 789 (2011)
Ref. grid OS SH779632
Negara konstituen Wales
Negara berdaulat Britania Raya
Kota pos TREFRIW
Distrik kode pos LL27
Polisi
Pemadam kebakaran
Ambulans Welsh
Parlemen UE Wales
Parlemen Britania Aberconwy
Daftar tempat: Britania • Wales •

Trefriw (pengucapan bahasa Wales: [trɛˈvrɪu]) adalah sebuah desa dan komunitas di Conwy County Borough, Wales. Itu terletak di sungai Crafnant di Wales Utara, beberapa mil di selatan situs benteng Romawi Canovium, berlokasi di Caerhun. Pada tiga sensus terakhir jumlah penduduk tercatat sebanyak 842 pada tahun 1999, 915 pada tahun 2001, dan 783 pada tahun 2011 (dari total 368 rumah tangga).[1]

Trefriw terletak di tepi Snowdonia, di jalan B5106 di barat laut Llanrwst, dan sekitar 4½ mil di utara Betws-y-Coed melalui jalan darat. Itu terletak di lereng barat lembah Conwy yang glasiasi, di bawah punggung bukit Cefn Cyfarwydd, desa tersebut sebagian besar dibangun dalam bentuk setengah lingkaran di titik di mana sungai Crafnant mengalir dari lembah gantungnya untuk bergabung dengan sungai Conwy. Sungai Crafnant masih menyediakan tenaga untuk pabrik wol, dan di masa lalu menyediakan tenaga untuk sejumlah industri lain yang berbasis di sepanjang tepiannya, seperti bengkel yang menyediakan peralatan penggalian. Komunitas tersebut meliputi dusun Llanrhychwyn.

Sebagian besar desa terletak di dalam Taman Nasional Snowdonia, batas yang membentang di jalan utama desa.

Terlepas dari reputasinya sebagai titik awal yang baik untuk berjalan-jalan (desa ini memiliki status Walkers are Welcome dan menggelar festival jalan kaki tahunan),[2] Trefriw saat ini sebagian besar dikenal dengan pabrik wolnya, dan spa chalybeate terdekat, pertama kali dikenal dengan telah digunakan oleh orang Romawi dan dikembangkan lebih lanjut sekitar tahun 1700. Perairannya adalah salah satu dari sedikit di seluruh Eropa yang diklasifikasikan sebagai obat karena kandungan zat besinya yang tinggi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Romawi[sunting | sunting sumber]

Pemandangan Trefriw dari seberang lembah, dekat Llanrwst

Jalan Romawi (Sarn Helen) membentang ke selatan melalui Trefriw dari benteng di Caerhun (antara Trefriw dan Conwy) ke benteng di Tomen-y-mur (dekat Trawsfynydd), dan seterusnya, akhirnya mencapai Moridunum di Carmarthen. Kemungkinan besar sebenarnya ada dua jalan yang melewati daerah Trefriw, sebuah jalur lembah, dan jalur pegunungan yang lebih tinggi yang menghubungkan ke benteng-benteng yang lebih kecil di Caer Llugwy (dekat Capel Curig) dan Pen -y-Gwryd, dekat Snowdon. Garis sebenarnya dari jalan-jalan ini melalui Trefriw hanya dapat diperkirakan saat ini, tetapi keseluruhan rutenya dibahas secara mendalam di buku ini.Sarn Helen oleh J. Cantrell & A. Rylance (Cicerone Press, 1992).

Abad Pertengahan[sunting | sunting sumber]

Llywelyn Fawr (Llywelyn Agung), Pangeran Gwynedd, memilih Trefriw sebagai lokasi pondok berburu pada abad ke-12. (Gwynedd jauh lebih besar, dan mencakup wilayah ini pada saat itu.) Mengingat bahwa ia memiliki sejumlah benteng di barat laut Wales, tidak mungkin untuk mengetahui berapa banyak waktu yang ia habiskan di desa tersebut, meskipun dilaporkan bahwa ia lebih memilih penginapannya di Trefriw daripada istananya di Aber. Tidak ada sisa-sisa yang dapat dilihat saat ini tetapi sekarang diyakini bahwa itu berada di lokasi Kapel Ebenezer di bukit utama. Llywelyn menikahi Siwan atau Joan, putri bungsu Raja John dari Inggris pada tahun 1204 atau 1205, ketika ia baru berusia sekitar 13 tahun. Meskipun usianya relatif muda, lama kelamaan ia menjadi lelah. dari perjalanan mendaki bukit curam menuju gereja di Llanrhychwyn (dianggap oleh banyak orang sebagai yang tertua di Wales), dan sebagai hasilnya, pada sekitar tahun 1230 Llywelyn menganugerahkan sebuah gereja di lokasi di mana St Mary's, Trefriw sekarang berdiri .

Llanrhychwyn (yang mengambil namanya dari Rhochwyn, putra Helig ap Glannog) sekarang menjadi dusun kecil. Namun, pada masa Llywelyn, dan hingga awal abad ke-19, kota ini lebih besar dari Trefriw itu sendiri, yang terdiri dari "beberapa rumah di sana-sini".[3] Dalam Hanes Trefriw, Morris Jones menulis dalam bahasa Welsh bahwa Llywelyn "membangun sebuah gereja untuk keperluan istrinya, dan untuk kepentingan penduduknya, atas kebaikan mereka terhadapnya, dan bahwa dia menyumbangkan sejumlah lahan pertanian dari paroki Llanrhychwyn, menamakannya sebagai paroki Tref Rhiw Las. Nama ini didapat dari lereng tempatnya berdiri".

Di ujung bawah (utara) desa terletak "Ffrwd Gwenwyn y Meirch" - ("meracuni aliran kuda"). Dikatakan bahwa sungai tersebut diracuni oleh seorang pengkhianat, yang mengakibatkan kematian banyak kuda prajurit Llywelyn, pada saat dia sedang berperang dengan Inggris.

Buku Merah Hergest (1375–1425) mengacu pada "Kymwt Treffryw", Commote (Cwmwd dalam bahasa Welsh) dari Trefriw. Ini mungkin referensi tertulis paling awal tentang desa tersebut.

Zaman Stuart[sunting | sunting sumber]

Kastil Gwydir, rumah keluarga Wynn

Tampaknya Trefriw ada hubungannya dengan Plot Bubuk Mesiu tahun 1605. Thomas Wiliems, yang mungkin lahir di desa tersebut, dan keponakan Sir John Wynn dari Gwydir, kuliah di Brasenose College, Oxford, dan kembali bekerja sebagai dokter. Dia adalah pakar vegetarianisme, dan juga menerbitkan kamus Welsh/Latin. Pada tahun 1573 ia menjadi Kurator Trefriw. Ia terkenal sebagai seorang penganut paham kepausan (ia sudah pasti didakwa atas tuduhan tersebut di Bangor pada tahun 1607) dan karena itu mungkin ia mengetahui rencana untuk meledakkan Parlemen. Menurut beberapa sumber, dialah yang, ketika memperingatkan kerabatnya John Wynn agar tidak menghadiri Pembukaan Kenegaraan, bertanggung jawab sedikit atau banyak atas kecurigaan yang pada akhirnya menimpa Guy Fawkes. Kisah inilah yang menjadi dasar novel sejarah pendek karya Gweneth Lilly yang ditulis untuk anak-anak berjudul Treason at Trefriw (Gomer Press, 1993).

Abad ke-19[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1817 sebuah sekolah gratis didirikan (dan kemudian didukung secara finansial) di Trefriw oleh Lord Willoughby de Eresby, untuk kepentingan anak-anak miskin di desa tersebut, dan orang-orang dari paroki-paroki yang berdekatan. Penggilingan paling awal (pandy atau fulling mill) berasal dari abad ke-15. Pada tahun 1820 sebuah pandy baru dibangun, yang masih menggunakan nama pudar "Vale of Conwy Woolen Mill". Pada awal abad ke-19 desa ini memiliki pabrik penggilingan bertenaga air (menggantikan industri rumahan sebelumnya yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu), tetapi perkembangan industri yang serius baru dimulai setelah dibeli oleh Thomas Williams pada tahun 1859. pabrik wol saat ini masih dimiliki oleh keturunan Thomas Williams. Bangunan pabrik pinggir jalan saat ini, terletak di bawah bangunan aslinya, dibangun pada tahun 1970-an.

Trefriw Woollen Mill hari ini

David Cox Jnr. (1809–85) melukis Trefriw near Llanrwst, with mill.[4]

Setelah pembangunan Jalan Tol Llanrwst ke Conwy pada tahun 1777, sebuah rumah tol, Hen Dyrpeg, dibangun di selatan Trefriw, tetapi jaraknya sekitar 70 m dari jalan di dataran tinggi, untuk menghindari banjir. Menyusul penghindaran tol yang cukup besar, dan fakta bahwa lalu lintas dari Hutan Gwydir tidak melewatinya, rumah tol pengganti, 'Gerbang Gwydir', dibangun pada tahun 1820-an di dekat desa.[5] Rumah tol ini dilalui lalu lintas menuju dermaga di Trefriw.

Pada abad ke-19 Trefriw adalah pelabuhan pedalaman terbesar di Wales, sungai Conwy sedang pasang surut hampir sampai ke tetangganya Llanrwst. Mengingat fakta bahwa, pada suatu waktu, Llanrwst adalah salah satu dari sepuluh kota terbesar di Wales, dapat dilihat bahwa Lembah Conwy memiliki makna sejarah yang besar.

Dilaporkan pada tahun 1833 bahwa pameran diadakan setiap tahun pada tanggal 12 Mei, 3 September dan 7 November.[6]

Paroki Trefriw dimiliki untuk waktu yang lama oleh Perkebunan Gwydir (walaupun dalam hipotek berkelanjutan), tetapi pada tahun 1895–96 sebagian besar Llanrhychwyn dan Trefriw dijual oleh penguasa Baron Willoughby de Eresby dan Earls of Ancaster.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ www.conwy.gov.uk Trefriw Census Profile Diarsipkan 2016-11-12 di Wayback Machine.
  2. ^ "Trefriw Walking Festival - Trefriw Walking Festival". Trefriw Walking Festival. 
  3. ^ Hanes Trefriw, Morris Jones, 1879, dipublikasi oleh W.J. Roberts, Llanrwst
  4. ^ "'Trefriw near Llanrwst, with mill' by David Cox JNR. (1809-85) (Watercolour & pencil) :: Gathering the Jewels". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-27. Diakses tanggal 2006-01-27. 
  5. ^ The Conwy Valley, K. Mortimer Hart, Gutenberg Press, 2004
  6. ^ "GENUKI: Trefriw". genuki.org.uk. 


Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • The Conwy Valley & the lands of history, by K. Mortimer Hart (published by Gwasg Carreg Gwalch, 1987)
  • The Conwy Valley – Its Long History, by Michael Senior (published by Gwasg Carreg Gwalch, 1984)
  • The Crossing of the Conwy, by Michael Senior (published by Gwasg Carreg Gwalch, 1991)
  • Gwydir Slate Quarries, by M.C. Williams & M.J.T. Lewis (published by Snowdonia National Park Study Centre, 1989)
  • Hanes Trefriw, by Morris Jones (published by W.J. Roberts, 1879)
  • Walks in the Conwy Valley, by Christopher Draper (published by Gwasg Carreg Gwalch, 2002)
  • Sarn Helen, by J. Cantrell & A. Rylance (Cicerone Press, 1992)
  • The Mines of The Gwydir Forest Parts 1 - 7, by John Bennett & Robert W. Vernon (published by Gwydir Mines Publications, 1989–97)
  • The Rock Cannon of Gwynedd, by Griff R. Jones (2002)
  • The National Gazetteer of Great Britain and Ireland (1868)
  • A Topographical Dictionary of Wales by Samuel Lewis (1833)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Trefriw Templat:Conwy Templat:Conwy Valley