Transatlantic (band)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Transatlantic
Transatlantic2010.jpg
Transatlantic live di Stuttgart in 2010
Latar belakang
Genre Progressive rock
Tahun aktif 1999–2002, 2009–sekarang
Label InsideOut Music (Eropa),
Metal Blade Records/Radiant Records (USA)
Situs web www.transatlanticweb.com
Anggota Neal Morse
Mike Portnoy
Roine Stolt
Pete Trewavas

Transatlantic adalah supergrup progressive rock multinasional yang terdiri dari Neal Morse (ex-Spock Beard), Roine Stolt (The Flower Kings), Pete Trewavas (Marillion) dan Mike Portnoy (ex-Dream Theater). Mereka terbentuk pada tahun 1999 sebagai proyek sampingan untuk band mereka, tetapi dibubarkan pada tahun 2002.[1] Mereka kemudian bersatu kembali pada tahun 2009.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Awalnya mereka berniat untuk memasukkan gitaris Fates Warning Jim Matheos. Ketika Matheos tidak bisa berpartisipasi Morse dan Portnoy mengajak gitaris / vokalis The Flower Kings, Roine Stolt. Band ini lengkap dengan menambahkan bassis progressive rock veteran Pete Trewavas dari kelompok Marillion dan Edison's Children.[1]

Kelompok ini awalnya direncanakan bernama "Second Nature", tetapi diubah menjadi Transatlantic atas saran seniman sampul album Per Nordin.

Album pertama mereka, 2000 SMPT:e "(berasal dari kata, kombinasi nama inisial terakhir anggota), mendapat review yang bagus, termasuk "musik rock progresif terbaik yang pernah ditulis" (Robert Taylor di Allmusic)).

Sebuah tur di Amerika Serikat digelar dan dijadikan CD live ganda, Live in America, dan video dengan nama yang sama. Band ini menunjukkan warisan musik mereka pada live CD, menyajikan lagu cover The Beatles '"Strawberry Fields Forever", serta medley Genesis epik "Watcher of the Skies "dan" Firth of Fifth ".

Meskipun SMPT:e berisi epic "All of the Above", dengan durasi 31 menit, album studio kedua band Bridge Across Forever, menunjukkan band melenturkan otot-otot mereka lebih lama dalam bentuk lagu progressive rock yang dikenal berdurasi panjang. CD hanya berisi empat lagu, 26 menit "Duel With the Devil", 14 menit "Suite Charlotte Pike", dan 26 menit "Stranger in Your Soul" yang mengisi sebagian besar dari disk. CD "Limited edition" juga berisi lagu cover dari Pink Floyd "Shine on You Crazy Diamond". Pada bulan November 2001 band ini melakukan tur Eropa. Sebagai bonus tambahan untuk para penggemar metal progresif, Daniel Gildenlöw dari band Pain of Salvation ikut di sepanjang tur sebagai "anggota kelima" dari band, bermain keyboard, gitar, perkusi, dan bahkan melakukan beberapa vokal, baik vokal latar maupun utama.

Morse meninggalkan band nya, Spock Beard pada bulan Oktober 2002 dan menyatakan bahwa 'Tuhan ingin saya melakukan sesuatu yang lain', yang berarti meninggalkan "prog scene" untuk memulai karier baru sebagai musisi Kristen. Langkah ini juga mengakhiri kegiatannya untuk Transatlantic. Portnoy bereaksi: "Ini merupakan akhir dari Transatlantic karena saya tidak akan mungkin mempertimbangkan untuk melanjutkan tanpa dia".[2] DVD live dari tur terakhir band ini dirilis pada akhir 2003, yang menampilkan semua epik tersebut dengan "Suite Charlotte Pike" dicampur dengan Abbey Road dari the Beatles.

Pada tanggal 16 April 2009, secara resmi band mengumumkan bahwa telah bersatu kembali dan mulai bekerja pada album studio ketiga.[3][4] Album ini dirilis pada bulan Oktober 2009 dan terdiri dari 77 menit judul-lagu 'single' The Whirlwind. Sebuah edisi khusus dari album ini juga dirilis, termasuk disk kedua dengan empat lagu asli tambahan dan empat lagu penutup. Selain itu, edisi deluxe dirilis, yang termasuk DVD dokumentasi pembuatan album.[5]

Band ini melakukan tur Amerika Utara dan Eropa pada bulan April-Mei 2010 untuk promo The Whirlwind. Dijuluki Tour Whirld, band ini kembali bergabung dengan Daniel Gildenlöw di atas panggung.[6]

Akhir 2012 Morse membuat CD kompilasi yang berjudul A Proggy Christmas yang menampilkan The Prog World Orchestra. Salah satu dari sepuluh lagu di album ini adalah "Silent Night / We All Need Some Light" dan lagu instrumental ini The Prog World Orchestra yang komposisinya ditulis empat anggota Transatlantic. Pada bulan Februari 2013, band Neal Morse yang baru (dengan Mike Portnoy) dan The Flower Kings memulai tur Eropa bersama-sama yang diikuti dengan pertunjukan di Los Angeles pada bulan Mei. Setiap band akan tampil dengan lagu-lagu mereka sendiri dan encore akan menampilkan lagu-lagu Transatlantic dilakukan oleh Morse, Portnoy dan Stolt didukung oleh anggota dari dua band dengan tamu istimewa Jonas Reingold dan Randy George.[7][8] Encore berakhir dengan sebelas musisi di atas panggung.

Pada tanggal 10 Maret 2013, Pete Trewavas mengumumkan "the Marillion Weekend Convention" di Port Zélande, Belanda, dan ia akan pergi ke Nashville di musim panas untuk merekam materi baru dengan Transatlantic. Neal Morse mengkonfirmasi ini ke DPRP.[9]

Pada tanggal 30 Mei 2013, Mike Portnoy mengumumkan bahwa mereka telah selesai menulis album baru. Terdiri dari lima lagu (dua epic dan tiga lagu dengan durasi yang "normal") ditambah 8 lagu cover untuk bonus disk.

Pada tanggal 17 Oktober 2013, Kaleidoscope, album studio ke empat oleh Transatlantic, diumumkan dan dirilis pada 27 Januari 2014.[1][10][11] Pada 11 September 2014, Kaleidoscope memenangkan 'Album of the Year' pada acara tahunan Progressive Music Awards ketiga.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album Studio[sunting | sunting sumber]

Album Live[sunting | sunting sumber]

  • Live in America (2001)
  • Live in Europe (2003)
  • Whirld Tour 2010: Live in London (2010)
  • More Never Is Enough: Live In Manchester & Tilburg 2010 (2011)
  • KaLIVEoscope (2014)

Video Live[sunting | sunting sumber]

  • Live in America (2001)
  • Building the Bridge (2002)
  • Live in Europe (2003)
  • Building the Bridge & Live in America (2006)
  • Whirld Tour 2010: Live in London (2010)
  • More Never Is Enough: Live in Tilburg 2010 (2011)
  • KaLIVEoscope (2014)

Anggota Band[sunting | sunting sumber]

  • Neal Morse - vokal, keyboard, gitar
  • Mike Portnoy - drum, vokal dan backing vokal
  • Roine Stolt - gitar, vokal
  • Pete Trewavas - bass , vokal dan backing vokal
Anggota Tour
  • Daniel Gildenlöw - gitar, backing vokal, keyboard (2001 dan 2010)
  • Ted Leonard - gitar, backing vokal, keyboard (2014)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]