Tragedi AACC 2008

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Tragedi AACC 2008 atau sering disebut Sabtu Kelabu adalah sebuah kepanikan massal yang terjadi pada tanggal 9 Februari 2008 di Gedung New Majestic di Bandung (atau yang saat itu masih bernama Asia African Culture Center atau AACC) dalam rangka peluncuran album perdana band metal asal Bandung, Beside.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Grup band metal Beside pada saat itu melangsungkan konser peluncuran album perdana mereka yang berjudul Against Ourselves di gedung AACC. Konser dimulai pada jam 19:00 WIB dan terdapat beberapa petugas keamanan yang bejaga-jaga di luar gedung. Menurut beberapa sumber, gedung yang dipakai untuk acara ini mampu menampung penonton sebanyak 500 orang.

Insiden[sunting | sunting sumber]

Jumlah penonton yang hadir dalam konser peluncuran album Beside ternyata melebihi kapasitas penonton gedung tempat dilangsungkannya konser. Sebanyak 800 hingga 1000 orang berada di dalam gedung. Selain penonton yang sudah menempati ruangan gedung, terdapat banyak orang yang berada di luar gedung konser.[1] Saat konser selesai pada jam 20:30, kepanikan mulai terjadi di kala para penonton akan meninggalkan gedung konser. Dikarenakan gedung tak mampu menampung begitu banyaknya penonton, sirkulasi udara di dalam gedung menjadi sangat kurang dan banyak diantara penonton yang mengalami sesak nafas, dehidrasi, serta berdesak-desakan. Ketidakadaan tim medis atau PMI membuat penonton yang terdampak kepanikan ini tidak menerima bantuan medis yang memadai.[2] Dikabarkan banyak orang yang tergeletak di lantai dan tidak mendapatkan pertolongan medis yang cukup.

Akibat[sunting | sunting sumber]

Kepanikan massal ini merenggut nyawa 11 penonton dan ratusan lainnya luka-luka.[3] Sebanyak 3 orang ditangkap dan dinyatakan sebagai tersangka dengan tuduhan kelalaian yang menyebabkan kematian dan luka-luka orang lain[4]. Di antara para korban, terdapat seorang korban berjenis kelamin perempuan.[5]

Setelah tragedi ini, gedung AACC ditutup sementara. Pada tahun 2010, gedung ini direnovasi serta diberi nama baru, yaitu New Majestic[6].

Peringatan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2014, sebuah monumen berbentuk gitar diresmikan di Taman Musik Centrum oleh Arif Prasetya, Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung.[7] Monumen itu berisikan 11 nama korban tewas kejadian naas di AACC.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "KRONOLOGIS TRAGEDI KONSER BESIDE DI AACC BANDUNG". PryoegassiveWorld (dalam bahasa Inggris). 2008-02-11. Diakses tanggal 2019-02-03. 
  2. ^ "KRONOLOGIS TRAGEDI KONSER BESIDE DI AACC BANDUNG". PryoegassiveWorld (dalam bahasa Inggris). 2008-02-11. Diakses tanggal 2019-02-03. 
  3. ^ Media, Kompas Cyber. "Korban Konser Bandung Jadi 11 Orang". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-02-03. 
  4. ^ Media, Kompas Cyber. "Tiga Tersangka Musibah AACC Ditangkap". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-02-03. 
  5. ^ Okezone. "Agung, Korban Konser Maut Tewas Dikeroyok : Okezone News". https://news.okezone.com/. Diakses tanggal 2019-02-03.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  6. ^ jabar.metrotvnews.com http://jabar.metrotvnews.com/peristiwa/8N0Y1r5b-wajah-de-majestic-bandung-akan-dikembalikan. Diakses tanggal 2019-02-03.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  7. ^ "Man Jasad Resmikan Memorial Statue Tragedi AACC 9 Februari 2008 di Taman Musik Centrum Bandung - Semua Halaman - Hai.Grid.ID". hai.grid.id. Diakses tanggal 2019-02-03.