Toto Rahardjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Toto Rahardjo
Lahir28 Februari 1959 (umur 65)
Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia
Kebangsaan Indonesia
Nama lainKyai Tohar
Dikenal atasPimpinan Gamelan Kiai Kanjeng
Fasilitator Pendidikan Kerakyatan
Suami/istriSri Wahyaningsih
Situs webwww.salamyogyakarta.com

Toto Rahardjo atau dikenal juga dengan Kyai Tohar (lahir 28 Februari 1959) adalah seorang autodidak yang menghabiskan masa mudanya sekitar 20 tahun lebih sebagai fasilitator pendidikan kerakyatan (popular education) dan pengorganisasian rakyat terutama di Jawa Tengah, Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur dan Papua. Toto pernah menjadi Ketua Dewan Pendidikan dan Pengembangan INSIST, Direktur REaD (Research Education and Dialogue), Direktur Yayasan Pendidikan Rakyat Indonesia (YPRI), dan pengarah program INVOLVEMENT (IndoneSian Volunteers for Social Movement).

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1998, Ia terlibat sebagai pegiat awal berdirinya lembaga penerbitan INSISTPress bersama Mansour Fakih, Roem Topatimasang, Anu Lounela, dan Saleh Abdullah. Toto dan kawan kolegial lainnya di INSIST ikut menggagas berdirinya Akademi Kebudayaan Yogyakarta (AKY).[1]

Toto mendirikan Sanggar Anak Alam (SALAM) tahun 1998 di daerah pegunungan, tepatnya di Desa Lawen, Kecamatan Pandanarum Banjarnegara, Jawa Tengah. SALAM di Banjarnegara ini kemudian bermetamorfosa menjadi komunitas pemuda "ANANE29". Pada 20 Juni 2000, SALAM dihidupkan lagi oleh Toto dan istrinya sebagai sebuah Laboratorium Pendidikan Dasar di Kampung Nitiprayan, Kelurahan Ngestiharjo, Bantul – Yogyakarta.[2] Bersama Romo Y.B. Mangunwijaya (alm.) menggagas berdirinya Yayasan Dinamika Edukasi Dasar (DED) di Kali Code, Yogyakarta.[1]

Toto adalah sahabat dekat Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) yang sudah bersamanya sejak tahun 1980-an. Toto merupakan salah satu yang menginisiasi dan menyelenggarakan pementasan lakon Pak Kanjeng tahun 1993 karya Cak Nun.[1] Ia merupakan salah satu pendiri Gamelan Kiai Kanjeng dan menjadi pimpinannya hingga sekarang.[3] Sejak tahun 2003, Toto menjadi pemimpin utama Progress, sebuah kesekretariatan di lingkup kegiatan Cak Nun yang mengelola aktivitas Cak Nun dan Kiai Kanjeng. Toto juga merupakan sesepuh Masyarakat Maiyah yang digerakkannya bersama Cak Nun. Sepak terjang Toto Rahardjo di ranah pendidikan dan gerakan sosial diteliti dan ditulis oleh Rony K. Pratama dalam buku Manusia Tanpa Sekolah (2022).[4]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Berikut sejumlah buku karya Toto Rahardjo:[1]

  • Community Integrated Pest Management In Indonesia: Institutionalising Participation And People Centred Approaches (2003). Ditulis bersama Mansour Fakih dan Michel Pimbert.
  • Menguatkan Organisasi Masyarakat Sipil: Pembelajaran Penguatan Kapasitas untuk Perubahan Sosial (2007). Ditulis bersama Wilarsa Budiharga, Fauzi Abdullah, Handoko Soetomo, Ayi Bunyamin, Hambali, dan Roem Topatimasang.
  • Mengubah Kebijakan Publik: Panduan Pelatihan Advokasi (edisi 2016). Disusun bersama Roem Topatimasang dan Mansour Fakih.
  • Sekolah Biasa Saja: Catatan Pengalaman Sanggar Anak Alam [SALAM] (2015).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Toto Rahardjo". IINSISTPress. Diakses tanggal 19 Desember 2019. 
  2. ^ "Tentang Salam". Salam Yogyakarta. Diakses tanggal 19 Desember 2019. 
  3. ^ "Toto Rahardjo". CakNun.com. Diakses tanggal 19 Desember 2019. 
  4. ^ "Manusia Tanpa Sekolah: Pemikiran Toto Rahardjo Seputar …". Goodreads (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-06-02.