Tory Burch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Tory Burch
Tory Burch 2 Shankbone 2009 Vanity Fair.jpg
LahirTory Robinson
17 Juni 1966 (umur 55)
Valley Forge, Pennsylvania, Amerika Serikat
PendidikanUniversity of Pennsylvania
Pekerjaanperancang busana
pemimpin dan kepala bidang kreatif Tory Burch LLC
Dikenal atasperancang busana
LabelTory Burch LLC
Suami/istriWilliam Macklowe
(1993; cerai)
J. Christopher Burch
(1996–2006; cerai)
Pierre-Yves Roussel
(2018–sekarang)

Tory Burch, dikenal juga dengan nama Tory Robinson (lahir 17 Juni 1966), adalah seorang perancang busana, pengusaha wanita, dan filantropis asal Amerika.[1] Dia adalah putri dari Reva dan Ira Earl Robinson, seorang mantan aktris dan seorang investor.[2] Di kalangan pecinta mode, Tory Burch terkenal akan beragam produk fesyen terutama dalam tas dan sepatu. Sebagai ketua eksekutif dan pimpinan tim kreatif mereknya sendiri, Tory merancang lebih dari lima belas kategori produk mulai dari handuk, tas, dan tunik. Hingga saat ini, Tory Burch memiliki lebih dari 125 toko sendiri dan menjual produknya di lebih dari tiga ribu mall.[3] Pada tahun 2009, ia mendirikan Tory Burch Foundation, sebuah organisasi pinjaman modal usaha, pelatihan, dan pendidikan kewirausahaan bagi wirausaha wanita dalam rangka pemberdayaan ekonomi.

Majalah Forbes menetapkan Tory Burch sebagai wirausaha wanita terkaya pada urutan ke-29[4] dengan pendapatan 850 juta dollar AS. Sebelum mendirikan merek fesyen miliknya, Tory sempat bekerja sebagai aktris, tim perancang busana, dan public relation (hubungan masyarakat).[1] Berkat karier dan prestasinya, ia memperoleh banyak penghargaan dari berbagai organisasi.

Keluarga dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Tory Burch adalah putri dari pasangan Reva Schapira dan Ira Earl "Buddy" Robinson.[5] Ibu Tory, Reva, adalah seorang mantan aktris yang dikenal pernah mengencani Steve McQueen dan Marlon Brando. Sedangkan ayah Tory, Buddy, adalah seorang investor yang memiliki posisi di Bursa Saham New York.[2] Tory tumbuh di Valley Forge, rumah berumur 250 tahun dekat Valley Forge National Historical Park,[6] di Pennsylvania, Amerika Serikat bersama kedua orangtuanya. Keluarga Robinson termasuk dalam golongan elit yang kerap pergi keliling dunia.[7] Tory Burch belajar di sekolah Agnes Irwin di Rosemount dan melanjutkan studi ke University of Pennsylvania jurusan sejarah seni lalu lulus pada tahun 1988.[1] Tory memiliki tiga saudara tiri laki-laki, Leonard, Robert, dan James. Leonard adalah anak dari asisten rumah tangga keluarga Robinson, kini Leonard bekerja sebagai Konsultan Investasi di Lydian Wealth Management. Robert adalah pemilik perusahaan bungkus plastik sekaligus Kepala Petugas Hukum dan Presiden Pengembangan Perusahaan di Tory Burch LLC.[8] Sedangkan James adalah pemilik perusahaan marketing.[9]

Tory pertama kali menikah dengan William Macklowe pada tahun 1993, tetapi mereka bercerai setelah setahun menikah. Pada tahun 1996-2006, Tory dan J. Christopher Burch menikah. Meskipun mereka sudah bercerai, Tory tetap menggunakan nama belakang Burch. Pada 2007, dia berkencan dengan Lance Armstrong dalam waktu singkat. Pada akhir 2012, Tory dan Lyor Cohen berpisah setelah lima tahun berpacaran. Pada November 2019, Tory menikah dengan Pierre-Yves Roussel.[10] Saat ini, Tory memiliki tiga anak perempuan tiri dan anak lelaki tiri.[6]

Inspirasi[sunting | sunting sumber]

Orang tua Tory adalah pengaruh terbesar dalam perusahan miliknya. Saat Tory masih kecil, Buddy dan Reva sering pergi ke luar negeri memakai koper Louis Vuitton dan berbelanja seperti membeli tunik dari Maroko. Hal tersebut sangat mempengaruhi selera fesyen Tory. Sampai suatu saat Tory mendedikasikan satu koleksi untuk prang tuanya yang dinamai Koleksi Robinson. Pasangan Robinson memang terkenal sering bepergian setiap musim panas ke negara seperti Italia, Prancis, Yunani, dan Maroko. Dalam koleksi ini, Tory ingin membuat barang yang dapat mempermudah orang-orang saat bepergian. Buddy, khususnya, membawa tas untuk buku, kamera, dan peta menjadi inspirasi di balik Koleksi Robinson, dengan gaya anggun dan supel yang bisa digunakan di rumah atau di luar negeri.[11] Tory juga dikenal dengan koleksi pakaian olahraganya yang bergaya rapi cenderung bohemian.[12]

Karier[sunting | sunting sumber]

Permulaan[sunting | sunting sumber]

Pengalaman kerja pertama Tory adalah sebagai karyawan Benetton di Mall King of Prussia.[13] Setelah lulus kuliah, ia bekerja di beberapa perusahaan fesyen seperti Vera Wang, Ralph Lauren, dan Harper's Bazaar.

Tory Burch[sunting | sunting sumber]

Pada Februari 2004, merek fesyen pertamanya "TRB by Tory Burch" diluncurkan. Butiknya terdapat di retail NoLita, New York. Kemudian ia sebaga meluncurkan situs Toryburch.com pada tahun 2005. Kesuksesan Tory melejit sehingga Oprah Winfrey mempromosikan mereknya dengan menjulukinya hal besar berikutnya dalam fesyen. Sebagai wujud apresiasi atas pengaruh fesyen dari sang ibu, Tory menciptakan 'Reva' ballet flat, yaitu sepatu trepes wanita layaknya sepatu balet. Sepatu ini membawa kesuksesan bagi Tory Burch, menjadikannya salah satu merek yang paling digemari dan berpengaruh di bidang fesyen.[14]

Pada tahun 2009, acara televisi Gossip Girl mengundang Tory Burch untuk membintangi acara tersebut. Terlebihnya, para pemain acara tersebut sering menggunakan pakaian rancangan Tory. Pada tahun 2010, Tory meluncurkan koleksi kacamata yang dijual di Nordstrom dan Saks. Pada tahun 2011, Tory Burch berpartisipasi dalam New York Fashion Week. Pada tahun 2013, Tory meluncurkan koleksi parfumnya. Saat ini Tory meluaskan koleksinya dengan merancang pakaian untuk pria dan olahraga.[14]

Tory Burch Foundation[sunting | sunting sumber]

Organisasi tersebut dibuat untuk melatih wirausaha wanita dalam rangka pemberdayaan ekonomi. Tiap tahun 50 wanita dipilih secara khusus untuk bergabung dengan organisasi tersebut. Pemimpin organisasi tersebut tak lain dari Tory Burch. Pekumpulan organisasi tersebut cukup kasual, topik pembicaraannya juga bersifat mendorong, memotivasi, dan mendukung untuk pantang menyerah. Para nggota ini menerima bimbingan yang berharga dari Tory di bidang keuangan, manufaktur, operasi, dan pencitraan merek di seminar. Para wirausahawan juga menerima informasi langsung mengenai ancaman dan hambatan bisnis.[15]

Pencapaian dan Penghargaan[16][sunting | sunting sumber]

  • Memperoleh total penjualan sejumlah 1,5 miliar dolar AS dalam penjualan dari pakaian, alas kaki, jam tangan, aksesoris, dan parfum.
  • Pernah bekerja dengan Ralph Lauren dan Vera Wang sebelum membuka butik Tory Burch.
  • Pada tahun 2015, Forbes menyatakan Tory Burch sebagai miliader pada urutan ke-1741.
  • Pada tahun 2016, Forbes menyatakan Tory Burch sebagai wanita paling berpengaruh pada urutan ke-73.
  • Pada bulan Desember 2018, Tory diangkat menjadi ketua eksekutif dan pimpinan bidang kreatif dari perusahaan mode senilai $ 1,5 miliar dolar AS.
  • Pada bulan Maret 2019, Bank of America berkomitmen 100 juta dolar AS untuk organisasinya yang telah membantu wirausaha perempuan, Tory Burch Foundation.
  • Pada 2019, Forbes menetapkan Tory Burch sebagai wirausaha wanita terkaya pada urutan ke-29[4] dengan pendapatan 850 juta dollar AS.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Tory Burch | Fashion Designer Biography". FAMOUS FASHION DESIGNERS (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-23. 
  2. ^ a b Stenson, Hope (2015-04-10). "Like a billionaire boss mom - a look at Tory Burch". The Charlotte Observer. Diakses tanggal 2020-01-23. 
  3. ^ "Tory Burch Biography - How Tory Burch Got Her Start in Fashion". College Fashion (dalam bahasa Inggris). 2016-10-12. Diakses tanggal 2020-01-23. 
  4. ^ a b "Self-Made Women". Forbes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-23. 
  5. ^ WW, FashionNetwork com. "Tory Burch keeps it in the family". FashionNetwork.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-23. 
  6. ^ a b PeoplePill. "Tory Burch: American fashion designer, businesswoman, and philanthropist - Biography, Life, Family, Career, Facts, Information". peoplepill.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-23. 
  7. ^ Sinintya, Wangi. "Kisah Tory Burch: Pengusaha Miliuner Cantik Berharta Rp 12 T". lifestyle. Diakses tanggal 2020-01-23. 
  8. ^ "Board of Directors | About Us". Tory Burch Foundation. Diakses tanggal 2020-01-23. 
  9. ^ Shnayerson, Michael. "An Empire of Her Own". Vanity Fair (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-23. 
  10. ^ Friedman, Vanessa (2018-12-11). "When Your New C.E.O. Is Also Your New Husband". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2020-01-23. 
  11. ^ "Robinson Inspiration: Tory's Parents, Buddy & Reva | Tory Daily". www.toryburch.com. Diakses tanggal 2020-01-23. 
  12. ^ "Tory Burch is part of the BoF 500". The Business of Fashion (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-23. 
  13. ^ "Karyawan Toko Jadi Perancang Busana". MedanBisnisDaily.com. Diakses tanggal 2020-01-23. 
  14. ^ a b Lutz, Ashley. "How Tory Burch Became A Fashion Billionaire In Less Than A Decade". Business Insider. Diakses tanggal 2020-01-23. 
  15. ^ Faulkner, Kristi. "Tory Burch Restyles The Art Of Mentoring With Frankness And Scale". Forbes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-23. 
  16. ^ "Tory Burch". Forbes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-23.