Torrezno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah torrezno dengan sepotong roti

Torrezno adalah semacam makanan ringan bakon goreng yang diproduksi di Spanyol.

Sebagai makanan pokok di tempat bar Spanyol, torrezno sementara kehilangan ketenarannya sampai batas tertentu karena memiliki sifat kalori tinggi.[1] Makanan tersebut juga dijual sebagai makanan ringan di toko swalayan. Makanan tersebut terbuat dari bagian luar saluran pencernaan babi, diasinkan dengan garam dan paprika, menggunakan metode curing (atau bisa juga dengan pengasapan), dan kemudian digoreng.[1][2] Karena keterkaitannya dengan Soria, torrezno yang diproduksi di sana diberi marca de garantía [es] khusus.[3] Pada tahun 2014 yang lalu, The Guardian memaparkan torrezno sebagai "potongan perut babi goreng yang lezat".[4][5][6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Iborra, Elisabeth G. "Dónde comer los mejores torreznos de España (más allá de Soria)". eldiario.es. 
  2. ^ Gómez, Óscar (7 November 2014). "Torreznos, la cuadratura del cerdo: mitad tiernos y mitad crujientes". Gastronosfera. 
  3. ^ Romero, Marta (1 March 2019). "Torreznos: un homenaje al cerdo en formato 'snack'". hola.com. 
  4. ^ Blick, James (23 November 2014). "Madrid city guide: what to see plus the best bars, restaurants and hotels". The Guardian. 
  5. ^ Muñoz-Calero, Javier (16 June 2018). "Así se cocina el torrezno perfecto (sin grasa)". El Mundo. 
  6. ^ Casteleiro García, Rodrigo (31 January 2018). "El regreso triunfal del torrezno". El Comidista. El País. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 June 2019.