Topos sastra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Topos diterjemahkan secara beragam sebagai "topik", "tema", "garis argumen", atau "sesuatu yang biasa". Ernst Robert Curtius mempelajari topos sebagai "sesuatu yang biasa tema", sebagai tema yang umum bagi seorang orator dan penulis yang mengerjakan kembali sesuai dengan kesempatan yang ada, misalnya, di zaman kuno klasik, pengamatan bahwa kata "all must die" adalah topos dalam pidato yang bersifat menghibur, karena dalam menghadapi kematian pengetahuan bahwa kematian datang membawa kenyamanan, bahkan kepada orang-orang yang hebat.[1] Curtius juga membahas topos dalam doa atau pemanggilan alam (langit, laut, hewan, dll.) untuk berbagai tujuan retoris, seperti menyaksikan sumpah, bersukacita atau memuji Tuhan, atau berduka/mengeluh dengan pembicara.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Robert Curtius, Ernst (1953). European Literature and the Latin Middle Ages, trans. from German by Willard R. New York: Pantheon Books. hlm. 80. 
  2. ^ Robert Curtius, Ernst (1953). European Literature and the Latin Middle Ages, trans. from German by Willard R. New York: Pantheon Books. hlm. 92 – 94.