Topik tentang Wikipedia:Warung Kopi (Bantuan)

Ringkasan oleh AnsyahF

Pada dasarnya, boleh jika dipublikasi resmi oleh pemerintah atau lembaga berita independen yang mempunyai tanda centang (terverifikasi) karena konten yang dibuat oleh mereka, mayoritas benar-benar murni karya sendiri dan tingkat kepercayaannya lebih bagus.

Namun tetap harus mengacu pada ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam penulisan artikel di Wikipedia. Lebih jelasnya, dapat menghubungi atau bertanya kepada salah satu pengurus (admin) Wikipedia Indonesia.

Mujionomaruf (bicarakontrib)

Punten, Beberapa artikel wiki yang sedang saya persiapkan mengenai terminal bus sangat minim referensi dan sumber primer lainnya seperti dokumen pemerintah atau artikel penelitian. Namun baru2 ini saya menemukan beberapa postingan video di youtube yang mengekspos kondisi di terminal, baik bangunannya maupun jenis relasi perjalanan angkutan umum di terminal tersebut. Dan ada juga cuplikan wawancara dengan petugas terminal maupun kru angkutan umum. Apakah dibenarkan dan diperbolehkan menggunakan postingan situs jejaring seperti Youtube (ataupun FB, IG, dll) sebagai bahan referensi artikel Wikipedia? Terimakasih,

Kiriman ini disembunyikan oleh Great achievement (riwayat)
NexKicks (bicarakontrib)

Kalau menurut saya, jika pun terpaksa mengambil referensi dari Youtube maka sebaiknya mengambil referensi dari kanal (channel) Youtube resmi, misalnya dari kanal Youtube pemerintah (Kementerian Perhubungan, Provinsi DKI Jakarta, dll). Tetapi tetap harus mengacu pada ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam penulisan artikel di Wikipedia. Lebih jelasnya, dapat menghubungi atau bertanya kepada salah satu pengurus (admin) Wikipedia Indonesia.

Terimakasih dan minta maaf bila ada salah kata/informasi yang kurang berkenan.

RaFaDa20631 (bicarakontrib)

Tidak memenuhi kriteria sumber tepercaya, kecuali jika dipublikasi resmi oleh pemerintah atau lembaga berita independen dan mempunyai tanda centang (terverifikasi), itu biasanya bakal dijadikan "pranala luar". Konten yang dibuat oleh akun resmi seperti perusahaan berita atau organisasi pemerintah, mayoritas benar-benar murni karya sendiri dan tingkat ketepercayaannya lebih bagus.


Ingat, vlog bukan sumber tepercaya.

Kiriman ini disembunyikan oleh Symphonium264 (riwayat)