Topik tentang Wikipedia:Warung Kopi (Bantuan)

apakah anda kelompok penulis tentang sejarah dan tokoh (pahlawan) indonesia

3
Andipepeng78 (bicarakontrib)

Apakah ada tim dari wikipedia yang fokus untuk menulis pahlawan-pahlawan dan tokoh-tokoh dari daerah. Selain itu yang minat menulis tentang sejarah kerajaan-kerajaan di nusantara?

Selama pengamatan saya di sini banyak yang menulis kan artis-artis, model, atau pun penyanyi yang menurut saya belum saat dirilis sebagai tokoh atau masuk dalam "kategori wikipedia".

Saran saya juga bagi pengelola wikipedia di indonesia, sebaiknya fokus juga terhadap masalah kesejarahan, dan biogorafi tokoh-tokoh nusantara dan lokal yang memenuhi kriteria. Tujuannya agar anak muda dan generasi muda (seperti kita) tidak hanya fasih menyebutkan dan mengenal artis-artis luar negeri ataupun lokal, tetapi paham tentang riwayat-riwayat kesejarahan para tokoh-tokoh bangsa yang berjasa bagi kemajuan negara ini.

Argo Carpathians (bicarakontrib)

@Andipepeng78: Para pengguna di sini umumnya menulis dan merintis artikel yang mereka minati, atau (bagi yang belum mampu merintis artikel panjang) paling tidak menerjemahkan dari Wikipedia bahasa lainnya. Kebetulan bidang pesolek, artis, dan seniman banyak diminati oleh para pengguna (atau ada pengguna perseorangan yang kebetulan banyak merintis artikel di bidang itu), sehingga perkembangan artikel terkait bidang-bidang tersebut pun cukup pesat. Secara garis besar, yang ingin saya katakan di sini adalah, para pengguna tidak dikotak-kotakkan menurut minat dan mereka diberikan kebebasan untuk merintis artikel apapun selama memenuhi kriteria kelayakan dan memiliki sumber dan referensi tepercaya.

Saya sendiri pun memiliki minat yang sama dengan Anda, dan beberapa artikel sudah saya rintis, utamanya sejarah dan konteks nasional. Wikipedia memiliki ProyekWiki sebagai solusi untuk para pengguna yang memiliki minat pada bidang tertentu. Anda bisa bergabung dengan ProyekWiki yang relevan dengan minat Anda, meskipun untuk saat ini sistem ProyekWiki belum efektif dan para pengguna cenderung "jalan sendiri" untuk merintis artikel. Anda diberikan kebebasan untuk melakukan penyuntingan di Wikipedia, tanpa dibatasi secara mutlak. Salam.

Andipepeng78 (bicarakontrib)

terima kasih atas responnya, maaf baru ber wikipedia lagi mengingat kepadatan di kantor,

saya akan coba mengikuti saran @Bagas Chrisara, kita perlu menuliskan sejarah-sejarah tentang negara kita, dan tokoh-tokoh, pahlawan-pahlawan negara kita biar kelak generasi2 dibawah kita dapat paham, bukan lebih paham artis artis dari luar negeri.