Topik tentang Wikipedia:Warung Kopi (Bantuan)

Muhammad Taufik Mirzan (bicarakontrib)

Saya adalah pemula. Saya ingin bertanya. Bagaimana cara agar suntingan baru artikel wikipedia yang telah saya lakukan dapat langsung ditampilkan ke pembaca/pengguna lainnya dan tidak lagi berstatus revisi tertunda? Mohon bantuannya dan terima kasih

Kenrick95 (bicarakontrib)

Itu proses peninjauan dilakukan oleh pengguna lain, jadi mohon bersabar.

Muhammad Taufik Mirzan (bicarakontrib)

Lalu, jika saya akan membuat suatu artikel yang benar-benar baru/belum pernah dibuat di wikipedia, apakah saya juga sama harus menunggu peninjauan oleh pengguna lain atau bisa langsung ditampilkan ke pengguna lainnya? Dan apakah ada keuntungan jika saya banyak menyunting/membuat artikel di wikipedia? Terima kasih

Kenrick95 (bicarakontrib)

Artikel baru tidak perlu menunggu peninjauan. Namun jika salah satu versi pernah ditinjau, nantinya suntingan setelahnya perlu menunggu pengguna lain meninjau lagi agar bisa ditampilkan.

Yah, seperti halnya melakukan kerja suka rela, keuntungan yang didapat di Wikipedia itu pengetahuan bahwa artikel-artikel yang disunting itu dapat dibaca oleh khalayak luas.

Muhammad Taufik Mirzan (bicarakontrib)

Bagaimana jika artikel yang saya sunting tak kunjung ditinjau pengguna lain, padahal isinya sudah di-update sesuai dengan kondisi terkini? Apakah saya bisa mengajukan permohonan peninjauan artikel dan bagaimana caranya? Mohon maaf terlalu banyak bertanya dan terima kasih telah bersedia membalas pertanyaan saya.

Ryanadh97 (bicarakontrib)

Saya mengalami hal yang sama, bahkan suntingan yang menurut kita sudah update dan sudah tersusun rapih tetap saja bisa diubah oleh Editor. Selain bersabar, anda juga dituntut untuk pasrah bila suntingan atau artikel yang anda buat/sunting tidak sesuai dengan editor dan beberapa suntingan anda dihapus.

Peninjauan artikel nantinya diperiksa oleh pengguna lain yang salah satunya mendapatkan hak Editor tadi. Jadi, tanpa mengajukan pun nantinya anak ditinjau, atau anda bisa menuliskan daftar bacaan di profil pengguna yang memiliki hak tersebut

Silahkan bertanya, malu bertanya sesat dijalan. Kita sama sama belajar dan menjadi Volunteers yang baik

Salam

Muhammad Taufik Mirzan (bicarakontrib)

Saya mengapresiasi kepada para editor/peninjau wikipedia karena suntingan artikel saya dengan judul "Daftar Kecamatan dan Kelurahan di Kabupaten Bandung Barat" telah bisa dibaca oleh publik wikipedia. Selama ini, saya harap-harap cemas apakah suntingan saya akan ditinjau atau tidak. Padahal, di dalamnya terdapat informasi penting menurut sumber yang dapat dipercaya. Setelah saya cek, ternyata sudah disetujui peninjau. Ke depannya, saya ingin bisa terus menyunting artikel bertopik serupa. Mohon bantuannya dan terima kasih wikipedia.

Ryanadh97 (bicarakontrib)

Terima kasih sudah menyunting dan memperbaiki artikel di Wikipedia. Tetaplah berkontribusi untuk Wikipedia

Salam

@ryushaa

Mollysyoso (bicarakontrib)

Terkadang kebebasan berekspresi, menuangkan ide serta mengangkat sebuah realita di negeri ini terbentur oleh UU ITE. Apakah wikipedia melakukan PEMBATASAN pada artikel2 penulis dan informasi2 penting (baik rahasia) yang akan di sunting para penulis?

Hal2 apa saja yg akan ditinjau editor WIKIPEDIA?

Ryanadh97 (bicarakontrib)

Saya bantu menjelaskan, Wikipedia diciptakan untuk membagikan '''Ensiklopedia''' yang bebas dan bersifat '''Fakta''' seperti Sejarah, Pengetahuan, Teori, Merek dagang, dan lainnya yang bukan bersifat Jurnalistik, itu dikarenakan Wikipedia bukan sebuah portal berita/media masa melainkan pustaka online raksasa. Mungkin dari penjelasan saya, anda bisa menyimpulkan sendiri atas pertanyaan yang anda ajukanĀ :)

Untuk mengetahui segala tentang editor, anda bisa mengunjungi Wikipedia:Validasi_artikel/Status_pengguna#Editor

Terima Kasih

Balas "Memperbarui Artikel Wikipedia untuk Pemula"