Tommaso da Cori

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tommaso da Cori lahir di Cori, Italia, pada tanggal 4 Juni 1655.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Tomasso da Cori memiliki nama kecil Fransesco Antonio Placidi. Dia adalah seorang gembala pada awal kehidupan kariernya. Kemudian belajar filsafat dan teologi di Viterbo, Italia. Pada usia 20 tahun, 1675, ia menjadi seorang pastor dari Ordo Fratrum Minorum. Tugas perutusan pertamanya adalah menjadi seorang pastor paroki di Civitella, Italia.

Sebagai pengikut Santo Fransiskus Asisi, Tommaso da Cori menghidupkan kemiskinan injili dalam kesehariannya. Ia seorang pendoa yang memiliki karunia penyembuhan, pintar berkhotbah, dan pandai membimbing jiwa-jiwa dalam retret. Tommaso da Cori meninggal pada tanggal 11 Januari 1729 di Bellegra, Roma, Italia.

Pada tanggal 21 November 1999, Tommaso de Cori dikanonisasi menjadi seorang santo oleh Paus Yohanes Paulus II. Dalam homili saat kanonisasi tersebut , Paus Yohanes Paulus II mengatakan bahwa Tommaso da Cori adalah orang yang hidupnya menjadi warta gembira bagi sesama karena ketaatannya pada Kristus. Tommaso da Cori, melalui kehidupannya,  adalah wujud nyata kasih Allah Tritunggal yang bertindak demi keselamatan manusia.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Saint Tommaso da Cori". CatholicSaints.Info (dalam bahasa Inggris). 2013-01-11. Diakses tanggal 2020-12-08.