Tomio Okamura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tomio Okamura
Tomio Okamura portrét.jpg
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Ceko
Mulai menjabat
24 November 2017
Pemimpin Partai Kebebasan dan Demokrasi Langsung
Mulai menjabat
4 Agustus 2015
PendahuluJabatan dibentuk
Pemimpin Partai Fajar Demokrasi Langsung
Masa jabatan
1 Juli 2013 – 5 Mei 2015
PendahuluJabatan dibentuk
PenggantiMarek Černoch
Anggota Dewan Perwakilan Republik Ceko
Mulai menjabat
26 Oktober 2013
Senator dari Zlín
Masa jabatan
20 Oktober 2012 – 26 Oktober 2013
PendahuluJana Juřenčáková
PenggantiPatrik Kunčar
Informasi pribadi
Lahir4 Juli 1972 (umur 47)
Tokyo, Jepang
Partai politikFajar Demokrasi Langsung
(2013–2015)
Kebebasan dan Demokrasi Langsung
(2015–sekarang)
Tanda tangan
Situs webwww.tomio.cz

Tomio Okamura (岡村 富夫, Okamura Tomio, lahir 4 Juli 1972[1]) adalah seorang pengusaha dan politikus Ceko-Jepang. Ia adalah pendiri partai Fajar Demokrasi Langsung. Pada Mei 2015, ia memisahkan diri dari partai tersebut dan mendirikan partai Kebebasan dan Demokrasi Langsung (SPD). Ia terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Republik Ceko semenjak Oktober 2013 sebagai perwakilan dari partai Fajar Demokrasi Langsung, dan semenjak pindah partai ia menjadi perwakilan dari ia menjadi SPD. Sebelum menjadi anggota dewan perwakilan, ia pernah menjadi senator independen dari distrik Zlín dari Oktober 2012 hingga saat ia terpilih sebagai anggota dewan satu tahun kemudian.

Ia lahir di Tokyo dari ayah yang berdarah Jepang-Korea dan ibu yang berasal dari kawasan Zlín di Moravia.[2] Okamura datang ke Cekoslowakia untuk pertama kalinya saat masih berumur enam tahun. Secara keseluhan ia menghabiskan waktu selama sepuluh tahun di Jepang. Ia menghabiskan sebagian dari masa kecilnya di Mašťov dan di situ ia menjadi korban perploncoan, sehingga ia terbata-bata saat berbicara hingga berumur 20 tahun.

Okamura memulai karier bisnisnya pada tahun 1994 dalam industri gastronomi dan perjalanan. Ia juga mulai menerbitkan Pivní magazín ("Majalah Bir"). Selain itu, ia telah menulis beberapa buku. Buku Tomio Okamura – Český sen ("Tomio Okamura - Mimpi Ceko") menjadi salah satu best-seller di Ceko pada tahun 2010.[3]

Di dalam dunia politik, ia mendukung gagasan patriotisme, demokrasi langsung,[4] euroskeptisisme, anti-imigrasi[5] dan anti-Islam.[6] Ia sempat mengundang perhatian saat ia mengajak orang-orang Ceko di Facebook untuk melawan "Islam radikal" dengan memboikot toko kebab dan "mengembangbiakkan anjing dan babi sebagai hewan peliharaan dan mengajak mereka jalan-jalan di dekat masjid".[6]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tomio Okamura - Profi di situs Dewan Perwakilan". Dewan Perwakilan Republik Ceko. Diakses tanggal 4 Juli 2016. 
  2. ^ Bořil, Martin (3 June 2012). "Okamura bude kandidovat do Senátu, kvůli matce si vybral Zlín" [Okamura will run for the Senate, he chose Zlín because of his mother]. idnes.cz (dalam bahasa Czech). Mladá fronta DNES. Diakses tanggal 23 October 2012. 
  3. ^ Dvořák, Jan (10 May 2011). "Politika není špinavá, špinavý může být jen politik, říká Tomio Okamura" [Politics isn't dirty, only politicians can be dirty, says Tomio Okamura]. idnes.cz (dalam bahasa Czech). Mladá fronta DNES. Diakses tanggal 23 October 2012. 
  4. ^ demokracie, SPD - Svoboda a přímá. "Program - SPD - Svoboda a přímá demokracie". www.spd.cz. 
  5. ^ "Okamura registers new anti-immigrant party Freedom and Direct Democracy". spd.cz. Diakses tanggal 3 July 2016. 
  6. ^ a b "Czech far-right leader Tomio Okamura urges citizens to walk pigs near mosques to defend country from Islam". Diakses tanggal 3 July 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]