Tjia May On

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tjia May On

Prof. Tjia May On, Ph.D. (lahir di Probolinggo, Jawa Timur, Hindia Belanda, 25 Desember 1934 – meninggal di Bandung, 5 November 2019 pada umur 84 tahun) adalah guru besar Fisika Institut Teknologi Bandung. Menyelesaikan sarjana fisika tahun 1962 dari Institut Teknologi Bandung, ia kemudian meneruskan pendidikan magister dan doktor di Universitas Northwestern. Ia menekuni bidang partikel kuantum dan kosmologi relativistik, dan kemudian penelitian polimer, optik nonlinier, superkonduktor. Selain mengajar di jurusan fisika ITB, ia juga mengajar di program Optoelektronika Universitas Indonesia.

Penelitian[sunting | sunting sumber]

Tjia May On merupakan fisikawan yang mendalami bidang fisika partikel. Penelitian yang dilakukan oleh Tjia May On telah menghasilkan dua buku teks dan lebih dari 200 penelitian yang dipublikasikan di jurnal internasional seperti Physical Review dan Nuclear Physics.[1] Salah satu penelitiannya adalah risetnya bersama fisikawan C.H. Albright dan L. S. Liu yang berjudul "Quark Model Approach in the Semileptonic Reaction."[2] Tjia May On pernah terlibat dalam riset di International Center of Theoretical Physics[3]. Pada perkembangannya, Tjia May On mengubah haluan perial penelitiannya dari fisika partikel ke fisika material dengan alasan bahwa fisika material menawarkan banyak manfaat dan berdampak besar bagi kehidupan.[4]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tjia May On meraih Sarwono Awards yang diberikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia pada tanggal 18 Agustus 2016.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Media, Kompas Cyber. "Raih Sarwono Awards, Tjia May On Ungkap Arti Penting Fisika bagi Indonesia Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-09-14. 
  2. ^ "Tjia May On: Fisikawan Partikel dan Nasib Sedih di Indonesia". suara.com. 2016-12-19. Diakses tanggal 2019-09-14. 
  3. ^ Media, Kompas Cyber. "Raih Sarwono Awards, Tjia May On Ungkap Arti Penting Fisika bagi Indonesia Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-09-14. 
  4. ^ Media, Kompas Cyber. "Raih Sarwono Awards, Tjia May On Ungkap Arti Penting Fisika bagi Indonesia Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-09-14. 
  5. ^ Media, Kompas Cyber. "Raih Sarwono Awards, Tjia May On Ungkap Arti Penting Fisika bagi Indonesia Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-09-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]