Tiu Teja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tiu teja)


Air terjun Tiu Teja biasa disebut denga Air terjun kembar karena terdapat dua aliran air terjun dengan volume yang cukup besar pada musim penghujan

Tiu Teja adalah salah satu dari beberapa air terjun terkenal di Lombok. Tiu Teja terkenal dengan air terjun kembar dan menjadi salah satu adalan objek wisata air terjun di Kabupaten. Untuk mencapai Lokasi air terjun Tiu Teja, anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Mataram.[1] Ada dua alternatif jalan yang bisa anda lalui. Jika anda menyukai suasana pegunungan, anda bisa melewati jalan puncak Pusuk. Di jalan ini, anda bisa beristirahat sambil menikmati jagung bakar. Di tempat ini, terdapat banyak kawanan kera yang cukup jinak. Anda bisa memberi kera makan sambil mengambil foto dengan latar pengunungan yang indah. Akan tetapi, jika anda menyukai jalan dengan pemandangan laut dan pantai di pinggirnya, anda bisa melewati Senggigi

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Air terjun Tiu Teja adalah destinasi wisata yang popular baru-baru ini. Terletak di Desa Santong, Kec. Kayangan, Lombok Utara, air terjun ini menjadi salah satu tujuan wisata unggulan di Pulau Lombok.[2] Setelah tiba di pintu gerbang masuk Tiu Teja, anda akan melewati jalan yang cukup menantang. Jalan ini belum bisa dilewati dengan mobil karena masih sempit tetapi masih bisa di lalui dengan sepeda motor. Sekitar 15 menit, anda akan sampai di tempat parkir dan dari sini anda harus berjalan. Melewati anak tangga yang cukup banyak untuk sampai ke bawah dan menikmati air terjun. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar saat anda sampai di dekat air terjun yang dingin dan segar. Pada musim hujan debit air terjun ini sangat besar, tetapi akan sedikit berkurang di musim kemarau.

Aktivitas[sunting | sunting sumber]

Para wisatawan bisa merasakan dinginnya air terjun tiu teja dengan mandi dan merasakan guyuran percikan air terjun yang sangat menyegarkan. Mengambil photo-photo merupakan moment yang juga tidak bisa dilewatkan ketika berkunjung ke Tiu Teja.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. Tiu Teja Waterfall Lombok.
  2. Pesona Air Terjun Kembar Tiu Teja di Lombok Utara

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. Wisata Lombok Sumbawa.
  1. ^ "WATERFALL TIU TEJA". lombok-airport. Diakses tanggal 2022-02-04. 
  2. ^ Hasan, Ibrahim (13 April 2021). Hasan, Ibrahim, ed. "Menyusuri Pesona Air Terjun Kembar Tiu Teja di Lereng Rinjani". Merdeka.com. Diakses tanggal 2022-02-04.