Titihan besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Titihan besar
Podiceps major Edit nilai pada Wikidata

In Rio Grande do Sul, Brazil
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22696596 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPodicipediformes
FamiliPodicipedidae
GenusPodiceps
SpesiesPodiceps major Edit nilai pada Wikidata
(Boddaert, 1783)
Tata nama
Sinonim taksonPodicephorus major (Boddaert 1783) Bochenski 1994
ProtonimColymbus major Edit nilai pada Wikidata
Distribusi

Titihan besar ( Podiceps mayor ) adalah spesies Titihan te

erbesar di dunia. Populasi yang terpisah terdapat di barat laut Peru, sedangkan sebaran utama berada di wilayah paling tenggara Brasil hingga Patagonia dan Chili tengah. Populasi dari Chili bagian selatan dianggap sebagai subspesies terpisah, P. m. na

Habitat[sunting | sunting sumber]

Spesies ini hidup terutama di perairan terbuka. Kebanyakan burung terlihat di danau dataran rendah dan sungai yang tenang (seringkali dikelilingi oleh hutan), serta rawa muara. Saat berkembang biak, ia sering mengunjungi lubang masuk yang banyak bervegetasi di danau besar. Di luar musim kawin, sebagian besar burung akan berpindah ke muara dan teluk, biasanya dipenuhi rumput laut (bahkan kadang-kadang terlihat di laut lepas). Burung yang tidak berkembang biak dapat hidup di sepanjang pantai sepanjang tahun.

Burung-burung ini tersebar luas dan umum di sebagian besar wilayah jelajahnya. Sebagian besar habitat asli mereka belum ditebangi, terutama di bagian selatan wilayah jelajahnya.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ini adalah Titihan yang sangat besar, dengan proporsi yang lebih mirip itik atau pecuk daripada grebe pada umumnya. Panjangnya berkisar antara 67 hingga 80 cm (26,5 hingga 31,5 in) dan biasanya berbobot sekitar 1.600 gram (3,5 pon), namun bisa mencapai setidaknya 2 kg (4,4 pon) . Mereka berwarna coklat kemerahan di leher dan dada, punggung berwarna kehitaman, dan perut berwarna keputihan. Kepala berwarna abu-abu jelaga dengan mata coklat kemerahan. Karena ukuran dan warnanya yang unik, burung Titihan besar tidak bisa disamakan dengan burung lain, termasuk burung titihan lainnya.

Pola makan[sunting | sunting sumber]

Titihan besar hidup dengan pola makan sebagian besar ikan, terkadang lebih dari 11 cm (4,3 in) panjang, tetapi biasanya lebih kecil. Persaingan mangsa kadang-kadang dapat terjadi dengan burung pecuk neotropik untuk memperebutkan ikan, tetapi spesies tersebut (meskipun ukuran tubuhnya lebih kecil) biasanya memakan ikan yang lebih besar. Serangga, krustasea, dan moluska juga diambil. Makanannya bisa beralih ke hampir setengah kepiting selama musim dingin di sepanjang pantai, dan burung ini juga bisa memakan anak burung air lainnya, terutama burung mandar hitam

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Setelah hidup berkelompok hingga berjumlah ratusan, burung ini berpindah ke pedalaman untuk berkembang biak. Sebagian besar populasi bertelur dari bulan Oktober hingga Januari, dan kemudian berkembang lebih jauh ke selatan. Pada populasi Peru yang terisolasi, bersarang terjadi pada bulan September & Oktober, dengan kemungkinan terjadinya sarang kedua pada bulan Januari atau Februari. Mereka cukup bersosialisasi ketika berkembang biak, kadang-kadang membentuk koloni. Tiga sampai lima telur (terkadang enam) diletakkan. Dua induk, atau mungkin lebih, dapat dibesarkan secara bersamaan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Podiceps major". 2016: e.T22696596A93573021. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22696596A93573021.en.