Titi pias

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Titi pias

Titi pias adalah berjalan, berlari, atau menyeimbangkan diri di sepanjang pita tenunan datar yang digantung dan dikencangkan di antara dua kait. Titi pias mirip dengan susur tali kendur dan susur tali kencang . Tali yang digunakan dalam titi pias berbeda dengan kawat kencang dan tali kencang dalam jenis bahan yang digunakan dan jumlah tegangan yang diterapkan selama penggunaan. Pita dalam permainan Titi pias mempunyai tegangan yang jauh lebih sedikit dibandingkan tali kencang atau kawat kencang untuk menciptakan pias dinamis yang akan meregang dan memantul seperti trampolin yang panjang dan sempit. Ketegangan dapat disesuaikan dengan pengguna, dan anyaman yang berbeda dapat digunakan dalam berbagai keadaan.

Jenis titi pias[sunting | sunting sumber]

Meniti pias di pantai

Titi pias kota (Urbanlining)[sunting | sunting sumber]

Titi pias kota atau titi kota menggabungkan semua gaya titi pias yang berbeda. Hal ini dilakukan di perkotaan, misalnya di taman kota dan di jalanan. Kebanyakan peniti pias perkotaan lebih menyukai lebar 2-inci (5 cm) garis untuk titian bebas di jalanan, namun ada juga yang menggunakan tali sempit (58 atau 1 inci, 1,6 atau 2,5 cm ) tali untuk keperluan perawaian atau untuk titi air.

Salah satu jenis titi kota adalah titi waktu, dimana seseorang mencoba untuk tetap berada pada tali titi pias selama mungkin tanpa terjatuh. Ini membutuhkan konsentrasi dan fokus kemauan yang luar biasa, dan merupakan pelatihan ketahanan yang bagus untuk otot-otot postural.

Titi pias tangkas (tricklining)[sunting | sunting sumber]

Titi pias tangkas atau titi tangkas telah menjadi bentuk titi pias yang paling umum karena pengencangannya yang tidak terlalu kendur. Titi pias tangkas sering kali dilakukan di dataran rendah tetapi juga bisa dilakukan di dataran tinggi. Banyak sekali trik yang dapat dilakukan secara online, dan karena olahraga ini cukup baru, terdapat banyak ruang untuk trik baru. Beberapa trik dasar yang dilakukan saat ini adalah berjalan, [1] berjalan mundur, berputar, menjatuhkan lutut, berlari dan melompat ke garis kendur untuk mulai berjalan, dan berjalan memantul. Beberapa trik tingkat menengah antara lain: Buddha duduk, duduk, berbaring, berlutut, selancar ke depan, selancar ke samping, dan lompat belokan, atau "180-an". Beberapa trik lanjutannya adalah: lompat, [2] tanaman pohon, lompat baris demi baris, 360an, pantulan pantat, dan pantulan dada. Dengan kemajuan dalam teknologi anyaman dan sistem tegangan, batasan yang dapat dilakukan pada tali titi pias terus didorong. Bukan hal yang aneh untuk melihat para pemain titi pias ahli menggabungkan lompat lenting dan gerak pelintiran ke dalam kombinasi trik titi pias.

Titi pias tinggi (Highlining)[sunting | sunting sumber]

Titi pias tinggi adalah titi pias pada ketinggian di atas tanah atau air. Banyak pemain titi pias yang menganggap titi pias tinggi sebagai "dewa" dari olahraga ini. Garis tinggi biasanya dipasang di lokasi yang telah atau masih digunakan untuk lintasan Tyrolean . Saat memasang tali , pemain yang berpengalaman mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa kait yang kokoh, berlebihan, dan seimbang digunakan untuk mengamankan tali pada posisinya. Pengikatan tali titi pias modern biasanya memerlukan pita anyaman jalur utama, anyaman cadangan, dan tali panjat atau tali polietilen dengan berat molekul sangat tinggi untuk redundansi. Namun, banyak tali titi pias yang dilengkapi dengan jalur utama dan cadangan saja, terutama jika tali titi pias tersebut bertegangan rendah (kurang dari 4.000 N (900 lbf) ), atau dilengkapi dengan anyaman berkualitas tinggi seperti Tipe 18 [3] atau MKII Spider Silk. [4] Merupakan hal yang umum untuk melapisi seluruh area tali-temali yang mungkin bersentuhan dengan permukaan yang bersifat abrasif. Untuk memastikan keamanan, sebagian besar pendaki gunung mengenakan tali pengaman pendakian atau sabuk swami dengan tali yang diikatkan pada tali titi pias itu sendiri. [5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Meskipun susur tali telah ada selama ribuan tahun, asal mula titi pias modern umumnya dikaitkan dengan seorang pemanjat tebing bernama Adam Grosowsky dari Illinois selatan pada tahun 1976 ketika ia berusia enam belas tahun. [6] Pada tahun 2012, penampilan titi pias oleh Andy Lewis ditampilkan sebagai bagian dari pertunjukan paruh waktu oleh Madonna. [7] Hal ini mendapat perhatian selama Olimpiade Rio 2016 ketika pemain titi pias Giovanna Petrucci tampil di pantai di Ipanema, menarik perhatian New York Times . [8]

Seorang pemain titi pias profesional dikreditkan karena memanjat menara lift ski di Colorado dan melintasi kabel untuk menyelamatkan seorang pria yang terjebak oleh lift ski pada Januari [9] .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "How To Walk a Slackline". Wikihow. 
  2. ^ "How to Slackline: Jump Line-to-Line". Wikihow. 
  3. ^ Type 18
  4. ^ MKII Spider Silk
  5. ^ "US slackline walker Dean Potter crosses China canyon". BBC News. 23 April 2012. 
  6. ^ Bryant, Adam (2006-09-08). "Above the Lawn, Walking the Line". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2023-05-12. 
  7. ^ Longman, Jeré (2012-02-06). "That Guy in the Toga? Call Him a Slackliner". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2020-07-16. 
  8. ^ ANNA JEAN KAISER (August 18, 2016). "This Rio Phenom Would Be a Lock for a Gold. If There Were One for Slacklining". New York Times. Diakses tanggal August 18, 2016. Petrucci is a world-champion slackliner ... front flips and back flips and falls flat on the five-centimeter-wide strap, her torso parallel to the ground. ...If slackline were an Olympic sport, Petrucci, 18, would be a lock for gold.... 
  9. ^ "Man dangling by neck from Colorado ski lift saved by professional slackliner". 5 January 2017.