Tishyaraksha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tishyaraksha
WangsaMaurya
PasanganAsoka

Tishyaraksha (meninggal skt. 238 SM) merupakan istri terakhir kaisar Maurya ketiga, Asoka. Menurut Asokavadana, ia bertanggung jawab atas pembutaan putra dan pewaris Asoka, Kunala.[1]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Dipercaya bahwa Tishyaraksha adalah pelayan kesayangan ratu kepala Asoka, Asandhimitra, dan setelah nyonyanya meninggal, ia pergi ke Pataliputra untuk menjadi seorang penari hebat dan menarik perhatian Asoka dengan tarian dan kecantikannya. Kemudian ia menjadi selirnya dan selama masa tua Asoka ia merawat kesehatannya juga.

Kunala[sunting | sunting sumber]

Hal ini juga diyakini bahwa karena perbedaan usia di antara dirinya dan Asoka, ia tertarik pada Kunala, putra Asoka yang religius dan cenderung terhadap Jainisme sejak dini. Kunala menganggap Tishyaraksha sebagai ibundanya karena posisinya di Kekaisaran Maurya saat itu. Setelah mendapat penolakan dari Kunala, Tishyaraksha menjadi sangat marah sehingga memutuskan untuk membutakannya. Hal ini diyakini bahwa mata Kunala menarik dan indah dan awalnya membuat Tishyaraksha jatuh cinta kepadanya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ John S. Strong (1989). The Legend of King Aśoka: A Study and Translation of the Aśokāvadāna. Motilal Banarsidass Publ. hlm. 18. ISBN 978-81-208-0616-0. Diakses tanggal 30 October 2012.