Timoteos dari Miletus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Timoteos dari Miletus (Yunani: Τιμόθεος ὁ Μιλήσιος; skt. 446 – 357 SM) merupakan seorang pemusik dan Penyair Yunani Kuno, seorang eksponen "musik baru." Ia menambahkan satu atau lebih senar ke lira, di mana ia menimbulkan ketidaksenangan orang-orang Sparta dan Athena (E. Curtius, Hist of Greece, bk. v. ch. 2). Ia menyusun karya-karya musikal dari karakter mitologis dan historis.

Ia menghabiskan beberapa tahun di istana Arkhelaos I dari Makedonia.

Fragmen puisi Timoteos selamat, diterbitkan di T. Bergk, Poetae lyrici graeci. Fragmen papirus dari orang Persianya (mungkin papirus Yunani tertua yang ada), yang ditemukan di Abusir telah diedit oleh U. von Wilamowitz-Mollendorff (1903), dengan diskusi tentang nome, meter, jumlah senar lira, tanggal penyair dan fragmen.[1]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ V. Strazzulla, Persiani di Eschilo ed il nomo di Timoteo (1904); S. Sudhaus in Rhein. Mus., iviii. (1903), p. 481; and T. Reinach and M. Croiset in Revue des etudes grecques, xvi. (1903), pp. 62, 323.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Public Domain Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Timotheus, of Miletus". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]