Tim nasional sepak bola Somaliland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Somaliland
Lencana kaos/Lambang Asosiasi
AsosiasiAsosiasi sepak Bola Somaliland
KonfederasiConIFA
PelatihOmar Abdillahi
KaptenAbdirahman Jama
Penampilan terbanyakAbdillahi Nur
Pencetak gol terbanyakAbdikanie Omar
Stadion kandangStadion Hargeisa
Peringkat Elo
Terkini 187 Penurunan 1 (19 Januari 2024)[1]
Warna pertama
Warna kedua
Pertandingan internasional pertama
 Somaliland 2–2 Sealand 
Kemenangan terbesar
 Somaliland 5–1 Tamil Eelam 
Kekalahan terbesar
 Somaliland 3–10 Tanah Székely 
Piala Sepak Bola Dunia ConIFA
Penampilan1 (Pertama kali pada 2016)

Tim nasional sepak bola Somaliland adalah tim sepak bola yang mewakili Somaliland, sebuah republik self-merdeka yang secara internasional diakui sebagai negara de facto. Meskipun Somaliland adalah negara de facto, negara tersebut tak menerima pengakuan de jure internasional. Somaliland bukanlah anggota FIFA dan CAF. Sebagai gantinya, tim tersebut menjadi anggota dari ConIFA, sebuah asosiasi yang didirikan pada 2014 yang terdiri dari tim-tim dari dependensi, negara tak diakui, minoritas, bangsa dan wilayah tak bernegara yang tak berafiliasi dengan FIFA.[2][3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asosiasi Sepak Bola Somalia saat ini menjalankan liga nasional yang terdiri dari 12 klub semi-profesional yang disponsori atau didukung oleh organisasi publik dan swasta. Asosiasi ini juga mengadakan beberapa turnamen sepak bola antar-regional dua tahunan, di mana sebanyak 13 wilayah berpartisipasi dalam babak grup yang diadakan di seluruh negeri, dengan 4 pemenang grup terakhir akan bertanding di semi-final yang berlokasi di ibukota Hargeisa.

Asosiasi Sepak Bola Somalia untuk pertama kalinya dalam keberadaan Somaliland mengambil bagian dalam turnamen internasional di piala dunia conifa 2016 yang diselenggarakan oleh Abkhazia.[4][5] Dalam turnamen tersebut, Somaliland tergabung dalam grup D bersama Panjab dan Sápmi. Dalam pertandingan itu Somaliland kalah di dua pertandingan dan melanjutkan untuk memainkan dua pertandingan lanjutan melawan sesama runner up, yaitu Kepulauan Chagos dan Székely Land. Somaliland kemudian finis di urutan ke-10 secara keseluruhan dalam kompetisi tersebut.[6]

Setelah konferensi tahunan ConIFA, Tim Sepak Bola Somaliland diundang untuk berkompetisi di Piala Dunia ConIFA 2016, di mana Somaliland hanya finis di urutan 10 dari 12 tim yang ikut berpartisipasi dalam ajang tersebut.

Association officials[sunting | sunting sumber]

Name Position
Somaliland Ilyas Mohamed President
Somaliland Guiled Adan Chief Operating Officer
Somaliland Idris Mohamed Sekretaris Umum
Somaliland National Football Team starting XI

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Peringkat Elo berubah dibandingkan dengan satu tahun yang lalu."World Football Elo Ratings". eloratings.net. 19 Januari 2024. Diakses tanggal 19 Januari 2024. 
  2. ^ "The Unrecognized - Roads & Kingdoms". roadsandkingdoms.com. 15 June 2016. Diakses tanggal 16 June 2017. 
  3. ^ "Somaliland | CONIFA". www.conifa.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-01-23. Diakses tanggal 2016-02-24. 
  4. ^ "At Outsiders' 'World Cup,' Somaliland Team Sees Way To Give Back". RadioFreeEurope/RadioLiberty. Diakses tanggal 16 June 2017. 
  5. ^ Pender, Kieran (3 June 2016). "'Listening to our anthem was really emotional': the World Cup for unrecognized states". Diakses tanggal 16 June 2017 – via The Guardian. 
  6. ^ "Rankings". conifa.org. Diakses tanggal 16 June 2017. 


Templat:Somaliland-stub