Lompat ke isi

Tikusan totol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tikusan totol
Porzana porzana

Call recorded in the UK
Rekaman
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22692676
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoGruiformes
FamiliRallidae
GenusPorzana
SpesiesPorzana porzana
(Linnaeus, 1766)
Tata nama
Sinonim taksonOrtygometra porzana (Linnaeus, 1766) Rallus porzana Linnaeus, 1766
ProtonimRallus porzana
Distribusi

Range of P. porzana

     Breeding      Passage      Non-breeding

EndemikNal Sarovar Bird Sanctuary

Tikusan tutul ( Porzana porzana ) adalah burung air kecil dari keluarga Rallidae . Nama ilmiahnya berasal dari istilah Venesia untuk tikusan kecil. [2]

Habitat perkembangbiakan burung tikusan totol adalah rawa-rawa dan rumput teki di Eropa beriklim sedang hingga Asia Barat. Mereka bersarang di lokasi kering di vegetasi rawa, bertelur 6–15 butir . Spesies ini bermigrasi, musim dingin di Afrika dan Pakistan .

Mereka dapat mencapai 19–225 cm (7,5–88,6 in) panjangnya, tikusan totol sedikit lebih kecil dari mandar air, yang mudah dibedakan dengan paruh lurus pendek, kuning dengan dasar merah. Tikusan totol dewasa memiliki sebagian besar bagian atas berwarna coklat dan dada biru keabu-abuan, dengan garis gelap dan bintik putih di bagian panggul. Mereka memiliki kaki berwarna hijau dengan jari-jari kaki yang panjang, dan ekor pendek yang di bawahnya terdapat warna kekuningan pucat.

Tikusan totol yang belum dewasa juga serupa, tetapi warna biru keabu-abuan digantikan oleh coklat. Anakan berbulu halus berwarna hitam, seperti semua mandar.

Tikusan totol mirip dengan tikusan amerika, pengembara langka dari Amerika Utara . Namun, spesies tersebut tidak memiliki bintik dada dan memiliki garis mahkota yang tidak bergaris.

Burung-burung ini menjelajah dengan paruhnya di lumpur atau perairan dangkal, juga mengambil makanan dengan melihatnya. Mereka terutama memakan serangga dan hewan air.

Tikusan totol sangat tertutup pada musim kawin, dan lebih sering terdengar daripada dilihat. Mereka kemudian menjadi burung yang berisik, dengan seruan hwuit, hwuit yang khas seperti whiplash yang berulang-ulang. Mereka lebih mudah dilihat saat migrasi.

Burung ini merupakan salah satu spesies yang termasuk dalam Perjanjian Konservasi Burung Air Migrasi Afrika-Eurasia ( AEWA ). Populasi Eropa Barat telah menurun dalam beberapa dekade terakhir, dan spesies ini sekarang menjadi burung yang sangat langka berkembang biak di Inggris Raya .

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Porzana porzana". 2016: e.T22692676A86160125. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22692676A86160125.en. 
  2. ^ Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 315. ISBN 978-1-4081-2501-4.