Lompat ke isi

Tiga Abdul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tiga Abdul adalah sebuah film Melayu yang diproduksi di Singapura, yang saat itu merupakan bagian dari Federasi Malaysia, pada tahun 1964.[1] Film Tiga Abdul diproduksi dalam format hitam putih tanpa warna. Film ini memiliki kesamaan dengan film Ali Baba Bujang Lapok yang bertemakan negara Arab. Film ini juga merupakan film terakhir di mana Salleh Kamil memerankan karakter jahat dalam film P. Ramlee di Singapura.

Film Tiga Abdul disutradarai oleh P. Ramlee dan mulai ditayangkan di bioskop pada 22 April 1964. Ini adalah film terakhirnya sebelum pindah ke Kuala Lumpur untuk bekerja di Studio Film Merdeka, Ulu Klang, Gombak, Selangor, Malaysia.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di sebuah negara bernama Isketambola, terdapat seorang hartawan yang sangat kaya bernama Ismet Ulam Raja. Dia mempunyai tiga orang anak lelaki yaitu Abdul Wahab, Abdul Wahib, dan Abdul Wahub.[2] Mereka bertiga selalu bertengkar karena Abdul Wahub, anak bungsu mereka, sering tidak sependapat dengan kedua kakaknya. Masing-masing dari mereka memiliki usaha sendiri, dengan Abdul Wahab memiliki Toko Burung, Abdul Wahib memiliki Toko Ukir, dan Abdul Wahub memiliki Toko Musik.

Pertengkaran mereka memuncak ketika mereka berada di kamar ayah mereka yang terserang penyakit jantung saat merayakan ulang tahunnya yang ke-71. Hal ini terjadi ketika Abdul Wahib bertanya kepada ayah mereka tentang siapa yang akan mewarisi harta ayah mereka. Didukung oleh Abdul Wahab, Abdul Wahib membuat Abdul Wahub marah dan kecewa karena tindakan mereka yang dianggap biadab terhadap ayah mereka. Mereka terus bertengkar hingga ayah mereka memarahi dan mengusir mereka, namun ayah mereka kembali terserang penyakit jantung dan akhirnya meninggal dunia.

Setelah ayah mereka meninggal, Abdul Wahab dan Abdul Wahib mulai bersikap tamak dengan memborong semua harta peninggalan. Sementara Abdul Wahub hanya diberikan rumah ayahnya. Abdul Wahub merasa bahwa cara kedua kakaknya membagi harta tidak adil dan hanya menguntungkan mereka. Kakak-kakaknya memberi alasan bahwa Abdul Wahub memaksa ayah mereka untuk pindah ke rumah sakit untuk perawatan. Karena kebencian Abdul Wahub terhadap keserakahan kakaknya, dia memutuskan hubungan dengan mereka. Abdul Wahab mengancam akan memberhentikan pelayan rumah ayahnya jika Abdul Wahub tidak mau tinggal di rumah itu. Namun, Abdul Wahub mengizinkan pelayan itu untuk tinggal dan berjanji akan kembali dengan kemenangan. Kakak-kakaknya puas dengan tindakan mereka karena mengetahui bahwa Abdul Wahub tidak dapat menuntut mereka ke pengadilan karena ayah mereka tidak pernah menulis surat atau wasiat.

Sementara itu, Sadiq Segaraga, seorang pedagang barang antik, setelah dinasihati oleh Penasihat Kassim Patalon, mengetahui bahwa harta Ismet Ulam Raja telah diwariskan kepada anak-anaknya. Dia berencana untuk memborong semua harta tersebut untuk menyelamatkan usahanya yang semakin hari semakin merosot. Sadiq Segaraga kemudian mengarahkan tiga anak perempuannya, Hamidah, Rafidah, dan Ghasidah, untuk memikat ketiga putra Ismet Ulam Raja.

Hamidah, Rafidah, dan Ghasidah mulai merencanakan memikat Abdul Wahab, Abdul Wahib, dan Abdul Wahub. Namun, hanya Abdul Wahub yang tidak terjerat dalam rencana Sadiq Segaraga karena dia menyadari niat jahatnya. Abdul Wahab dan Abdul Wahib segera bertemu dengan Sadiq Segaraga untuk menyatakan keinginan mereka memperistri Hamidah dan Rafidah tanpa menyadari niat sebenarnya. Sadiq Segaraga memberikan satu syarat: mereka tidak boleh marah, karena jika marah, mereka akan dijual sebagai budak dan semua harta mereka akan dirampas. Meskipun syaratnya berat, Abdul Wahab dan Abdul Wahib tetap ingin menikahi Hamidah dan Rafidah. Setelah pernikahan, Sadiq Segaraga mulai membuat Abdul Wahab dan Abdul Wahib marah, berhasil, dan mereka dijual serta harta mereka dirampas.

Sementara itu, Abdul Wahub merasa miskin karena tindakan kakak-kakaknya. Suatu malam dia bermimpi bertemu dengan ayahnya, Ismet Ulam Raja, yang mengatakan bahwa dia harus menyelamatkan kakaknya dengan syarat dia harus menikahi Ghasidah. Ayahnya juga berpesan agar menemui seseorang bernama Sulaiman Akhlaken. Keesokan harinya, Abdul Wahub menemui Sulaiman Akhlaken, seorang pengacara yang mengurus seluruh harta keluarga mereka. Di situ Abdul Wahub mengetahui bahwa ayahnya telah mewariskan sejumlah harta di luar negeri yang lebih banyak daripada yang diwariskan kepada kakaknya.

Dengan harta tersebut, Abdul Wahub menemui Sadiq Segaraga untuk menyatakan keinginannya menikahi Ghasidah, tetapi awalnya ditolak karena dianggap sudah miskin. Abdul Wahub kemudian menunjukkan bukti kekayaannya. Sadiq Segaraga yang terkejut akhirnya setuju dengan syarat yang sama. Namun, Abdul Wahub juga mengenakan syarat pada Sadiq Segaraga. Penasihat menyarankan agar Sadiq Segaraga setuju karena dia menganggap Abdul Wahub mudah dikalahkan. Akhirnya Sadiq Segaraga setuju, dan pernikahan Abdul Wahub dan Ghasidah pun berlangsung.

Sadiq Segaraga mulai merencanakan membuat Abdul Wahub marah, namun gagal. Setelah menyadari rencananya, Abdul Wahub mulai membalas dengan membuat ayah mertuanya marah, dan akhirnya Sadiq Segaraga dijual bersama Hamidah, Rafidah, dan Kassim Patalon.

Setelah itu, Abdul Wahub mencari keberadaan Abdul Wahab dan Abdul Wahib. Dia menemui Hussein Lempoyang, seorang pedagang unta yang telah membeli kakaknya. Abdul Wahub membeli kakaknya kembali. Abdul Wahab dan Abdul Wahib terkejut mengetahui bahwa Abdul Wahub memiliki lebih banyak harta daripada mereka sebelumnya. Abdul Wahub juga membeli kembali Sadiq Segaraga, Hamidah, dan Rafidah. Abdul Wahub kemudian berbaik dengan kakaknya. Dia juga meminta maaf kepada ayah mertuanya karena tindakannya hanya untuk menyadarkan Sadiq Segaraga agar tidak tamak. Dengan kebijaksanaan Abdul Wahub, dia membagi harta peninggalan ayahnya secara adil di antara saudara-saudaranya dan ayah mertuanya sebagai penghormatan.

Sejak itu, ketiga bersaudara tersebut hidup bersama dengan damai dan tidak lagi bertengkar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Salahudin, Muhammad Azha (2021-03-17). "ULASAN | Ciri kepimpinan dalam filem Tiga Abdul". Malaysiakini. hlm. ms. 
  2. ^ "Rahsia Filem Tiga Abdul, Padat Mesej Tersirat Dan Pengajaran". Siakap Keli (dalam bahasa Melayu). 2019-01-15.