Thomas Pereira

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangThomas Pereira

Biografi
Kelahiran1r November 1645
Vila Nova de Famalicão
Kematian24 Desember 1708 (63 tahun)
dinasti Qing
Tempat pemakamanZhalan Cemetery Galat: Kedua parameter tahun harus terisi!
Data pribadi
AgamaKatolik
Kegiatan
Pekerjaanastronom, pemusik, diplomat, matematikawan, Misionaris
Ordo keagamaanSerikat Yesus
6 September 1689Traktat Nerchinsk

IMSLP: Category:Pereira,_Tomás

Thomas Pereira atau Tomás Pereira (1 November 1645 – 1708), yang juga dikenal sebagai Tomé Pereira, adalah seorang Yesuit Portugal, matematikawan, dan ilmuwan yang bekerja sebagai misionaris di Tiongkok pada zaman Dinasti Qing

Pereira lahir di Vila Nova de Famalicão. Ia tiba di Tiongkok pada tahun 1672 dan pertama kali tinggal di koloni Portugal di Macau, di mana ia terdaftar di University College of St. Paul. Pereira kemudian dikirim ke Beijing untuk bekerja di istana Kaisar Kangxi, di mana ia tinggal sepanjang sebagian besar karirnya. Pada tahun 1689, Kaisar Kangxi mengirim Pereira dan rekannya Jean-François Gerbillon untuk menjadi penterjemah dalam negosiasi antara Dinasti Qing dan Kekaisaran Rusia di Nerchinsk, yang akhirnya menghasilkan Perjanjian Nerchinsk.

Antara tahun 1688 dan 1694, Pereira dan Antoine Thomas menjadi direktur tidak resmi observatorium kekaisaran di Beijing karena direktur sebenarnya tidak berada di Tiongkok pada waktu itu.

Ia dimakamkan di Pemakaman Yesuit Zhalan di Beijing.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Joseph Schobert Sebes, The Treaty of Nerchinsk (Nipchu) 1689. A Case Study of the Initial Period of Sino-Russian Diplomatic Relations Based on the Unpublished Diary of Father Thomas Pereyra of the Society of Jesus. (1957-8)