Lompat ke isi

Thomas Hart Benton (pelukis)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Thomas Hart Benton adalah seorang pelukis asal Amerika. Dia adalah tokoh pergerakan "regionalist" Amerika yang populer pada tahun 1930. Dia adalah tokoh yang paling vokal dalam pergerakan, Grant Wood dan John Steuart Curry juga masuk di dalam pergerakan itu. Pada tahun 1931 dia menyatakan bahwa tidak ada seni Amerika yang bisa datang ke orang yang tidak hidup di Amerika, atau kepada orang yang tidak memiliki jiwa Amerika juga kepada mereka yang tidak menemukan keadilan dalam hidupnya di Amerika. Objek dari karyanya yang paling dikenal adalah pendaki gunung Amerika, petani, pemetik kapas Negro, dan karakter lain dari kota kecil dan daerah pinggiran bagian selatan. Namun, karyanya tidak selalu bertema alam, Seni Benton juga menunjukkan ketertarikan pada hal yang fantastik dan juga pada kaligrafi.[1]

Benton lahir di Neosho, 15 April 1889, anak dari anggota kongres Amerika Maecenas E. Benton dan cucu keponakan dari Senator Thomas Hart Benton. Dia belajar di Institut Seni Chicago tahun 1906-1907 dan di Paris tahun 1908-1911. Di Paris dia terdaftar di Akademi Julian, dan menjadi teman dari Stanton Macdonald-Wright, yang kemudian mengembangkan sinkronisme, gaya abstrak modern.

Benton kembali ke Amerika pada tahun 1912 dan tinggal di kota New York. Pada Exhibition Forum pada tahun 1916 dia membuat pameran " Figure Organization No.3", sebuah kompromi antara modernisme yang dia pelajari di Paris dan sebuah ketegangan realistis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ensyclopedia Americana volume III. New York: America corporation. 1968. hlm. 563.