This Week (ABC)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
This Week with George Stephanopoulos
Format program berita
Pembuat Roone Arledge
Pemeran George Stephanopoulos (panelis: 1997-2002, pembawa acara; 2002-sekarang)
Sam Donaldson (pembawa acara: 1996-2002, panelis: 1981-1996, 2002-sekarang)
Cokie Roberts (pembawa acara: 1996-2002; panelis 1988-1996, 2002-sekarang)
George Will (panelis 1981-sekarang)
David Brinkley (pembawa acara 1981-1996)
Negara  Amerika Serikat
Jumlah episode -
Produksi
Lokasi Newseum (2008-sekarang)
Washington, D.C.
Durasi 1 jam
Siaran
Saluran asli ABC
Periode siaran 1981 (sebagai This Week with David Brinkley)–sekarang

This Week adalah program debat politik di jaringan televisi ABC, Amerika Serikat. Acara ditayangkan setiap Minggu pagi, pukul 09.00-10.00 Waktu Timur. Sejak tahun 2002, pembawa acara adalah Koresponden Kepala ABC News Washington, George Stephanopoulos.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gelar wicara Sabtu pagi ABC diluncurkan tahun 1960 dengan nama Issues and Answers. Setelah mantan pembawa berita NBC, David Brinkley bergabung dengan ABC pada tahun 1981, Issues and Answers diluncurkan kembali sebagai This Week. Nama pembawa acara ditambahkan di belakang nama acara, This Week with David Brinkley. Setelah Brinkley pensiun pada tahun 1996, acara dibawakan oleh Sam Donaldson dan Cokie Roberts. George Stephanopoulos diangkat sebagai pembawa acara pada tahun 2002.

Format[sunting | sunting sumber]

Acara ini menampilkan segmen diskusi meja bundar yang disebut The Roundtable. Diskusi ini mengundang tamu untuk membicarakan isu terkini dalam seminggu, ditemani analis politik seperti George Will sebagai panelis dan koresponden ABC News, Sam Donaldson dan Cokie Roberts. Sejak This Week dibawakan oleh Brinkley, George Will sudah menjadi panelis, dan kadang-kadang membawakan laporan singkat dan ulasan berita.

Segmen lainnya adalah The List yang menampilan "pendapat" dari tokoh pembuat berita, dan Sunday Funnies yang mengambil cuplikan dari acara lawak larut malam di televisi. Segmen In Memoriam berisi berita meninggalnya tokoh-tokoh penting di bidang politik, bisnis, dan budaya, serta prajurit yang gugur dalam perang.

Sejak 20 April 2008, pengambilan gambar This Week dilakukan di Newseum di Washington D.C.. Dari jendela studio di Newseum bisa dilihat pemandangan Gedung Capitol. Sejak edisi 20 April 2008, This Week mulai ditayangkan dalam format definisi tinggi, dan sekaligus menjadi gelar wicara Minggu pagi pertama yang ditayangkan dalam format definisi tinggi di Amerika Serikat.[1]

Penayangan di luar Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Di luar Amerika Serikat, program berita ABC News bisa disaksikan pemirsa di Eropa dan Timur Tengah lewat jaringan berita Orbit News. Di Australia, ABC News bekerja sama dengan Sky News Australia, di Jepang dengan NHK, dan di Selandia Baru dengan TVNZ 7 di Television New Zealand.

Moderator[sunting | sunting sumber]

Panelis tetap[sunting | sunting sumber]

Kecuali panelis tetap George Will, diskusi The Roundtable dilakukan bersama 3-4 orang panelis reguler yang tampil secara bergiliran setiap minggunya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]