Roone Arledge

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Roone Arledge
Roone Arledge 1978.jpg
1978 Press Photo
Lahir8 Juli 1931
Forest Hills, Queens, New York City, Amerika Serikat
Meninggal5 Desember 2002(2002-12-05) (umur 71)
New York City, Amerika Serikat
PekerjaanDirektur ABC News
Tahun aktif1977-1998

Roone Arledge (lahir di Forest Hills, Queens, 8 Juli 1931 – meninggal di New York City, 5 Desember 2002 pada umur 71 tahun) adalah direktur divisi pemberitaan ABC Amerika Serikat dari tahun 1977 hingga 1998. Ia dikenal sebagai perintis tayangan olahraga di televisi AS lewat acara Wide World of Sports. Setelah diangkat sebagai direktur ABC News, ia berjasa mengembangkan divisi pemberitaan ABC hingga bisa bersaing dengan NBC dan CBS.

Karier[sunting | sunting sumber]

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Arledge dilahirkan sebagai Roone Pinckney Arledge Jr.. Ayahnya adalah pengacara perusahaan asuransi dari North Carolina yang pindah ke Long Island, New York.[1] Di Sekolah Menengah Atas Wellington C. Mepham, ia bergabung dengan tim gulat dan bisbol sekolah. Di Universitas Columbia, ia mengambil jurusan liberal arts, dan menjadi ketua Cabang Omega fraternitas Phi Gamma Delta. Beberapa di antara rekan kuliah Arledge sukses di bidang jurnalisme. Max Frankel menjadi redaktur halaman editorial di New York Times dan menerima Penghargaan Pulitzer pada tahun 1973. Larry Grossman menjabat direktur PBS pada tahun 1976 sebelum diangkat sebagai direktur NBC News. Richard Wald menjabat direktur NBC News sebelum menjadi wakil direktur ABC News.

Arledge kuliah di Universitas Columbia dari tahun 1948 hingga 1952, namun secara resmi lulus baru pada tahun 1954.[1] Arledge juga sempat kuliah di Sekolah Pascasarjana Hubungan Internasional Universitas Columbia spesialisasi Timur Dekat dan Timur Tengah namun tidak tamat.[1] Karier di bidang penyiaran dimulainya di DuMont Television Network pada tahun 1952 sebagai asisten Wakil Direktur Pemrograman dan Produksi. Arledge ikut wajib militer pada bulan Maret 1953 dan menjadi anggota Angkatan Darat Amerika Serikat hingga tahun 1955.[2]

Pada tahun 1954, kenalan sewaktu bekerja di DuMont memberinya pekerjaan di stasiun televisi WRCA (nantinya disebut WNBC) yang berafiliasi dengan NBC. Sebagai manajer panggung, salah satu tugasnya adalah membantu produksi acara boneka anak-anak yang dibawakan oleh Shari Lewis. Pada tahun 1958, acara tersebut memenangi Penghargaan Emmy.

Sebagai usaha meyakinkan atasan di WRCA bahwa dirinya mampu membuat acara baru, Arledge menciptakan sampel episode dari acara yang disebutnya For Men Only. Acara tersebut berisi topik-topik khusus pria yang diiringi musik jazz.[1] Penyiar prakiraan cuaca Pat Hernon dijadikannya sebagai pembawa acara. Sampel episode yang dibuatnya ternyata tidak bisa ditayangkan karena WRCA tidak memiliki slot waktu yang sesuai. Hernon menawarkan acara tersebut kepada kenalannya di bidang penyiaran di New York City. Salah seorang di antara kenalannya adalah Edgar J. Scherick yang menjadi direktur ABC Sports.

Scherick bergabung jaringan televisi ABC setelah perusahaan Sports Programs, Inc yang didirikannya dibeli oleh ABC. Sports Programs didirikan Scherick setelah mengundurkan diri dari CBS Sports. Alasannya, CBS tidak memilih dirinya memilih sebagai kepala divisi olahraga, melainkan William C. McPhail yang mantan agen hubungan masyarakat tim bisbol. Sebelum ABC Sports dijadikan divisi resmi ABC, Scherick dan kepala bagian acara ABC Tom Moore berhasil mendapatkan kontrak penayangan pertandingan olahraga dari berbagai pihak.

Asisten produser[sunting | sunting sumber]

Acara For Men Only sama sekali tidak dibutuhkan Scherick yang hanya tertarik dengan bakat Arledge. Posisi asisten produser yang ditawarkan Scherick diterima oleh Arledge pada tahun 1960. Beberapa bulan sebelum ABC menayangkan pertandingan sepak bola Amerika tingkat perguruan tinggi NCAA, Arledge mengirimkan memo kepada Scherick. Dalam memo tersebut, ia mengemukakan konsep baru dalam tayangan olahraga, di antaranya berbagai teknik kamera seperti gerak lamban dan saji ulang dadakan. Konsep Arledge nantinya menjadi standar tayangan olahraga di televisi. Konsep Arledge terwujud ketika ABC menayangkan pertandingan sepak bola Amerika NCAA dari Birmingham, Alabama, 17 September 1960.

Setelah sukses dengan tayangan sepak bola Amerika NCAA, Scherick ingin membuat tayangan olahraga yang bisa dibuat dengan biaya rendah. Pilihannya jatuh pada pertandingan atletik yang disponsori Persatuan Atletik Amatir (AAU). Scherick tahu orang Amerika bukan penggemar pertandingan atletik, tapi paling tidak mengerti peraturannya. Arledge dimintanya untuk mengikuti rapat dewan AAU. Arledge berhasil mendapat kontrak untuk menyiarkan semua pertandingan AAU dengan biaya AS$50.000 per tahun.

Liputan berbagai cabang olahraga Wide World of Sports mulai mengudara April 1961 dengan Arledge sebagai produser. Setelah adanya Wide World of Sports, ABC bisa bersaing dengan liputan olahraga dari NBC dan CBS. Jabatan direktur ABC Sports secara formal baru diperoleh Arledge pada tahun 1968, walaupun Scherick sudah diangkat sebagai wakil direktur pemrograman ABC pada tahun 1964. Selama menjabat direktur ABC Sports, Arledge memproduksi 10 liputan Olimpiade[3], dan menciptakan acara waktu utama Monday Night Football yang menjadi program unggulan ABC hingga kini.

Direktur ABC News[sunting | sunting sumber]

Pada 1 Juni 1977, Arledge dipromosikan sebagai direktur ABC News merangkap direktur ABC Sports. Pengangkatannya sebagai direktur ABC News mengejutkan banyak pihak.[2] Satu-satunya pengalaman Arledge dalam soal berita adalah liputan pembunuhan atlet Israel di kompleks atlet Olimpiade München 1972.

Pada waktu itu rating pemirsa ABC News sangat rendah dibandingkan dua jaringan televisi lainnya. Pasangan Barbara Walters dan Harry Reasoner ternyata tidak cocok dalam membawakan program berita petang. Padahal tahun sebelumnya, ABC sudah mengeluarkan AS$1 juta agar Walters mau keluar dari acara pagi Today Show. Acara pertama yang diciptakan Arledge di ABC News adalah 20/20 yang mulai mengudara pada tahun 1978. Episode awal 20/20 ternyata tidak cukup bagus. Arledge lalu menugaskan Hugh Downs dari Good Morning America sebagai pembawa acara. Setelah itu, Arledge mengubah format program berita petang ABC dengan telop-telop mencolok seperti yang pernah dilakukannya pada Wide World of Sports.

Program berita petang ABC diluncurkannya kembali dengan nama World News Tonight. Program berita ini tidak saja unik karena memakai tiga orang pembawa berita, setiap pembawa berita melaporkan dari tiga kota yang berbeda-beda. Frank Reynolds yang menjabat jangkar utama melaporkan dari Washington D.C., Max Robinson dari Chicago, dan Peter Jennings dari London. Pada tahun 1979, ABC News memulai edisi akhir pekan World News Tonight. Setelah Reynolds meninggal dunia pada tahun 1983 akibat kanker tulang dan Robinson keluar, Jennings ditugaskan sebagai pembawa berita tunggal sejak 5 September 1983.

Ketika terjadi Krisis Sandera Iran pada tahun 1979, Frank Reynolds membawakan seri liputan khusus America Held Hostage yang mengudara mulai 4 November 1979. Beberapa malam berikutnya, Ted Koppel yang menjabat koresponden diplomatik ABC untuk Departemen Luar Negeri AS mengambil alih posisi Frank Reynolds. Liputan khusus tersebut diluncurkan kembali sebagai Nightline yang mengudara pertama kali pada 24 Maret 1980.

Pada tahun 1981, Arledge merekrut David Brinkley dari NBC. Acara minggu pagi This Week diciptakan Arledge untuk dibawakan Brinkley. Program berita terakhir yang diciptakan Arledge selama di ABC News adalah Primetime Live yang dibawakan Sam Donaldson and Diane Sawyer ketika mulai ditayangkan pada tahun 1989.

Pada tahun 1986, Arledge mengundurkan diri dari jabatannya sebagai direktur ABC Sports. Pada tahun 1997, ia memberikan jabatan direktur ABC News kepada David Westin sementara dirinya menjadi ketua dewan direktur. Arledge pensiun dari ABC News pada tahun 1998, dan meninggal dunia empat tahun berikutnya, 5 Desember 2002. Roone Arledge meninggal dunia dalam usia 71 tahun akibat kanker prostat. Makamnya berada di Pemakaman Southampton.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Sewaktu menjadi tentara, Arledge menikah dengan Joan Dorothy Heise dan memperoleh 3 anak perempuan, Patricia Lu, Elizabeth Ann, dan Susan Lee, serta seorang anak laki-laki bernama Roone Pinckney Jr..[1] Elizabeth Ann menjadi produser PBS di Boston, sementara Patricia menjadi produser Dateline NBC.[3]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Arledge dipilih oleh Life magazine sebagai salah seorang dari 100 Tokoh Terpenting di Amerika Abad ke-20.[2] Sports Illustrated menempatkannya dalam peringkat ke-3 dalam daftar 40 tokoh yang berjasa menaikkan pamor olahraga dalam empat dekade terakhir.[2]

Sepanjang kariernya, Arledge mengumpulkan 37 buah Penghargaan Emmy termasuk penghargaan untuk pencapaian seumur hidup. Ia memenangi 4 Penghargaan Peabody untuk liputan pembunuhan atlet Israel di kompleks atlet Olimpiade München 1972.

Pada tahun 1990, namanya diabadikan dalam museum Television Academy Hall of Fame. Pada tahun 2001, museum Pro Football Hall of Fame memberi Penghargaan Radio-Televisi Pete Rozelle Radio kepada Arledge secara anumerta. Pada tahun 2007, The Walt Disney Company yang memiliki ABC Network memberikan Penghargaan Legenda Disney kepada Arledge berkat jasa-jasanya bagi ABC News dan ABC Sports (sekarang ESPN on ABC).[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e "Roone Arledge papers, 1953-2002". Columbia University Libraries. Diakses tanggal 24 Oktober 2008. 
  2. ^ a b c d e "Roone Arledge (Television)". Disney Legends. Diakses tanggal 24 Oktober 2008. 
  3. ^ a b "Television Pioneer Roone Arledge '52". Columbia College Today. Diakses tanggal 24 Oktober 2008. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Arledge, Roone. Roone. New York: Harper-Collins Publishers Inc., 2003.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]