Thibaut III, Comte Blois

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Thibaut III, Pangeran Blois
Lambang asli provinsi Blois
PasanganGersende dari Maine
Gundrada
Adèle dari Valois
BapakEudes II, Pangeran Blois
IbuErmengarde dari Auvergne
Lahir1012
Meninggal1089

Thibaut III dari Blois (1012–1089) merupakan seorang Pangeran Blois, Meaux dan Troyes. Ia adalah putra Eudes II, Pangeran Blois dan Ermengarde dan Auvergne.

Thibaut mewarisi diantaranya provinsi-provinsi Blois, Tours, Chartres. Châteaudun dan Sancerre, dan juga di Champagne: Château-Thierry, Provins dan St. Florentin. Saudaranya Étienne mewarisi provinsi-provinsi Meaux, Troyes dan Vitry-le-François.

Thibaut berkomplot melawan raja Prancis Henri I, dipukuli pada tahun 1044 dan harus menyerahkan provinsi Tours untuk menebus kebebasannya. Sejak saat itu pusat kekuatan Wangsa Blois pindah ke Champagne. Thibaut menemukan cara untuk mendekati istana kerajaan kembali dan mendapatkan pengaruh. Ia mendapatkan gelar Pangeran Palatium, yang sebelumnya digunakan ayahandanya. Ia menggunakan pengaruh tersebut untuk mengendalikan harta saudaranya di Champagne yang diwariskan kepada keponakannya yang masih dibawah umur Eudes, Pangeran Champagne. Eudes kemudian bergabung dengan tentara Guillaume sang Penakluk, bergabung di dalam Pertempuran Hastings, menikahi saudari Guillaume dan menjadi Pangeran Aumale.

Thibaut memiliki kekuasaan yang cukup besar yang meningkat ketika ia menikahi putri Raoul de Valois. Dari tahun 1074 keatas, ia menyerahkan putranya Étienne Henri untuk mengendalikan Blois, Châteaudun dan Chartres.

Keluarga dan Keturunan[sunting | sunting sumber]

Istri pertama Thibaut Gersende dari Maine, putri Herbert I, Pangeran Maine, memberinya seorang anak:

  1. Étienne Henri.

Istri ketiganya Alix de Crepy (Adela) atau Adèle dari Valois [lihat Catatan], putri Raoul II dari Valois dan Adélaide dari Bar sur Aube, memberinya tiga orang anak:

  1. Philippe, yang menjadi Uskup Agung Châlons-sur-Marne
  2. Eudes, yang mewarisi wilayah Champagne (Troyes). Ia wafat tahun 1093, meninggalkan warisannya kepada saudaranya Hugues.
  3. Hugues, menjadi yang pertama disebut Pangeran Champagne.
Didahului oleh:
Eudes III
Pangeran Troyes
1066–1089
Diteruskan oleh:
Eudes IV
Pangeran Meaux
1066–1089
Diteruskan oleh:
Étienne Henri
Didahului oleh:
Eudes II
Pangeran Blois
1037–1089