Wangsa Blois

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wangsa Blois
Wangsa Champagne
Lambang Wangsa Blois
Negara Prancis
Navarra
 Inggris
Kelompok etnisPrancis
Didirikan906
PendiriThibaut Tua, Vicomte Blois
Penguasa terakhirJeanne I dari Navarra
Gelar
EstatBlois, Champagne, Navarra, Inggris, Sancerre, Boulogne, Aumale
Pembubaran1305
Cabang kadet
  • Wangsa Champagne
  • Wangsa Sancerre

Wangsa Blois (bahasa Prancis: [blwa]) merupakan sebuah dinasti kerajaan yang berasal dari kaum bangsawan Franka. Anggota utama dari dinasti ini adalah para comte Blois, Chartres, Châteaudun, Troyes, Meaux, Champagne, adipati Bretagne[1] dan adipati Normandie, raja Navarra, seorang raja Yerusalem, seorang raja Inggris serta para comte Aumale dan Boulogne.[2] Wangsa tersebut didirikan pada abad ke-10 dan merupakan salah satu wangsa yang paling berkuasa pada abad pertengahan. Para anggota dari wangsa ini mengendalikan kadipaten Blois dan Champagne, serta Keuskupan Agung Bourges dan menguasai domain kerajaan Kapetia, sebelum mendapatkan mahkota Navarra. Cabang yang lebih tua secara resmi berakhir pada tahun 1305, dengan kematian ratu Prancis, Jeanne dari Navarra.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thibaud sang Penipu adalah wali penguasa Bretagne untuk keponakannya, Drogon. Charles dari Blois/Châtillon adalah adipati Bretagne tituler, lihat Perang Penerus Bretagne
  2. ^ Jean Goubet, Thierry Le Hete, les comtes de Blois et de Champagne et leur descendance agnatique, généalogie et histoire d'une dynastie féodale, Généalogie et Histoire, 2004, p. 115.