The Unbearable Lightness of Being

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Unbearable Lightness of Being
The Unbearable Lightness of Being.jpg
Sampul edisi Indonesia
PengarangMilan Kundera
Judul asliNesnesitelná lehkost bytí
NegaraPrancis
BahasaCeko
GenreFiksi filosofis, Realisme magis
PenerbitGallimard (Prancis)
68 Publishers (Ceko)
Harper & Row (US)
Faber & Faber (UK)
Tanggal terbit
1984 (Terjemahan bahasa Prancis)
1985 (bahasa Ceko asli)
Tgl. terbit (bhs. Inggris)
1984
Jenis mediaPrint (Hardcover)
Halaman393 (edisi pertama bahasa Prancis)

The Unbearable Lightness of Being (bahasa Ceska: Nesnesitelná lehkost bytí) adalah sebuah novel filosofis karya Milan Kundera yang diterbitkan tahun 1984, bercerita tentang dua wanita, dua pria, seekor anjing dan kehidupan mereka di tahun 1968 saat berlangsungnya Musim Semi Praha dalam sejarah Cekoslovakia. Meskipun ditulis pada tahun 1982, novel tersebut tidak diterbitkan sampai dua tahun kemudian, dalam terjemahan bahasa Prancis (dengan judul L'insoutenable légèreté de l'être). Teks asli Bahasa Ceko diterbitkan pada tahun berikutnya. Dan juga diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dari Ceko oleh Michael Henry Heim dan diterbitkan dalam edisi 19 Maret 1984 oleh The New Yorker masuk dalam kategori "Fiksi".[1]

Premis[sunting | sunting sumber]

The Unbearable Lightness of Being berlatar di Praha pada akhir 1960-an hinggal awal 1970-an. Novel ini mengeksplorasi kehidupan artistik dan intelektual masyarakat Ceko pada kejadian Musim Semi Praha tahun 1968 hingga invasi Cekoslowakia oleh Uni Soviet dan tiga negara Pakta Warsawa lainnya dan akibatnya melalui kehidupan dua negara yang terpisah pasangan orang dan orang-orang di sekitarnya.

Film[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1988, sebuah film adaptasi novel buatan Amerika dirilis yang dibintangi oleh Daniel Day-Lewis, Lena Olin dan Juliette Binoche dan disutradarai oleh Philip Kaufman. Dalam sebuah catatan untuk buku edisi Ceko, Kundera menyatakan bahwa film tersebut tidak ada hubungannya dengan semangat novel atau karakter di dalamnya.[2] Dalam catatan yang sama, Kundera melanjutkan dengan mengatakan bahwa setelah pengalaman ini dia tidak lagi mengizinkan adaptasi film dari karyanya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""The Unbearable Lightness of Being"". The New Yorker (dalam bahasa Inggris). 1984-03-12. Diakses tanggal 2022-08-14. 
  2. ^ "Nesnesitelnálehkost bytí", "Poznámka Autora", p. 341, dated 2006 France, published by Atlantis.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]