The Soul Stirrers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Soul Stirrers
AsalTrinity, Texas, United States
GenreGospel
Tahun aktif1926–1960s
AnggotaWillie Rogers
Ben Odom
Gene Stewart
Michael Grady Jr.
Mantan anggotaSam Cooke
Paul Foster
Jesse J. Farley
Johnnie Taylor
Jimmy Outler
John Rawls
Martin Jacox
Thomas Breuster
Jackie Banks
Roy Crain
R.H. Harris
Bob King
Julius Cheeks
James Phelps
Arthur Crume
Leroy Crume
Dillard Crume
Rufus Crume
Late James Davis
James Hardy
Frank Davis
Calvin Henderson
Luther Gamble
Eddie Huffman
Justin Morris
Earnest Smith
Jackie Heard
Glenn Darden
Gary Blackshear
Sonny Mitchell

The Soul Stirrers adalah grup musik gospel Amerika, yang karirnya berlangsung selama lebih dari delapan puluh tahun. [1] Grup ini adalah pionir dalam pengembangan gaya kuartet Injil, dan pengaruh besar pada Soul, Doo wop, dan suara Motown, beberapa musik sekuler yang banyak dipengaruhi Injil.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Grup ini dibentuk oleh (Silas) Roy Crain, meluncurkan kuartet pertamanya yang bernyanyi dengan gaya Yobel, pada tahun 1926 di Trinity, Texas, Amerika Serikat. [1] Pada awal tahun 1930-an, setelah Crain pindah ke Houston, dia bergabung dengan grup yang sudah ada dengan syarat grup tersebut mengubah namanya menjadi The Soul Stirrers : nama ini diambil dari deskripsi salah satu kuartet Roy Crain sebelumnya sebagai "yang menggetarkan jiwa". Di antara anggota grup itu ada RH (Rebert) Harris, yang segera menjadi pemimpin musiknya. [1] The Soul Stirrers, dibentuk sebagai kuartet Yobel, mengubah suara mereka, dipengaruhi oleh penyanyi hard gospel seperti Mahalia Jackson dan Sister Rosetta Tharpe .

Rebert Harris, juga dari Trinity, Texas, membawa beberapa perubahan pada The Soul Stirrers yang mempengaruhi nyanyian kuartet gospel secara umum. Dia menggunakan gaya falsetto yang ada sebelumnya dalam musik Afrika, tetapi merupakan gaya baru dalam gaya nyanyian Yobel yang populer pada saat itu. Dia memelopori "swing lead", di mana dua penyanyi akan berbagi tugas memimpin lagu, memungkinkan penyanyi virtuoso untuk meningkatkan intensitas emosional dari lagu tersebut saat lead lewat di antara mereka tanpa mengganggu harmoni empat bagian. [1] Inovasi itu membuat The Soul Stirrers, saat masih disebut kuartet, memperoleh lima anggota.

The Soul Stirrers membuat perubahan penting lainnya pada tahun-tahun itu: lirik ad-libbing, nyanyian dalam waktu tunda, dan pengulangan kata-kata di latar belakang sebagai dukungan ritmis dan emosional bagi penyanyi utama. The Soul Stirrers bersama dengan pemain kuartet lainnya, menghilangkan gaya kuartet Yobel "kaki datar" di hadapan mereka dan memperluas repertoar mereka dari himne spiritual dan tradisional ke komposisi Injil yang lebih baru. Grup ini juga melonggarkan pengaturan kaku yang disukai kuartet Yobel untuk memberikan lebih banyak ruang bagi masing-masing penyanyi dalam grup untuk pengembangan individu.

Pada tahun 1936, Alan Lomax merekam The Soul Stirrers untuk proyek musik Amerika di Perpustakaan Kongres, dan keempat rekaman yang belum diterbitkan tersebut ada dalam koleksi American Folklife Center saat ini. Mereka kemudian pindah ke Chicago, di mana mereka menyiarkan acara radio mingguan (WIND) dengan grup terkenal lainnya termasuk The Golden Gate Quartet dan The Famous Blue Jay Singers . Ketika gaya nyanyian kuartet Injil menjadi lebih populer, kelompok-kelompok tersebut akan tampil dalam kompetisi yang disebut "pertempuran lagu" untuk lebih meningkatkan popularitas genre tersebut.

Ketika Perang Dunia II dimulai, semakin sulit bagi banyak kelompok kuartet Injil untuk mencari nafkah. Hal ini mengakibatkan beberapa kuartet menambah penghasilan mereka dengan melakukan pertunjukan live di gereja, sekolah, dan pusat lingkungan. Terlepas dari situasi ekonomi, sepanjang tahun 1940-an dan menjelang tahun 1950-an, banyak kelompok kuartet Injili yang mampu mengejar karir mereka dengan sukses. Tur nasional The Soul Stirrers membuat mereka mendapat lebih banyak penonton.

The Soul Stirrers menandatangani kontrak dengan Specialty Records, di mana mereka merekam sejumlah lagu, termasuk "By and By" dan "In That Awful Hour". [1] Harris berhenti pada akhir tahun 1950 untuk membentuk grup baru, dengan alasan ketidakpuasan terhadap apa yang dia pandang sebagai bisnis yang tidak benar dan perilaku tidak bermoral para musisi yang dia lihat di sirkuit tur "Gospel Highway". [1] Dia sempat digantikan oleh Paul Foster, kemudian oleh Sam Cooke . [1] Cooke bergabung dengan grup pada usia 19 tahun dan menjabat sebagai vokalis utama dari tahun 1950 hingga 1956 [2]

Salah satu single awal bersama Cooke adalah "Jesus Gave Me Water", sebuah hit besar yang membawa pujian bagi The Soul Stirrers. Thomas L. Breuster digantikan oleh Bob King dan, sebentar, Julius Cheeks . [1] Ketika Cooke keluar pada tahun 1957 untuk bersolo karir di musik pop, keunggulan The Soul Stirrers dalam gospel pada dasarnya telah berakhir, meskipun kesuksesan singkat dengan Johnnie Taylor menopang grup tersebut untuk sementara waktu. [1] Kelompok ini membuat beberapa penampilan tampil di TV Gospel Time pada awal tahun 1960an. Berbagai line-up terus melakukan tur dan rekaman sepanjang paruh terakhir abad ini kepada sejumlah kecil pengikut yang setia. Grup ini — dan semua anggotanya — dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1989 sebagai salah satu 'Pengaruh Awal' rock, dan ke dalam Hall of Fame Grup Vokal pada tahun 2000. Pada tahun 2022, rekaman tahun 1950 mereka "Jesus Gave Me Water" dipilih oleh Perpustakaan Kongres AS untuk disimpan di National Recording Registry . [3] [4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i Colin Larkin, ed. (2002). The Virgin Encyclopedia of Fifties Music (edisi ke-Third). Virgin Books. hlm. 410. ISBN 1-85227-937-0. 
  2. ^ "Sam Cooke". Rock & Roll Hall of Fame (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-10-10. 
  3. ^ Ulaby, Neda (13 April 2022). "The Library of Congress adds 25 titles, including Alicia Keys and Ricky Martin". NPR. Diakses tanggal 13 April 2022. 
  4. ^ "National Recording Registry Inducts Music from Alicia Keys, Ricky Martin, Journey and More in 2022". Library of Congress (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 13 April 2022. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Tony Heilbut, Suara Injil: Kabar Baik dan Saat Buruk . Edisi Pusat Perhatian, 1997,ISBN 0-87910-034-6 .
  • Horace Clarence Boyer, Betapa Manisnya Suara: Zaman Keemasan Injil . Elliott dan Clark, 1995,ISBN 0-252-06877-7 .
  • Jerry Zolten, Tuhan Yang Maha Perkasa! :The Dixie Hummingbirds – Merayakan Kebangkitan Musik Gospel Jiwa, Oxford University Press, 2003,ISBN 0-19-515272-7 .
  • Michael Corcoran, "Seluruh Peta: Pahlawan Sejati Musik Texas". Austin: Universitas Texas, 2005.
  • Peter Guralnick, "Mimpi Boogie: Kemenangan Sam Cooke". New York: Little, Brown dan Perusahaan, 2005.
  • Rachel Rubined . , "Musik Populer Amerika". Amherst: Universitas Massachusetts, 2001.
  • Daniel Wolff, "Kirimkan Saya". New York: William Morrow dan Perusahaan, 1995.
  • Mark Burford, "Pengaduk Jiwa" dalam Ensiklopedia Musik Gospel Amerika . New York: Routledge, 2005.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]