The President's Last Bang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The President's Last Bang
Poster teatrikal
Nama lain
Hangul
Alih Aksara yang DisempurnakanGeudttae Geusaramdeul
McCune–ReischauerKŭttae kŭsaramdŭl
SutradaraIm Sang-soo
ProduserShin Chul
Ditulis olehIm Sang-soo
Pemeran
Penata musikKim Hong-jib
SinematograferKim Woo-hyung
PenyuntingLee Eun-soo
DistributorMK Pictures
Tanggal rilis
  • 03 Februari 2005 (2005-02-03)
Durasi102 menit
NegaraKorea Selatan
BahasaKorea
Anggaran$4.5 juta
Pendapatan
kotor
$6,287,722[1][2]

The President's Last Bang (Hangul그때 그사람들; RRGeudttae Geusaramdeul)[nb 1] 1 adalah sebuah film komedi hitam satir tahun 2005 karya sutradara Korea Selatan Im Sang-soo tentang peristiwa yang berujung pada pembunuhan Presiden Korea Park Chung-hee oleh teman dekatnya dan direktur Badan Intelijensi Korea Kim Jae-kyu.

Pemeranan fiksi dari mantan Presiden tersebut menimbulkan kontroversi, yang berujung pada sebuah gugatan melawan film tersebut oleh putra tunggal Park Chung-hee, Park Ji-man. Pada 2005, sebuah perintah dari Pengadilan Pusat Seoul memerintahkan agar rekaman dokumenter 3 menit 50 dekit (kebanyakan demonstrasi) disensor dari film tersebut. Sebagai tanggapannya, sutradaranya mengganti rekaman tersebut dengan sebuah adegan samar pada masa penayangannya. Pada penayangan layar lebarnya, baik secara nasional dan internasional, hanya versi yang disensor yang ditampilkan.

Pada Agustus 2006, pengadilan banding mengeluarkan pernyataan: "Kami harus mengkonfirmasikan hak kebebasan berekspresi terkait penggambaran figur-figur sejarah publik." Pengadilan juga menggugat beberapa adegan yang belum disamarkan dari mantan presiden tersebut dan memerintahkan MK Pictures, perusahaan produksi yang membiayai film tersebut, membayar 100 juta won (sekitar $105,000 USD) kepada keluarga Presiden Park.[3] [4]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Judul asli (dalam bahasa Inggris, "The People of Those Days") merujuk kepada lagu Korea terkenal berjudul mirip – "That Man of those Days". Menurut sumber-sumber resmi, lagu tersebut ditampilkan oleh Sim Soo-bong pada pesta malam pembunuhan Park. Namun, di filmnya, Sim Soo-bong menampilkan lagu-lagu enka Jepang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Box office by Country: The President's Last Bang Box Office Mojo. Retrieved 2012-06-04
  2. ^ "Box office by Country: The Men At That Time Box Office Mojo. Retrieved 2012-06-04
  3. ^ "The President's Last Bang will be whole again". Twitch Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-11-15. Diakses tanggal 2006-10-17. 
  4. ^ http://www.cine21.com/news/view/mag_id/27750

Pranala luar[sunting | sunting sumber]