The Old Capital (Novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Old Capital
PengarangYasunari Kawabata
PenerjemahJ. Martin Holman
NegaraJepang
BahasaJepang
PenerbitShoemaker and Hoard Press
Tanggal terbit
1962
Tgl. terbit (bhs. Inggris)
1987
Jenis mediaCetak

The Old Capital adalah sebuah novel karya Yasunari Kawabata yang diteritkan pertama kali pada tahun 1962. The Old Capital adalah salah satu dari tiga novel yang dikutip secara khusus oleh Komite Nobel ketika mereka menghadiahkan Kawabata Hadiah Nobel untuk Sastra pada tahun 1968. Dengan gaya penulisan yang halus dan estetika dari prosa Kawabata, novel ini menceritakan kisah Chieko, yang diadopsi menjadi putri seorang desainer kimono Kyoto, Takichiro, dan istrinya, Shige.

Kisah ini diceritakan dengan latar belakang kota Kyoto yang indah, dan Ibukota Tua penuh dengan deskripsi alam yang indah. Setiap kuil dan festival memiliki bunganya sendiri - pohon willow yang menangis membungkuk ke tanah, menara pohon aras yang tinggi di atas jalan setapak berkerikil, cabang-cabangnya membentuk kanopi yang menakjubkan di atas orang-orang yang berjalan di taman.Jepang. Kisah yang sangat puitis ini berkisah tentang Chieko yang menjadi bingung dan bermasalah ketika ia menemukan sisi sebenarnya dari masa lalunya. Dengan keharmonisan dan adat istiadat yang dihormati dari latar belakang Jepang, cerita menjadi pedih seiring kerinduan dan kebingungan Chieko.

Novel ini adalah novel yang indah, khas dari karya Kawabata dengan cara yang secara halus mengeksplorasi perubahan yang stabil pada kehidupan tradisional Jepang. Cerita ini menunjukkan bagaimana Jepang pasca perang bergerak, meninggalkan aspek-aspek tertentu dari sejarah dan tradisinya. Bisnis tradisional mulai memudar ketika teknik bisnis impor mulai berlaku, dan pengrajin berjuang untuk menemukan dan melatih penerus generasi berikutnya tertarik melanjutkan tradisi.[1][2][3]

Alur[sunting | sunting sumber]

Plot utama menyangkut Chieko, putri Takichiro dan Shige Sada. Dia berusia sekitar dua puluh dan satu-satunya anak mereka. Ayahnya memiliki toko grosir barang kering yang agak sulit, tidak terkecuali karena Takichiro belum sepenuhnya mengikuti perkembangan zaman. Sepanjang buku itu, Takichiro mempertimbangkan pensiun dan pergi ke kuil untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dengan sisa hidupnya. Ini, tentu saja, berpengaruh pada istri dan putrinya. Dua elemen plot utama adalah asal-usul Chieko dan kehidupan cintanya. Chieko telah diberitahu oleh orangtuanya bahwa mereka telah mengambilnya dari kuil ketika mereka menemukannya, tampaknya ditinggalkan, dan kemudian mendaftarkannya sebagai putri mereka sendiri. Namun, dia sekarang memiliki alasan untuk percaya bahwa seseorang telah meninggalkannya di luar pintu Sadas dan bahwa dia telah ditemukan ketika ayahnya kembali dari minum malam, membuat ibunya berpikir - setidaknya pada awalnya - bahwa dia adalah anak cinta dari ayah dan geisha. Hanya ketika dia melihat seorang wanita muda seusianya yang terlihat seperti dia dan ketika salah satu temannya berpikir wanita muda ini adalah Chieko, dia curiga bahwa mungkin dia diculik dan dia memiliki saudara perempuan. Buku itu menceritakan upayanya untuk belajar lebih banyak tentang wanita muda ini, Naeko, dan hubungannya dengan dia.

Ada tiga pria muda dalam hidupnya. Yang pertama adalah teman SMA-nya, Shin'ichi Mizuki, yang dia temui sejak dini. Apakah ada hubungan romantis antara keduanya dibiarkan sangat terbuka. Namun, kakak laki-laki Shinichi, Ryusuke, tampaknya tertarik, dan minat ini meningkat karena kemungkinan Ryusuke melayani semacam pemagangan di toko Takichiro. Akhirnya, ada Hideo, seorang penenun, yang ayahnya berutang memulai bisnisnya kepada Takichiro. Baik Hideo dan ayahnya menganggap bahwa mereka berada di bawah Chieko dan keluarganya (meskipun, jika pandangan ini dibagikan oleh Chieko dan ayahnya, itu tidak disebutkan), sedemikian rupa sehingga Hideo mengalihkan kasih sayangnya kepada Naeko sebagai pengganti.[4]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Tokoh utama The Old Capital adalah Chieko, yang orang tuanya menjalankan bisnis grosir kimono kecil di Kyoto. Sebagai seorang anak kecil, dia tidak tahu apa-apa tentang keluarga kandungnya sampai bertemu saudara kembarnya; di latar belakang ada keputusan tentang kemungkinan pernikahannya. Sementara itu ayahnya mulai memasukkan ide-ide dari seni Barat ke dalam kimono dan pola obi-nya, sementara ia menghabiskan waktu di pengasingan di kuil tetapi juga menikmati kunjungan nostalgia ke rumah teh geisha.

Yang lain, protagonis eponymous adalah Kyoto itu sendiri, atau lebih tepatnya aspek inti lamanya, festival dan ritualnya, tradisi dan estetika kerajinannya, dan lanskap dan lokasi perkotaan dan peri-urbannya - dan perubahan itu dan yang dihadapinya sebagai pasca-perang. perang Jepang dimodernisasi. Ini disajikan sebanyak melalui dialog maupun melalui deskripsi, dan rincian yang tidak relevan dangkal tempat dan tanaman dan barang-barang pakaian sebenarnya penting untuk memahami emosi dan interaksi karakter. Hasilnya hampir merupakan studi tentang bagaimana perubahan budaya yang lebih luas dibentuk oleh perubahan lokal dan individu.[5]

Adaptasi Film[sunting | sunting sumber]

The Old Capital diadaptasi menjadi sebuah film yang dirisil pada tanggal 3 Desember 2016 dan disutradarai oleh Saito Yuki. Para aktor yang bermain di film tersebut antara lain Yasuko Matsuyuki sebagai Chieko Sanda / Mitsuko Nakata, Ai Hashimoto sebagai Mai Sanda, Riko Narumi sebagai Yui Nakata, dan aktor lain seperti Reina Aoi, Anna Aoi, Shono Hayama, Asahi Kurizuka, Tsuyoshi Ihara, dan Eiji Okuda.[6][7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gattig, Nicolas (2016-03-19). "Yasunari Kawabata meditates on nature and Westernization in 'The Old Capital'". The Japan Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-06-25. 
  2. ^ www.publishersweekly.com https://www.publishersweekly.com/978-0-86547-278-5. Diakses tanggal 2020-06-25.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  3. ^ Salter, Mary Jo (1987-08-02). "Kimonos and Lonely Violets". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2020-06-25. 
  4. ^ Kawabata, Yasunari, 1899-1972. (2006). The old capital. Holman, J. Martin. [Emeryville, Calif.]: Shoemaker & Hoard. ISBN 1-59376-032-9. OCLC 61821819. 
  5. ^ "The Old Capital". Counterpoint Press (dalam bahasa Inggris). 2015-09-14. Diakses tanggal 2020-06-25. 
  6. ^ "The Old Capital - AsianWiki". asianwiki.com. Diakses tanggal 2020-06-25. 
  7. ^ Koto, diakses tanggal 2020-06-25