The Game Caterers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The Game Caterers
Berkas:The Game Caterers 2.png
Poster pembuka The Game Caterers Musim 2
Nama alternatifFifteen Nights on a Business Trip[1]
Hangul
출장 십오야
Arti harfiahFifteen Night Business Trip
Alih AksaraChuljang Siboya
McCune–ReischauerCh'ulchang Shiboya
GenrePermainan
Ditulis olehLee Woo-jung
Sutradara
  • Shin Hyo-jeong
    (Season 1–2)[1][2]
  • Ha Moo-seong
    (Season 1)[1]
  • Cho Eun-jin
    (Season 2)[2]
PresenterNa Yeong-seok
Negara asalKorea Selatan
Bahasa asliBahasa Korea
Jmlh. musim2
Produksi
ProduserNa Yeong-seok
Lokasi produksiKorea Selatan
PenyuntingShin Hyo-jung
Rumah produksiEgg is coming
Rilis asli
Jaringan

The Game Caterers (Korea: 출장 십오야) adalah acara varietas asal Korea Selatan yang ditayangkan di tvN dan tayang ulang melalui kanal youtube Fullmoon Channel. Program ini adalah konten singkat tvN lanjutan dari program Don't Look Back yang menghadirkan grup pria Sechskies.[3]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

The Game Caterers secara harfiah diartikan 'Katering Permainan', sesuai namanya tersebut program ini mengusung konsep jasa penyewaan hiburan dan permainan yang pernah dipergunakan produser acara hiburan veteran Korea Selatan, Na Yeong-seok atau Na PD, dalam program-programnya yang fenomenal seperti New Journey to the West, 2 Days 1 Night, Three Meals a Day, Youth Over Flowers, Granpa Over Flowers, Youn's Kitchen, dll. Konsepnya akan menghadirkan Na Yeong-seok dan timnya ke acara-acara penyiaran, seperti produksi film, produksi serial, atau kantor agensi artis untuk memainkan permainan-permainan khas program-program Na PD.[3]

Sebanyak 19 tim dalam dua musim telah muncul di acara ini.[4] Pada musim 1, 51 orang dihadiri dalam tujuh perjalanan bisnis, mulai dari perjalanan bisnis pertama Hospital Playlist Goes Camping hingga BH Entertainment.[5] Di musim 2, The Game Caterers menarik perhatian dengan mencoba mengembangkan formatnya sebagai fitur unik dari piknik yang pasti membutuhkan rekaman yang panjang. Ketika ditanya tentang rahasia merekrut tamu untuk setiap episode, Produser Ham Moo-seong dari acara ini mengatakan, "Saya mencoba membuat suasana di lokasi syuting menjadi nyaman dengan mengemas staf dalam jumlah yang sekecil mungkin. Tampaknya bagian ini sangat dikenal oleh para artis dan pejabat." Enam dari 19 tim adalah agensi hiburan seperti Antenna, BH Entertainment, Artist Company, YG Entertainment, Hybe Corp, dan Starship Entertainment.[4]

Permainan[sunting | sunting sumber]

The Game Cateters memiliki beragam permainan yang biasa dimainkan di program-program hiburan yang disutradarai atau diproduseri oleh Na PD, pada setiap permainan semua tamu harus terlibat ini dengan hadiah yang bisa dimenangkan, jenis-jenis yang dimainkan antara lain:

  • Tebak Siapa / Kuis Orang Terkenal / Permainan Makanan Ringan / Kuis Karakter - Para pemain harus menyebutkan nama orang / karakter / makanan ringan yang ditunjukkan oleh Na PD dalam tiga detik. Dengan lebih dari empat pemain, secara berurutan dan dua arah sehingga setiap pemain mendapat dua putaran kecuali orang terakhir. Jika para pemain berhasil di putaran pertama, mereka akan menerima semua hadiah. Jika salah satu pemain gagal, mereka harus menyisihkan satu hadiah dan mengembalikannya ke staf. Permainan akan dimulai kembali ke pemain nomor satu dengan hadiah yang tersisa.
  • Berteriak dalam Diam / Jeritan dalam Sunyi - Dua pemain (penebak dan pengarah) harus saling berhadapan, keduanya mengenakan pelantang telinga. Staf akan memutar lagu dengan suara yang cukup keras sehingga para pemain sulit mendengar apa yang dikatakan pemain lain. Seorang pemandu soal akan berdiri di belakang penebak dengan sebuah kata. Pengarah diberi tugas untuk menjelaskan kata tersebut tanpa menggunakan gerakan tubuh kepada penebak.
  • Apa yang Sedang Kamu Lakukan? - Permainan ini merupakan permainan khas dari New Journey to the West. Para pemain akan dipanggil secara terpisah untuk bertemu dengan Na PD dan memilih sebuah kartu berisikan kegiatan yang harus mereka kerjakan dalam jangka waktu tertentu, para pemain tidak boleh memberitahukan apa kegiatan mereka satu sama lain, tapi mereka boleh saling menebak, membantu, atau mengagalkan kegiatan pemain lain. Para pemain yang berhasil melaksanakan kegiatannya akan berbagi kemenangan secara merata.
  • Permainan Khusus Korea - Ini adalah permainan yang melarang penggunaan kata-kata dalam bahasa Inggris. Permainan yang dilakukan bisa apa saja, seperti ping-pong, basket, atau jenis permainan lain, hanya saja para pemain dan kelompoknya tidak boleh menggunakan bahasa selain bahasa Korea asli. Poin mereka akan kembali ke kedudukan awal jika pemain menggunakan bahasa selain bahasa Korea. Contohnya adalah penggunaan bahasa inggris okey, wow, zero, yes, fighting, serve, nice, nama-nama dalam bahasa Inggris (Sam Kim, RM, Suga, J-Hope, V), dll.
  • Dragon Balls - Permainan ini merupakan jenis permainan akhir di New Journey to the West saat para karakter mengumpulkan tujuh bola naga untuk mewujudkan keinginan mereka, formanya masih serupa permainan dilakukan satu kali percobaan bagi para pemain untuk memenangkan hadiah, setiap pemain akan memiliki misi individu. Jika pemain berhasil dalam sebuah tantangan, pemain akan menerima bola naga. Kemudian, mereka dapat melanjutkan ke misi kelompok jika mereka mengumpulkan ketujuh bola naga. Jika mereka berhasil, staf akan mengabulkan keinginan mereka.
  • Kelanjutan Kata / Estafet Kata - Staf akan memberi para pemain kategori / akhiran / jumlah silabel dari sebuah kata / pertanyaan. Setiap pemain memiliki waktu 3 detik untuk menjawab. Permainan akan berlanjut hingga seorang pemain bingung atau mengulang kata yang sama dan tidak dapat melanjutkan rantai. Contoh: kata yang berakhiran -won, kata yang berakhiran -seok, merek ayam goreng, merek ramen, kata dengan tiga huruf, atau makanan apa yang Anda makan di restoran Cina? dll.
  • Menggambar Berurutan - Para pemain harus memilih satu orang sebagai penebak, dan orang tersebut akan duduk di akhir barisan. Para pemain yang tersisa akan mendapatkan waktu masing-masing sepuluh detik untuk menggambar berdasarkan ucapan/kutipan film terkenal/judul lagu yang diberikan oleh staf.
  • Strawberry Game / I Am Ground- Ini adalah permainan dengan 4 - 8 ketukan yang sesuai dengan tepukan pada bahu kiri ke atas, bahu kanan ke atas, kepala ke bawah dan kepala ke atas. Setiap pemain akan memilih nama mereka dalam permainan, salah seorang pemain akan menyerang dengan menyebutkan nama panggilan pemain lain disertai berapa kali ia perlu mengulang namanya sebelum memindahkannya kepada lawan yang lain, semua aktifitas dilakukan dengan mempertahankan ritme ketukan dan tepukan.
  • Kata 4 silabel - Na PD akan memberikan kata, dan pemain harus melanjutkannya. Contoh: ka-ca - ma-ta, pen-ye - brang-an, ay-am - go-reng, zo-na - am-an, ru-mah - sa-kit, dll.
  • Permainan Bahasa Tubuh/Isimjeonsim - Misi kelompok atau 2 orang yang mengharuskan para pemain untuk berdiri, dan staf akan meneriakkan sebuah kata, dan para pemain harus berpose yang sesuai dengan kata tersebut dalam waktu tiga detik. Dalam format dua orang,seorang pemandu soal akan berdiri di belakang penebak dengan sebuah kata. Pengarah diberi tugas untuk menjelaskan kata tersebut dengan bahasa tubuh tanpa berbicara kepada penebak.
  • Operasi Topi Pesta - misi berkelompok dimana para pemain harus memakai sebuah topi pesta kerucut seperti sebuah masker dan saling menangkap pemain lain, atau memainkkan permainan tertentu.
  • Kuis Musik - Staf akan memainkan soundtrack film/lagu idola. Para pemain harus mendengarkan dan menebak judul film/judul lagu dan nama penyanyinya serta menari mengikuti irama musik, biasanya dimainkan bergiliran dalam dua kelompok.
  • Kuis Adegan Terkenal - Ini adalah misi kelompok di mana staf akan menunjukkan gambar adegan dari film terkenal, dan para pemain harus menebak naskah dari adegan tersebut. Semua pemain dalam tim harus menjawab untuk memenangkan hadiah. Jika ada tim yang tidak bisa menjawab, tim lain bisa menjawab, biasanya dimainkan bergiliran dalam dua kelompok.
  • Permainan Kecepatan - Dua pemain (penebak dan pengarah) harus saling berhadapan. Seorang pemandu soal akan berdiri di belakang penebak dengan sebuah kata. Pengarah diberi tugas untuk menjelaskan kata tersebut kepada penebak. Tim dengan jawaban yang lebih banyak akan menang dalam batas waktu 2 menit.
  • Permainan Keseimbangan - Setiap pemain akan menerima papan tulis untuk menuliskan jawaban mereka. Jika setiap pemain memilih jawaban yang sama, mereka akan menerima hadiah. Contoh pertanyaannya: ramyeon atau steak?
  • Perlombaan Berpasangan - Setiap tim memilih dua pemain yang memiliki kekuatan dan kecerdasan. Para pemain yang terpilih harus berdiri di depan garis start. Setelah mendengar bunyi peluit, para pemain akan mulai berlari hingga garis akhir dan mengambil selembar kertas dari enam kertas yang berisi misi. Pemain tersebut harus memilih orang yang dapat menyelesaikan tugas.
  • Kantin Nana - Para pemain akan menjawab pertanyaan acak yang disiapkan oleh Na PD. Jika mereka menjawab, mereka dapat memilih menu makan siang yang mereka inginkan. Jika gagal, para pemain harus kembali ke ujung antrean. Permainan ini hanya dibuka selama 10 menit, siapa cepat dia dapat..
  • Estafet Pepatah Korea - Na PD akan memberikan penggalan pepatah Korea dan para pemain harus memberikan jawaban yang mendekati arti pepatah.
  • Tarian Acak - Para pemain akan menunggu diluar garis arena, saat musik dimainkan mereka bisa masuk kedalam arena dan menarikan koreografi dari musik yang dimainkan, para 'profesor' diujung arena akan menilai apakah para pemain menarikan dengan sesuai atau tidak, para pemain yang gagal akan bergabung menjadi 'profesor'.
  • Suit terbalik - Ini adalah permainan suit antara pemain dan Na PD. Para pemain harus meneriakkan kebalikan dari hasil suitnya dalam 3 detik. Jika pemain menang, mereka harus berteriak 'saya kalah'; jika pemain kalah, mereka harus berteriak 'saya menang'. Jika hasilnya seri, para pemain harus meneriakkan 'gaegol' (bahasa Korea: 개골; artinya "kelinci") dan melanjutkan permainan. Jika setiap pemain dalam satu tim menang dua kali, mereka menang.
  • Tebak Kata - Permainan ini membutuhkan satu pemain (pengarah) dari setiap tim untuk menjelaskan kata kunci yang diberikan oleh staf, dan pemain yang tersisa (penebak) dalam tim harus menebaknya. Tim dengan skor tertinggi dalam waktu 3 menit akan memenangkan permainan.
  • Tumpukan Dadu - Permainan ini membutuhkan sebuah cangkir dan tiga buah dadu. Sambil menggerakkan cangkir dengan gerakan mengayunkan cangkir bolak-balik di atas meja, pemain harus mengumpulkan tiga dadu ke dalam cangkir. Ketika pemain berhenti mengayunkan cangkir, cangkir akan terangkat dengan ketiga dadu bertumpuk. Setiap pemain diberi waktu 5 menit untuk berlatih.

Selain jenis-jenis permainan ini, masih ada beberapa permainan lain yang dimainkan The Game Caterers yang disesuaikan dengan tema episode atau penyewa jasa mereka, seperti Red HYBE, Green HYBE yang memodifikasi permainan Red Light Green Light, atau Say the Strength yang memodifikasi permainan I Am Ground, Terms in Order/Pirate Quiz untuk episode bersama produser acara hiburan lain dan episode bersama pemain film The Pirates: The Last Royal Treasure, What are you doing on the Moon Right Now? yang dimodifikasi dari Apa yang Sedang Kamu Lakukan? untuk para pemain The Silent Sea

Gambaran umum[sunting | sunting sumber]

Musim Episode Penayangan Jadwal (KST)
Total Spesial Awal Akhir
1 14 12 Maret 2021 (2021-03-12) 4 Juni 2021 (2021-6-4) Jumat 22:50
1 5 Februari 2021 (2021-02-05)
1 13 Juni 2021 (2021-06-13)
2 23 26 Desember 2021 (2021-12-26) 4 Maret 2022 (2022-3-4) Jumat 22:30 / 22:40
1 10 Juli 2022 (2022-07-10)
3 15 Juli 2022 (2022-07-15) 29 Juli 2022 (2022-7-29)
2 5 Agustus 2022 (2022-08-05) 12 Agustus 2022 (2022-8-12)
1 9 September 2022 (2022-09-09)
3 6 November 2022 (2022-11-06) 20 November 2022 (2022-11-20) Minggu 22:40
1 27 Januari 2023 (2023-01-27) Jumat 22:30
2 3 Februari 2023 (2023-02-03) 10 Februari 2023 (2023-2-10) Senin 22:30
1 20 Februari 2023 (2023-02-20)

Catatan

  • Pada musim pertama, acara ini ditayangkan selama 5 menit pada pukul 22:50 hari Jumat. Setelah disiarkan, versi lengkapnya dirilis di Saluran YouTube Fullmoon.[6]
  • Pada season 2, episode 1 ditayangkan selama 20 menit pada pukul 22:50 tanggal 24 Desember 2021. Kemudian, mulai dari episode 2 yang tayang pada 7 Januari 2022 ditayangkan selama 5 menit pada hari Jumat pukul 22:30. Setelah tayang, versi lengkapnya dirilis di Channel YouTube Fullmoon.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama intro
  2. ^ a b c Kim, Ji-hye (December 21, 2020). '출장 십오야' 시즌2 컴백..26일 '내과 박원장'편 20분 특별 편성 ['Fifteen nights on a business trip' season 2 comeback... on the 26th, a special 20-minute episode of 'Director Park, Internal Medicine']. Herald Pop. Diakses tanggal January 1, 2023. 
  3. ^ a b "나영석 예능 배달 서비스 '출장 십오야', 장난기 가득 포스터 공개". 헤럴드팝 (dalam bahasa Korea). 2021-03-09. Diakses tanggal 2024-02-09. 
  4. ^ a b 심언경 (2022-11-21). "소속사·아티스트 모두 별 5개…소문난 섭외 맛집 '출장 십오야'[SS연예프리즘]". 스포츠서울 (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2024-02-09. 
  5. ^ star, Y. T. N. (2021-06-04). "tvN '출장 십오야' 마지막회, 김고은·한지민·한효주 폭소 예고". YTN star (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2024-02-09. 
  6. ^ Cho, Ji-young (March 2, 2021). [공식] 나영석 PD 출장 프로젝트 '출장 십오야' 런칭..오는 12일 첫방송 [[Official] Na Young-seok PD's business trip project 'Fifteen Nights on a Business Trip' launched... First broadcast on the 12th]. The Chosun Ilbo. Diakses tanggal January 2, 2023.