Flu (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari The Flu (film))
Flu
Poster rilis teater
Nama lain
Hangul
Alih Aksara yang DisempurnakanGamgi
McCune–ReischauerKamgi
SutradaraKim Sung-su
ProduserKim Sung-jin
Seo Jong-hae
Jeong Hoon-tak
Im Young-ju
Ditulis olehLee Yeong-jong
Kim Sung-su
PemeranSoo Ae
Jang Hyuk
Penata musikKim Tae-seong
SinematograferLee Mo-gae
PenyuntingNam Na-yeong
Perusahaan
produksi
DistributoriLoveCinema
CJ Entertainment
Tanggal rilis
  • 14 Agustus 2013 (2013-08-14)
Durasi121 menit
NegaraKorea Selatan
BahasaKorea
Pendapatan
kotor
US$19,775,853[1]

Flu (Hangul감기; RRGamgi) adalah sebuah film bencana Korea Selatan 2013 yang ditulis dan disutradarai oleh Kim Sung-su, tentang wabah virus H5N1 yang mematikan yang membunuh korbannya dalam waktu 36 jam, membuat distrik Bundang di Seongnam, yang memiliki populasi hampir setengah juta orang, menjadi kacau. Film tersebut dibintangi oleh Jang Hyuk, Min Ha, dan Soo Ae.[2][3][4][5][6]

Plot[sunting | sunting sumber]

Saudara Ju Byung-woo (Lee He-joon) dan Ju Byung-ki (Lee Sang-yeob) adalah penyelundup di Seoul yang mendapati bahwa imigran ilegal telah meninggal dalam sebuah kontainer pengiriman karena penyakit yang tidak diketahui. Mereka mengambil satu-satunya yang selamat, Monssai (Lester Avan Andrada) dan video ponsel jenazah untuk menunjukkan kepada atasan mereka di Bundang, tetapi Byung-woo menjadi sakit dan Monssai melarikan diri. Saudara-saudara pergi ke sebuah klinik di mana penularannya diturunkan kepada orang lain yang menyebarkannya ke seluruh kota.

Di Pusat Penelitian, Pengkajian, dan Karantina Penyakit di Bundang, Dr. Kim In-hae (Park Soo-ae) ditegur karena kehilangan data penting ketika mobilnya jatuh ke poros tambang hari sebelumnya. Tasnya diambil dari poros oleh anggota Emergency Response Team (ERT) Kang Ji-goo (Jung Jang-hyuk) dan Bae Kyung-ub (Yoo Hae-jin). Ji-goo menjawab teleponnya dan memberikan tas itu kepada putri In-hae Mi-reu (Park Min-ha).

Kondisi Byung-woo memburuk dan ia mulai batuk darah menghitam. Saudaranya membawanya ke ruang gawat darurat, di mana ia diisolasi dengan flu yang tidak diketahui. Dipanggil untuk membantu, In-hae menemukan video ponsel dan berteori bahwa kondisi dalam wadah pengiriman memungkinkan virus bermutasi. Byung-ki menolak untuk menjawab pertanyaan tentang wadah. Byung-woo meninggal, dan Byung-ki memaparkan beberapa staf rumah sakit sambil berjuang untuk mendapatkan saudaranya.

Keesokan harinya, lebih banyak orang menunjukkan gejala yang jelas. Dengan bantuan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (P4K), staf rumah sakit menemukan dan membakar kontainer pengiriman. Namun, tikus yang telah memakan mayat melarikan diri ke kota. Staf menentukan bahwa virus agresif adalah strain H5N1 bermutasi yang dapat membunuh dalam waktu 36 jam, dan panggilan untuk mengkarantina kota.

Monssai menyelamatkan Mi-reu dari ditabrak mobil. Dia kemudian menghindarinya, sadar bahwa dia sedang menyebarkan penyakit. Mi-reu memanggil Ji-goo untuk membantu mencari pria yang sakit itu, tetapi mereka tidak berhasil. Desas-desus tentang wabah menyebar dan orang-orang mulai panik. Ji-goo menyelamatkan seorang wanita yang jatuh dari eskalator, dan kehilangan pandangan Mi-reu.

Sementara meremehkan kebutuhan akan karantina, administrator dan politisi dihadapkan dengan situasi bencana ketika orang-orang runtuh di jalan, termasuk pengemudi yang menyebabkan serangkaian kecelakaan hebat. Rumah sakit dan sistem komunikasi menjadi kewalahan, dan karantina dimulai. Politisi dan staf peneliti mengungsi ke Seoul dan memberi tahu Perdana Menteri (Kim Ki-hyeon), yang membuat pengumuman publik yang memperburuk kepanikan di Bundang.

In-hae tetap di Budang dan bergabung dengan Ji-goo untuk mencari Mi-reu. Mereka menemukannya di supermarket yang sedang dijarah, dengan orang-orang menunjukkan gejala sementara polisi anti huru hara berusaha menahannya. Ketiga berhasil keluar sebelum jendela baja turun. In-hae mendapatkan mereka bagian ke Seoul, tetapi Ji-goo menolak untuk meninggalkan tugasnya dan bekerja dengan Kyung-ub untuk membebaskan mereka yang terjebak di toko. In-hae dan Mi-reu mencapai helikopter terakhir untuk Seoul, tetapi Mi-reu menunjukkan gejala dan mereka ditolak.

Pada malam hari, karantina Bundang diperkuat oleh Tentara Republik Korea, pasukan cadangan, Pasukan Amerika Serikat Korea, dan P4K. Populasi dipindahkan ke kamp di luar stadion olahraga. Gejala-gejala yang ditampilkan selanjutnya diisolasi di zona karantina bagi yang terinfeksi (IQZ) di bawah stadion untuk menerima perawatan medis, meskipun In-hae tahu mereka tidak memiliki obat. Dia menyelinap Mi-reu melalui pemeriksaan untuk menyembunyikan penyakitnya dan terus memakai topeng Mi-reu sehingga dia tidak akan menginfeksi orang lain. Pada hari kedua, Monssai ditemukan di zona isolasi. Proposal In-hae untuk langsung menyuntikkan antibodinya ke pasien ditolak, tetapi dia diam-diam memulai transfusi ke Mi-reu, yang kondisinya memburuk. Kemudian, kondisi Mi-reu terpapar dan dia dikirim ke IQZ.

Ada kegelisahan di kamp karena pemadaman komunikasi, kondisi hidup yang sulit, konfrontasi dengan penjaga mengenakan masker gas, tembakan sporadis dimaksudkan untuk mencegah burung menyebarkan penyakit, dan desas-desus bahwa orang yang terinfeksi sedang dibunuh. Tekanan dari Leo Snyder (Boris Stout) dari Organisasi Kesehatan Dunia dan politisi memaksa Presiden (Cha In-pyo) untuk mengingkari janji untuk melepaskan yang tidak terinfeksi setelah 48 jam, dan kerusuhan pecah. Ketika seorang prajurit yang terinfeksi secara fatal ditembak oleh seorang perwira, gerombolan menjadi marah dan badai IQZ. Mereka melihat Ji-goo menyelamatkan Mi-reu dari tumpukan mayat yang sedang dibakar, dan percaya bahwa yang terinfeksi dibakar hidup-hidup.

In-hae dan staf medis melarikan diri dari kerumunan, tetapi Byung-ki membunuh Monssai dalam serangan bunuh diri untuk membalas kematian saudaranya. Mi-reu mulai pulih, dan Ji-goo membawanya ke jalan raya untuk bertemu In-hae. Namun, Gook-hwan (Ma Dong-seok), seorang pria yang terinfeksi yang telah menghasut kerusuhan, memimpin massa bersenjata menuju jalan raya. Mengetahui bahwa Mi-reu memiliki antibodi, Gook-hwan menembak Ji-goo, mengakibatkan pertempuran senjata yang mematikan antara massa dan tentara.

Ji-goo menyembunyikan Mi-reu, yang membuat pemulihan penuh. Gook-hwan mencoba untuk memberikan dirinya transfusi darahnya, tetapi ditemukan dan terbunuh dalam perjuangan dengan Kyung-ub. Mi-reu melarikan diri dan didorong ke depan massa, yang menghadapi tentara di jalan raya. In-hae ditembak ketika mencoba mencegah Mi-reu melewati garis polisi berwarna jingga. Mi-reu melindungi ibunya dan memohon agar mereka berhenti, lalu gerombolan perisai itu melindungi Mi-reu. Presiden memerintahkan tentara untuk mundur, dan memaksa Snyder untuk membatalkan serangan udara. Mi-reu dikirim ke Seoul untuk membuat vaksin sementara tim medis dikirim ke Bundang.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Soo Ae sebagai Kim In-hae[7][8][9][10]
  • Jang Hyuk sebagai Kang Ji-goo[11][12][13]
  • Park Min-ha sebagai Kim Mi-reu[14]
  • Yoo Hae-jin sebagai Bae Kyung-ub
  • Ma Dong-seok sebagai Jeon Gook-hwan
  • Lee Hee-joon sebagai Ju Byung-ki
  • Kim Ki-hyeon sebagai Perdana Menteri Korea Selatan
  • Cha In-pyo sebagai Presiden Korea Selatan
  • Lee Sang-yeob sebagai Ju Byung-woo
  • Park Hyo-joo sebagai Guru Jung
  • Park Jung-min sebagai Chul-gyo
  • Boris Stout sebagai Leo Snyder
  • Kim Moon-soo sebagai Dr. Yang
  • Choi Byung-mo sebagai Choi Dong-chi
  • Jang Kyoung-yup sebagai Sang-myung
  • Andrew William Brand sebagai Dr. Bill Beckman
  • Lester Avan Andrada sebagai Monssai[15]
  • Jo Hwi-joon sebagai Chan-woo
  • Do Yong-goo sebagai kakek Chan-woo
  • Noh Gi-hong sebagai kepala pusat penularan
  • Lee Dong-jin sebagai penyelamat 1
  • Lee Young-soo sebagai warga di garis batas warga negara
  • Choi Jung-hyun sebagai Pasukan Khusus Pencegahan
  • Lee Sang-hyung sebagai Pasukan Khusus Pencegahan
  • Kim Hyung-seok sebagai ER resident 2
  • Ham Jin-seong sebagai pekerja ambulans
  • Lee Seung-joon sebagai petugas polisi di lokasi kecelakaan
  • Yang Myung-heon sebagai kapten di garis batas
  • Wayne W. Clark sebagai jenderal Amerika, USFK

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kamki (Flu) (2013)". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-03-13. Diakses tanggal 2014-02-24. 
  2. ^ Ahn, Joo-hee (9 August 2013). "Flu spreads horror throughout Seoul suburb". Korea JoongAng Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-02. Diakses tanggal 2013-08-17. 
  3. ^ Yun, Suh-young (11 August 2013). "The Flu to chill the summer". The Korea Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-08-13. Diakses tanggal 2013-08-17. 
  4. ^ Song, Soon-jin (10 December 2013). "THE FLU Becomes 1st Korean Film to Receive Direct Distribution in UK". Korean Film Council. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-03-17. Diakses tanggal 2014-03-13. 
  5. ^ Lee, Maggie (24 September 2013). "Film Review: Flu". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-29. Diakses tanggal 2015-08-08. 
  6. ^ McCahill, Mike (21 November 2013). "Flu – review". The Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-05. Diakses tanggal 2015-08-08. 
  7. ^ Ho, Stewart (17 April 2012). "Soo Ae Cast Opposite Jang Hyuk in Cold". enewsWorld. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 July 2012. Diakses tanggal 2012-11-18. 
  8. ^ An, So-hyoun (9 July 2013). "Soo Ae Says Jang Hyuk is More Attractive at Noraebangs". enewsWorld. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 July 2013. Diakses tanggal 2013-07-12. 
  9. ^ Lee, Claire (19 August 2013). "Soo Ae: Best characters have iron fist in a velvet glove". The Korea Herald. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 August 2013. Diakses tanggal 2013-08-23. 
  10. ^ Son, Bo-kyung (23 August 2013). "Interview: Soo Ae Praises The Flu, Jang Hyuk and Kim Sung Soo". enewsWorld. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 August 2013. Diakses tanggal 2013-08-27. 
  11. ^ "Jang Hyuk catches cinematic Flu". Korea JoongAng Daily. 22 February 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 January 2013. Diakses tanggal 2012-11-18. 
  12. ^ Hong, Lucia (21 February 2012). "Jang Hyuk to play male lead in Kim Sung-soo film". 10Asia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 December 2013. Diakses tanggal 2012-11-18. 
  13. ^ Son, Bo-kyung (17 August 2013). "Interview: Jang Hyuk Shows His Trust in Director Kim Sung Soo and Soo Ae". enewsWorld. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 August 2013. Diakses tanggal 2013-08-17. 
  14. ^ "Spreading word of The Flu". Korea JoongAng Daily. 10 July 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 July 2013. Diakses tanggal 2013-07-12. 
  15. ^ A Filipino student in Korea is in the cast of “The Flu” or 감기, which stars Jang Hyuk and Soo Ae. Diarsipkan 2015-06-01 di Wayback Machine..

Pranala luar[sunting | sunting sumber]